Latest Releases

Wednesday 7 October 2020

Panduan Membuat Toko Online dengan OpenCart

Membuat toko online sekarang semakin mudah dengan hadirnya berbagai CMS toko online open source, seperti Shopify dan Prestashop. Nah, kali ini, kami ingin memperkenalkan platform lain yaitu OpenCart.

Opencart adalah platform webstore (toko online) yang menawarkan sistem kelola berbasis CMS (Content Management System). Karena sifatnya yang open source alias terbuka, maka platform ini pun gratis digunakan oleh siapa saja.

Berdiri di bawah lisensi GNU GPL, OpenCart menawarkan solusi untuk Anda para pemula yang ingin menciptakan toko online tanpa harus menguasai ilmu pemrograman dan coding.

Dari pengelolaan katalog produk, inventaris harga, sistem pembayaran, hingga proses pengiriman, semuanya bisa dilakukan dengan praktis melalui OpenCart.

Di samping itu, OpenCart juga menawarkan visual menarik pada setiap tampilannya. Sehingga, Anda bisa menciptakan toko online idaman Anda secara mudah dan praktis.

Fitur-fitur Unggul OpenCart
Sebelum kami membahas step by step cara singkat membuat toko online dengan OpenCart, ada baiknya bila Anda mengenal berbagai keunggulan OpenCart. Inilah fitur-fitur terbaik OpenCart yang perlu Anda ketahui:
1. Penggunaan yang Mudah
Saat pertama kali log in pada halaman admin, Anda akan melihat berbagai informasi up to date mengenai performa toko Anda. Seperti total pesanan, jumlah pelanggan, penjualan, dan sebagainya.
Para tim developer OpenCart memang merancang halaman admin seramah mungkin. Sehingga segala proses manajemen toko Anda bisa berjalan dengan mudah.

2. Menjual Produk Tanpa Batas
Keunggulan OpenCart berikutnya adalah fasilitas untuk bisa mengupload produk sebanyak-banyaknya. Mau ratusan bahkan ribuan, Anda bisa mengunggah produk tanpa batas dan mengelompokkannya ke berbagai macam kategori.

Secara bersamaan, Anda pun bisa menampilkan kolom review dan ratings pada masing-masing produk yang diulas langsung oleh pembeli. Dengan begitu, pengunjung lainnya bisa menilik kualitas produk yang Anda tawarkan.

3. Multi Store
Hanya dengan satu panel admin saja, Anda sudah bisa mengelola beberapa toko online sekaligus. Yup, OpenCart memfasilitasi penggunanya untuk bisa memiliki lebih dari satu toko dengan nama, desain dan produk yang berbeda.
Dengan jalur panel admin yang sama, maka Anda bisa mengontrol setiap toko online secara terpisah dan terorganisir. Bahkan, Anda juga bisa melakukan kustomisasi sesuai tema, serta menambahkan extensions pada setiap toko.

4. Responsif dan SEO Friendly
OpenCart telah terintegrasi secara maksimal pada berbagai jenis perangkat digital dengan kinerja yang begitu responsif. Secara otomatis, tampilan website Anda akan menyesuaikan pada kondisi layar versi desktop, maupun versi mobile. Di samping itu, OpenCart juga memiliki fitur SEO friendly yang memudahkan website Anda untuk terbaca oleh search engine.

5. Tersedia Berbagai Pilihan Bahasa dan Mata Uang
Jika Anda ingin meningkatkan skala bisnis hingga ke tingkat global, pilihan bahasa dan mata uang menjadi faktor yang sangat penting. Yup, beruntungnya OpenCart telah dibekali dengan fitur bahasa yang bisa Anda sesuaikan dengan lokasi negara yang akan menjadi target pasar Anda.
Begitu pun untuk harga produk, OpenCart juga dapat menampilkan harga yang dikonversikan ke berbagai jenis mata uang sesuai lokasi negara target pelanggan.

6. Dukungan Lebih dari 1300 Extensions
Walaupun OpenCart belum begitu memiliki banyak pengguna layaknya WooCommerce dan Shopify, namun fitur-fitur yang dimilikinya juga tak kalah unggul. OpenCart didukung dengan lebih dari seribu jenis Extensions yang tersedia secara gratis maupun berbayar. Anda bisa mengunduhnya kapanpun bila ingin memiliki fasilitas tambahan pada toko online Anda.

7. Kecepatan Tinggi
Sudah bukan hal asing lagi, kalau kecepatan website akan sangat mempengaruhi pada jumlah pengunjung. Termasuk toko online atau e-commerce, yang menjadikan kualitas kecepatan sebagai faktor terpenting pada customer shopping experience (pengalaman belanja pelanggan).

OpenCart menjadi salah satu platform yang sangat suportif dengan hal tersebut. Penggunaannya resourcenya yang ringan, serta ditambah dukungan teknologi AJAX membuatnya memiliki proses loading yang begitu cepat.

Cara Install OpenCart di Softaculous Melalui cPanel
Sebelum membuat toko online dengan OpenCart, Anda bisa menginstall aplikasinya terlebih dahulu melalui cPanel. Di bawah ini kami berikan tutorial cara install OpenCart di Softaculous melalui cPanel Niagahoster. Dengan Niagahoster, segala proses instal OpenCart dapat berjalan dengan cepat dan mudah.

Langkah 1 – Login Member Area Niagahoster

Pertama, login member area Niagahoster melalui www.niagahoster.co.id.



Langkah 2 – Kelola Hosting



Setelah berhasil login, Anda akan diarahkan pada halaman member area Niagahoster. Kemudian, klik “Layanan Anda” pada sidebar sebelah kiri, kemudian klik “Kelola” hosting yang Anda miliki.

Langkah 3 – Akses cPanel Melalui Member Area Niagahoster


Sekarang Anda berada di halaman ‘Produk dan Layanan’, klik ‘All Features’ untuk menuju halaman cPanel.
Langkah 4 – Cari Fitur Softaculous



Ketik ‘Softaculous’ pada kolom search bar untuk menemukan menu Softaculous Apps Installer.
Langkah 5 – Install OpenCart



Setelah Anda masuk ke dashboard Softaculous, ketik OpenCart pada kolom search bar untuk menemukan aplikasi OpenCart. Jika sudah, lakukan install dengan klik “Install Now”.

Langkah 6 – Isi Sesuai Data yang akan Digunakan
Sebelum mulai menginstall aplikasi OpenCart, ada beberapa informasi yang perlu Anda lengkapi seperti kolom-kolom di bawah ini: 



Choose the version you want to install: pilih versi aplikasi yang akan Anda gunakan (dicontoh ini kami merekomendasikan untuk menggunakan versi terbaru yaitu 3.0.2.0).
Choose Domain: pilih nama domain yang akan digunakan.
In directory: silahkan dikosongkan agar dapat menampilkan halaman website Anda saat domain diakses.
Store Name: isi dengan nama toko Anda.
Store Description: tuliskan deskripsi singkat mengenai latar belakang toko online Anda.
Admin Username: tulis nama admin username.
Admin Password: buat password dengan kombinasi huruf dan angka.
Admin Email: isi alamat email yang akan digunakan oleh admin.
Bila sudah terisi lengkap, silahkan klik “Install”.

Langkah 7 – Proses Install Telah Selesai
Berikut adalah contoh bukti kalau proses install aplikasi OpenCart telah Selesai.



Tutorial OpenCart: Cara Menggunakan OpenCart

Nah, setelah Anda berhasil menginstall aplikasi OpenCart melalui cPanel, selanjutnya kami akan memberikan tutorial singkat mengenai cara menggunakan OpenCart. Di sesi ini Anda akan dikenalkan dengan fitur-fitur yang terdapat pada dashboard admin OpenCart, cara membuat kategori dan cara mengupload produk.

Tutorial OpenCart: Cara Menggunakan OpenCart
Nah, setelah Anda berhasil menginstall aplikasi OpenCart melalui cPanel, selanjutnya kami akan memberikan tutorial singkat mengenai cara menggunakan OpenCart. Di sesi ini Anda akan dikenalkan dengan fitur-fitur yang terdapat pada dashboard admin OpenCart, cara membuat kategori dan cara mengupload produk.

Dashboard Admin OpenCart
Sebelum memasuki halaman dashboard admin OpenCart, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan Login akun sesuai email dan password yang sudah terdaftar.
1. Cara Login OpenCart
Langkah pertama adalah masukkan alamat email dan password yang sudah Anda daftarkan sebagai pengguna admin OpenCart. Anda bisa mengunjungi halaman Login dengan mengakses ke https://namadomain/admin



2. Mengenal Dashboard Admin
Ketika Anda sudah berhasil masuk ke halaman dashboard admin, maka halaman yang akan muncul adalah data performa website seperti contoh gambar di bawah ini.


Tapi bagi pengguna pertama, biasanya dashboard admin akan nampak kosong karena belum menghasilkan data apapun untuk bisa dianalisa.

Nah, fungsi dari dashboard di atas adalah untuk menunjukkan performa kinerja toko Anda secara keseluruhan. Berikut ini adalah fungsi dari masing-masing indikator:
Overview: Terdapat empat bagan yang menunjukkan status website Anda yaitu Total Orders (jumlah pesanan), Total sales (jumlah penjualan), Total Customers (jumlah pelanggan) dan People Online (pengunjung yang sedang online). Fitur ini sangat memudahkan Anda untuk melakukan analisa toko secara mendalam.
World Map: Di peta dunia ini, Anda bisa mengetahui dari mana saja pesanan pelanggan Anda berasal.
Sales Analytics: Grafik ini bertujuan untuk melacak setiap aktivitas setiap pesanan pelanggan dari waktu ke waktu. Anda bisa mengetahui setiap aktivitas berdasarkan jam, hari, atau bulan tergantung rentang yang dipilih.
Recent Activity: Bagian ini merupakan informasi aktivitas terbaru yang dilakukan oleh pengunjung toko Anda. Apakah mereka sedang Login, membuat akun, memesan produk, dan sebagainya.
Latest Orders: Fitur ini menampilkan detail dari setiap pesanan terakhir pelanggan toko seperti Order ID, Customer, Status, Date Added, Total, and Action.

Setelah membahas bagian utama (tengah halaman) pada dashboard admin, selanjutnya kami akan memperkenalkan masing-masing fitur yang terdapat pada sidebar kiri dashboard.


Catalog: Pada fitur ini, Anda bisa mengatur segala hal yang berkaitan dengan kategori dan produk toko Anda, seperti:

Categories: Fitur yang memfasilitasi Anda untuk mengelompokkan setiap produk ke dalam kategori tertentu. Di sini Anda bisa mengisi beberapa informasi dasar seperti deskripsi kategori, Meta Tag, penggunaan fitur filters dan desain.
Products: Disinilah tempat dimana Anda mengatur segala produk bisnis toko Anda. Mulai dari mengisi deskripsi produk, pemberian kode SKU, pemberian harga, diskon dan sebagainya.
Profile: Fitur terbaru ini memungkinkan Anda untuk menciptakan penawaran tertentu kepada pelanggan Anda. Misalnya penawaran diskon untuk subscribers Anda, diskon untuk anggota member dan lain-lain.
Filters: Anda bisa mengatur filter setiap halaman toko untuk memudahkan pelanggan dalam mencari produk yang dibutuhkan.
Attributes: Fitur ini memberikan akses kepada pelanggan untuk melakukan perbandingan antara produk yang berbeda.
Options: Fitur Options berfungsi untuk membantu pelanggan dalam memilih opsi produk seperti opsi warna atau ukuran sebelum memasukkannya ke keranjang belanja.
Manufacturers: Fitur yang memudahkan pelanggan untuk mencari produk secara spesifik, seperti berdasarkan alphabet, brand, warna dan lain-lain.
Downloads: Fitur yang hanya berlaku apabila Anda menjual produk digital atau komponen tertentu yang perlu diunduh oleh pelanggan. Seperti menjual ebook, musik, PDF dan sebagainya.
Reviews: Anda bisa menyediakan kolom khusus komentar, ratings dan review pada toko melalui fitur ini.
Information: Fitur yang diciptakan untuk memberikan informasi seputar bisnis Anda seperti Address, Privacy Policy, About Us, Terms & Conditions, yang terletak pada footer page.
Extensions: Dengan fitur ini, Anda bisa mengunduh dan menggunakan segala fitur tambahan demi meningkatkan kualitas toko online Anda.

Marketplace: Menyediakan berbagai aplikasi ekstensi khusus situs marketplace dari yang gratis hingga berbayar.
Extension Installer: Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengunggah ekstensi eksternal dalam format zip file secara mudah.
Extensions: Anda bisa menemukan ragam jenis ekstensi untuk Anti-Fraud, Shipping, Order Totals, pilihan tema, dan Payment System.
Modifications: Fitur yang memungkinkan Anda untuk memperluas dan mengedit fungsionalitas sistem dengan file modifikasi XML.
Design: Di sini, Anda bisa mengatur segala tampilan toko Anda mulai dari layout, pengeditan tema, banner dan penggunaan bahasa.

Layouts: Fitur untuk mengatur layout setiap halaman yang terdapat di toko online Anda.
Theme Editor: Fasilitas untuk Anda mengganti setiap tema halaman toko sesuai yang diinginkan.
Language Editor: Anda bisa mengubah penggunaan bahasa pada setiap toko online yang berbeda (jika memiliki lebih dari 1 toko).
Banners: Setiap halaman website toko bisa Anda lengkapi dengan banner pendukung.
SEO URL: Anda bisa mengatur alamat URL yang SEO friendly melalui fitur ini.
Sales: Fitur ini berguna untuk mempermudah segala proses transaksi antara Anda dengan pelanggan. Di sini Anda bisa mengakses beberapa fitur turunan seperti:

Orders: Kemudahan untuk melacak setiap pesanan yang masuk di toko Anda.
Recurring Orders: Fitur ini dapat membantu Anda untuk memberikan sistem pembayaran berupa cicilan.
Returns: Anda bisa menerapkan sistem pengembalian produk dengan syarat tertentu melalui fitur ini.
Customer: Segala data informasi mengenai pengunjung atau pembeli bisa Anda simpan secara terstruktur melalui fitur ini.
Gift Vouchers: Berlaku apabila Anda memiliki penawaran berupa voucher untuk pelanggan.
Customers: Anda bisa menyimpan informasi yang berkaitan dengan data pelanggan seperti email, alamat pengiriman, nomor telepon dan data penting lainnya.

Customers: Anda bisa membuat daftar kontak pribadi pelanggan seperti alamat email, nomor telepon, alamat dan nomor IP.
Customer Groups: Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengelompokkan pelanggan berdasarkan kriteria tertentu.
Customer Approvals: Di sini, Anda bisa membuat daftar pelanggan mana saja yang sudah melakukan verifikasi akun log in.
Custom Fields: Fitur ini memiliki fungsi untuk Anda membuat field tambahan terkait data pelanggan.
Marketing: Dengan fitur ini, Anda bisa mengatur segala kebutuhan Marketing seperti promosi, kupon dan sebagainya. Berikut ini adalah detail fungsi dari fitur Marketing:

Marketing: Anda bisa membuat marketing campaign untuk menggaet lebih banyak pelanggan melalui fitur ini.
Coupons: Kemudahan untuk membuat kupon diskon pada produk tertentu bisa Anda lakukan melalui fitur ini.
Mail: Demi memperkuat branding dan promosi, Anda bisa membuat newsletter kepada pengunjung dengan mengakses fitur ini.
System: Pada fitur Systems, Anda bisa mengatur secara keseluruhan terkait struktur toko online Anda seperti berikut ini:

Settings: Anda bisa mengatur segala sistem toko secara umum seperti pengaturan lokasi, foto, server, alamat email dan sebagainya.
Localisation: Fitur ini memfasilitasi Anda untuk mengatur lokasi keberadaan toko seperti negara, bahasa, mata uang, perhitungan pajak dan lain-lain.
Maintenance: Di sini Anda bisa mengatur berbagai kebutuhan terkait penyimpanan data penting seperti back up dan upload file.
Reports: Fitur Reports ini memfasilitasi Anda untuk mengakses laporan aktivitas setiap pelanggan dalam kurun waktu per hari, per bulan dan per tahun. Berikut adalah komponennya:

Reports: Anda bisa mengakses laporan yang berkaitan dengan aktivitas Sales seperti pemesanan, pengiriman, produk dan aktivitas setiap pembeli.
Who’s online: Pada fitur ini, Anda bisa melihat laporan tentang jumlah pengunjung yang pernah atau sedang mengunjungi website Anda.
Statistics: Laporan statistik dari setiap aktivitas toko Anda bisa dilihat secara lengkap melalui fitur ini.
Cara Membuat Kategori dan Sub Kategori Produk

Seperti yang kita tahu, tujuan sebuah toko online atau e-commerce membuat kategori dan sub kategori adalah untuk mempermudah pengunjung dalam mencari produk yang dibutuhkan. Di samping mudah, kategori juga mendukung untuk membuat tampilan toko online terlihat rapi dan terorganisir.

Di bawah ini adalah tutorial lengkap cara membuat kategori dan sub kategori di OpenCart yang bisa Anda ikuti:

1. Untuk mengakses ke halaman kategori, arahkan kursor Anda ke sidebar sebelah kiri, klik “Catalog” dan pilih “Category” di drop-down. Jika sudah, Anda akan diarahkan ke halaman daftar kategori seperti di bawah ini.


2. Secara default, toko pertama Anda akan otomatis menampilkan kategori-kategori yang telah disediakan oleh OpenCart. Namun, Anda bisa menghapusnya bila tidak dibutuhkan. Untuk menambahkan kategori baru, arahkan kursor Anda pada ikon plus (+) yang berada di sudut kanan atas.


3. Pada halaman General, silahkan isi nama kategori pada kolom “Category Name” yang Anda inginkan misalnya Kamera. Lalu, isi deskripsi katalog pada kolom “Description”. Kemudian, lengkapi kolom lainnya seperti “Meta Tag Title”, “Meta Tag Description” dan “Meta Tag Keywords” untuk mendukung kebutuhan SEO toko Anda.

4. Jika sudah terisi lengkap, selanjutnya klik halaman “Data”. Kemudian kosongkan bagian kolom “Parent”, karena kita akan membuat kategori utama dahulu.

5. Lalu, centangkan pada bagian “Top” bila Anda ingin menampilkan kategori utama di atas menu bar website.

6. Dan pilih Enable pada kolom “Status” jika ingin kategori Anda muncul di bagian depan toko online Anda.

7. Setelah mengisi pada bagian Data, selanjutnya klik halaman “SEO” dan isi kolom keyword untuk nantinya ditampilkan pada alamat URL kategori. Karena dicontoh ini kami akan membuat kategori Kamera, maka kami juga akan mengisi kolom keyword dengan kata kunci Kamera.

8. Kemudian, arahkan kursor pada ikon “Save” yang terletak di ujung kanan atas untuk menyimpan kategori pertama Anda. Ini artinya proses pembuatan kategori utama untuk produk Kamera telah Selesai.

Cara Membuat Sub Kategori
Jika tadi kami membahas langkah membuat kategori utama, selanjutnya kami akan menjelaskan tutorial membuat sub kategori. Yuk, simak langsung caranya di bawah ini:

1. Untuk membuat sub kategori, sebenarnya tidak jauh berbeda saat Anda membuat kategori utama. Pertama, Anda harus membuka halaman Categories yang terdapat di menu sidebar kiri Catalog.

2. Kemudian buat kategori baru dengan mengklik ikon plus (+) di ujung atas kanan halaman. Lalu, Anda akan masuk ke halaman General dan mengisi nama sub kategori pada kolom Name Category. Di sini kami akan berikan contoh sub kategori dengan nama Kamera Analog.



3. Selanjutnya, Anda bisa mengisi lengkap kolom lainnya seperti “Description”, Meta Tag Title”, “Meta Tag Description” dan “Meta Tag Keywords” untuk menunjang kualitas SEO halaman website Anda.

4. Nah, di halaman Data ada sedikit perubahan yakni pada pengisian di kolom “Parents”. Di sini, berhubung Anda akan membuat sub kategori, maka Anda perlu isi nama kategori utama Anda pada kolom Parents. Kami berikan contohnya seperti berikut.



5. Sisanya, Anda bisa mencentang kembali kolom “Top” untuk menampilkan di menu utama, kemudian pilih Enabled pada kolom “Status” bila Anda ingin menampilkan sub kategori di halaman depan website Anda.

6. Berikutnya, Anda bisa lanjut ke halaman SEO untuk mengisi kolom “Keyword” dengan kata kunci yang sama dengan nama sub kategori untuk dimunculkan pada alamat URL Anda. Jangan lupa tambahkan strip (-) dan gunakan huruf kecil.

7. Bila sudah lengkap, Anda bisa menyelesaikan proses pembuatan sub kategori dengan mengklik ikon “Save” yang terletak di ujung kanan atas halaman.



Cara Menambahkan Produk di OpenCart
Setelah Anda cukup menguasai dashboard dan fitur-fitur apa saja yang ditawarkan oleh OpenCart, ada baiknya jika Anda juga mempelajari cara menambahkan produk ke website Anda.

Nah, supaya tidak kebingungan, berikut ini kami berikan tutorial mudah untuk menambahkan produk di OpenCart:

1. Langkah pertama yang pastinya harus dilakukan adalah Anda harus Login ke dashboard admin OpenCart. Kemudian, arahkan kursor ke fitur pada menu sidebar kiri, lalu pilih “Catalog” dan klik “Products”. 



2. Selanjutnya, setelah Anda masuk ke halaman Products, arahkan kursor ke ujung kanan atas halaman dan klik ikon plus (+) untuk menambahkan produk baru.



3. Setelah itu, Anda akan menemukan halaman pertama yaitu General dan mulailah mengisi beberapa informasi pada beberapa kolom seperti di bawah ini:



Product Name: isi nama produk Anda yang akan ditambahkan.
Description: berikan deskripsi mengenai produk Anda dengan sangat jelas dan detail demi menjaga kepercayaan pelanggan Anda.
Meta Tag Title: Anda bisa memberikan judul Meta Tag yang nantinya akan muncul pada halaman mesin pencari.
Meta Tag Description: sama dengan judul Meta Tag, Anda juga perlu memberikan deskripsi singkat mengenai produk Anda di kolom ini.
Product Tag: Anda bisa melewati kolom Meta Tag Keywords jika tidak dibutuhkan, dan langsung mengisi kolom Product Tag sesuai kata kunci produk Anda untuk ditampilkan pada halaman produk.

4. Jika sudah terisi maka Anda bisa menuju halaman berikutnya yaitu “Data”. Di halaman ini pun sama, yaitu Anda perlu mengisi beberapa kolom penting seperti:



Model: isi dengan nomor kode yang dikombinasikan dengan huruf dan angka.
Price: cantumkan harga dari produk.
Quantity: isi jumlah stok produk yang tersedia.
Minimum Quantity: tentukan berapa jumlah minimal pembelian produk.
Out of Stock Status: di sini Anda bisa memberikan status mengenai ketersediaan produk Anda. Apakah masih tersedia, habis, atau memerlukan proses Pre-Order.
Requires Shipping: jika Anda memerlukan proses pengiriman produk, Anda bisa memilih opsi “Yes” di sini.

5. Selanjutnya, Anda bisa melanjutkan ke halaman “Link” untuk kembali mengisi beberapa data penting lainnya.



Manufacturer: kolom ini perlu diisi jika Anda menjual beberapa produk dengan berbagai merek.
Categories: tentukan nama kategori dan sub kategori dari produk Anda.
Related Products: kolom ini berfungsi untuk menampilkan produk terkait. Misalnya Anda menjual kamera analog merek Canon, maka Anda bisa mengaitkannya dengan jenis produk serupa seperti kamera analog merek Samsung.

6. Sekarang, waktunya Anda untuk menambahkan foto produk dengan mengklik halaman “Image”, lalu klik ikon image OpenCart dan pilih “Edit”.


7. Pada halaman edit, Anda bisa menggunakan foto produk dengan mengupload foto dari komputer Anda.



8. Setelah terupload, maka foto Anda akan tersimpan secara otomatis di dalam Image Manager OpenCart. Di bawah ini adalah contoh foto produk kamera yang akan digunakan.



9. Terakhir, Anda bisa mengarahkan kursor ke ikon “Save” yang terletak di ujung kanan atas halaman untuk menampilkan foto produk pada website Anda.



Penutup
OpenCart adalah platform webstore (toko online) dengan basis kelola CMS yang memudahkan Anda untuk bisa menciptakan toko online secara mudah dan cepat. Walaupun popularitasnya masih kalah saing dengan beberapa platform ternama seperti Shopify, WooCommerce atau Prestashop, namun OpenCart dapat menjadi pilihan yang patut dicoba.

Karena selain didukung dengan teknologi AJAX yang membuatnya begitu ringan dan cepat, ia juga didukung dengan banyak fitur mumpuni. Seperti fitur untuk menciptakan lebih dari satu toko (Multi Store), penjualan produk tanpa batas, bersifat responsif, SEO Friendly, memiliki ribuan Extensions dan masih banyak lagi.
Read »

Biaya Pembuatan Website WordPress

Seperti yang Anda ketahui, WordPress itu adalah CMS gratis yang bisa digunakan oleh siapa saja. Akan tetapi, untuk membuat website WordPress yang bisa berfungsi dengan baik dan seperti keinginan, Anda tetaplah harus merogoh kocek.

Uang yang harus Anda keluarkan dalam biaya pembuatan website umumnya untuk aspek-aspek di bawah ini:
Web hosting—ini adalah tempat untuk menyimpan semua data dan file pada website Anda nanti.
Domain—singkatnya, ini adalah alamat website Anda di internet (misal, niagahoster.co.id atau google.com).
Desain—WordPress memang menyediakan banyak tema gratis. Namun, jika Anda menginginkan fitur tambahan, ada juga tema berbayar dengan fitur lebih lengkap yang bisa dicoba.
Plugin—plugin adalah tools yang bisa menambah fitur tertentu ke dalam website Anda. Banyak sekali plugin WordPress yang gratis, tapi tak sedikit pula plugin yang berbayar.
Biaya keamanan tambahan—ini tidak wajib, tapi kami rekomendasikan agar memastikan keamanan penuh di website Anda.

Dari penjabaran diatas, memang terlihat bahwa Anda harus mengeluarkan banyak uang untuk berbagai aspek dalam pembuatan website, bukan? Apakah benar demikian? Kami akan membahas satu per satu aspek tersebut di bawah ini.
Web Hosting (Rp 10 ribu – Rp 720 ribu / bulan)

“Wah, kenapa perbedaan harganya jauh sekali?” Tenang, ini adalah reaksi yang normal karena memang ada banyak jenis paket hosting yang bisa Anda pilih. Di Niagahoster sendiri, kami menyediakan tiga jenis hosting: shared hosting, cloud hosting, dan VPS hosting. 

Shared hosting ini adalah jenis hosting termurah dan sudah bisa Anda miliki cukup dengan Rp10 ribu per bulan saja. Sementara cloud hosting mempunyai rentang harga mulai dari Rp150 ribu hingga Rp720 ribu per bulannya.

Terakhir, pada VPS hosting kami memasang harga untuk paket termurah sebesar Rp104 ribu per bulan dan paket termahal seharga Rp630 ribu per bulannya.

Nah, kenapa ada banyak sekali pilihan harga dan jenis hosting? Jawabannya sederhana: beda orang, beda juga kebutuhannya. Berikut kami jelaskan dengan singkat masing-masing jenis hosting tersebut.

Shared Hosting
Seperti namanya, shared hosting adalah hosting di mana Anda berbagi dengan beberapa pengguna lainnya. Mulai dari servernya, disk space, hingga bandwidth sekalipun. Dengan kata lain, sumber daya shared hosting itu sangat terbatas..

Hosting ini sangat tepat bagi Anda yang masih awam dalam membuat dan menjalankan website. Selain itu, shared hosting ini juga cocok bagi website dengan pengunjung yang masih sedikit.

Cloud Hosting
Bisa dikatakan bahwa cloud hosting ini memberikan kemudahan selayaknya shared hosting, tapi dengan sumber daya yang lebih besar.

Cloud hosting ini juga fully managed server, lho. Sehingga bisa menjadi solusi terbaik bagi Anda yang tidak mempunyai pengetahuan teknis mengelola server, tapi website membutuhkan penyimpanan dan bandwidth yang tinggi.

VPS Hosting
Nah, jenis yang terakhir ini sangat cocok bagi Anda yang membutuhkan sumber daya besar tapi di saat yang sama juga bisa mengatur server dengan leluasa sesuai kebutuhan.

Di situ kami sudah menjelaskan kelebihan dan kekurangan masing-masing hosting di atas. Sehingga Anda bisa mendapatkan gambaran lebih jelas mengenai hosting mana yang harus dipilih sesuai kebutuhan dan tujuan membuat website.
Domain (Rp 14 ribu – Rp 275 ribu)

Jika web hosting diibaratkan rumah, domain ini adalah alamat rumah tersebut. Membeli domain itu sama saja membeli alamat website sehingga pengunjung bisa mengaksesnya. Anda bisa membeli domain di banyak tempat, salah satunya di Niagahoster. 

Niagahoster menawarkan berbagai domain dengan harga yang bervariasi pula. Mulai dari domain .SITE seharga Rp14 ribu, hingga domain .CO.ID dengan harga Rp275 ribu.

Oh ya, memilih nama domain itu juga tidak bisa sembarangan, lho. Nama domain Anda setidaknya harus memenuhi beberapa syarat di bawah ini:

Mudah Diketik 
Bagaimana orang bisa mengakses website Anda kalau mereka saja salah mengetikkan alamatnya? Maka dari itu, buatlah nama domain yang mudah dieja sehingga orang tidak salah saat mengetiknya di browser mereka. Misalnya, www.websiteaku.com itu lebih baik daripada www.weebsite-aqhooh.com. 

Buatlah Nama Domain yang Singkat dan Mudah Diingat
Sebenarnya, batas maksimum nama domain adalah 63 karakter. Namun, bukan berarti Anda harus membuat nama domain sepanjang itu. Siapa pula yang bisa mengingat nama domain hingga 63 karakter? Jadi, buatlah nama domain yang singkat dan mudah diingat oleh siapapun.

Pilih Ekstensi Domain yang Tepat
Tahukah Anda bahwa masing-masing domain mempunyai tujuan penggunaannya sendiri-sendiri? Misalnya, .COM untuk umum/komersil, CO.ID untuk perusahaan di Indonesia (harus punya CV/PT), dan .NET untuk penyedia layanan internet. Jadi, pilihlah nama domain sesuai tujuan Anda membuat website tersebut.

Desain (Mulai dari Rp 0) 
Yup, Anda bisa mendesain website Anda tanpa mengeluarkan biaya sama sekali karena banyaknya tema WordPress gratis yang bisa dipilih. Namun, biasanya tema-tema gratis tersebut mempunyai fitur yang terbatas. 

Jika Anda seorang pemula mungkin tidak masalah menggunakan tema gratis dengan fitur terbatas ini. Akan tetapi, jika Anda membuat website untuk bisnis yang serius, kami sarankan untuk menggunakan tema berbayar karena kelengkapan fitur yang ditawarkan.

Anda bisa menemukan tema gratis dan berbayar dengan mengunjungi WordPress Repository Theme. Atau bisa juga dengan langsung mengaksesnya dari dalam dashboard WordPress Anda.

Oh ya, apabila Anda menggunakan hosting Niagahoster, kami sudah menyediakan Theme Store yang bisa diakses dari Member Area. Di sini, Anda bisa membeli ratusan tema WordPress terbaik dengan harga terjangkau.

Bisa dikatakan bahwa plugin adalah tools yang bisa menambah fitur tertentu di website Anda. Sama seperti tema, plugin di WordPress juga tersedia dalam versi gratis dan berbayar. Plugin gratis biasanya menawarkan fitur-fitur terbatas dan Anda diharuskan untuk membayar sebelum bisa menikmati fitur lengkapnya.

Anda tak perlu menginstall semua plugin yang ada untuk mendapatkan fitur tambahan di website. Cukup install beberapa plugin terbaik saja yang memang berguna bagi website Anda.

Pengeluaran Keamanan Tambahan (Opsional)
Walaupun opsional, tapi Anda tetap harus mempertimbangkan untuk menggunakannya. Toh, pengeluaran tambahan yang tak seberapa ini bisa meningkatkan keamanan website Anda dengan signifikan.
SSL (Gratis atau Rp115 ribu/tahun)

SSL adalah salah satu komponen yang sebenarnya wajib di zaman sekarang. SSL bisa membuat pertukaran data di website Anda lebih aman, di mana pihak ketiga (hacker) tidak akan bisa mengakses data tersebut.

SSL bisa Anda dapatkan gratis dengan mengikuti panduan di → SSL Gratis: Ini Cara Mendapatkannya. Namun, Anda juga bisa menggunakan SSL berbayar yang tentunya memiliki fitur keamanan yang jauh lebih canggih. Niagahoster sendiri menyediakan SSL berbayar dengan harga murah hanya Rp 115 ribu/tahun yang bisa Anda beli di sini
Perlindungan WhoIs (Rp45 ribu / tahun)

Informasi pribadi dari pemilik website akan secara otomatis muncul di WhoIs seketika setelah Anda membeli domain tersebut. Siapa pun bisa tahu nama lengkap Anda, tempat tinggal, alamat email, dan informasi pribadi lainnya. Dengan kata lain, Anda rawan terkena spam atau serangan hacker.

Nah, perlindungan WhoIs ini bisa menyembunyikan informasi pribadi Anda dari publik. Untungnya, Niagahoster menawarkan perlindungan WhoIs saat hendak melakukan pembelian paket hosting apapun. Cukup dengan harga Rp45 ribu/tahun dan informasi pribadi Anda aman dari oknum-oknum jahil.

Jadi, Berapa Sebenarnya Biaya Membuat Website Itu?
Jawabannya: kembali lagi ke budget dan tujuan Anda membuat website. Oke, tenang, jangan emosi dulu. Berikut kami jabarkan harga pembuatan website sesuai dengan kebutuhan Anda:

1. Jika Anda Pemula yang Tak Butuh Sumber Daya Besar
Jika Anda mencari keseimbangan antara harga yang terjangkau, tapi tetap memiliki keleluasaan sumber daya, rata-rata harga pembuatan website itu hanyalah Rp26.563 /bulan saja. Tidak percaya? Anda bisa mengeceknya sendiri di sini.

Memang jika dilihat sekilas, paket dengan harga termurah adalah Paket Bayi. Namun, jika Anda perhatikan, Paket Bayi itu tidak memberikan domain gratis selayaknya paket lain. Jadi, Anda harus membeli domain terpisah yang jika dihitung-hitung hasil akhirnya justru lebih mahal.

Oleh karena itu, kami sarankan Anda untuk memilih Unlimited Hosting Paket Personal. Tak hanya gratis domain, tapi Anda juga akan mendapatkan penyimpanan tak terbatas dan mendapatkan gratis SSL selamanya! Paket komplit dengan harga yang bersahabat, bukan?

2. Jika Anda Butuh Sumber Daya Besar tapi Tak Bisa Urus Server
Untuk kebutuhan yang ini, kami menyarankan Anda memilih Cloud Hosting Paket Premium yang memiliki harga Rp150.000/bulan. Dengan mengeluarkan uang yang jauh lebih murah dari harga paket internet bulanan tersebut, Anda akan mendapatkan server fully managed yang siap menampung pengunjung dalam jumlah masif sekaligus. 

Tepatnya, Anda akan mendapatkan unlimited bandwidth, unlimited website, unlimited email account, 60 GB disk space, 6 GB RAM dan domain gratis (.com, .net, .org, .info, .sch.id, .or.id, .ac.id, .web.id, .xyz, .website, .space, .site, .online dan .ponpes.id).

3. Jika Anda Mampu Mengurus Server dan Butuh Server Sendiri
Siapa bilang mempunyai server sendiri itu mahal? Dengan Cloud VPS Paket Starter seharga Rp105.000/bulan, Anda sudah mendapatkan server VPS dengan spek yang tinggi. Mulai dari RAM 3GB, CPUz 7.2 Ghz, disk space 60 GB dan bandwidth sebesar 3000 GB. Cocok untuk berbagai kebutuhan website Anda.

Read »

19 Tips Lengkap Promosi Bisnis Jasa Pembuatan Website

1. Menawarkan Produk yang Sesuai Kebutuhan Klien
Hal paling utama yang harus Anda tahu sebelum menjual produk adalah bahwa produk tersebut menyelesaikan masalah, sehingga orang-orang membutuhkannya.
Sebelum berbisnis, orang pertama yang harus Anda yakinkan adalah diri Anda sendiri. Yakin bahwa produk Anda mampu menyelesaikan masalah.

Bagaimana Anda bisa yakin produk Anda cukup solutif? Berikut beberapa caranya:
Identifikasi masalah.
Renungkan hal-hal yang membuat Anda gelisah dan ingin selesaikan. 
Anda bisa memulainya dengan mencari review mengenai web hosting atau jasa pembuatan website.
Apakah page load-nya cepat? Berapa banyak downtime yang terjadi? Bagaimana pelayanan Customer Support-nya? Dan pertanyaan-pertanyan lainnya.
Cari tahu apakah orang lain sudah mencoba menyelesaikan masalah itu.

Biasanya, kompetitor menonjolkan uptime, harga, dan page load time. Namun, Anda bisa menemukan tidak semua web hosting menyediakan DNS Management, sehingga klien kesulitan mengelola website-nya.
Layanan CS yang tidak hadir 24 jam pun membuat masalah lamban selesai.

Pikirkan alternatif solusinya
Anda sudah tahu penawaran dari kompetitor, kini Anda bisa memperbaiki kekurangan kompetitor menjadi kelebihan Anda.
Temukan web hosting yang menyediakan DNS Management, layanan CS responsif, dan menyediakan berbagai fitur lengkap lainnya.

Miliki Unique Selling Point (USP)
Pastikan solusi yang Anda buat unik dan dibutuhkan, sehingga klien lebih memilih Anda daripada kompetitor.
USP bisa dibuat berdasarkan target audiens yang Anda incar. Memiliki target audiens akan membantu Anda untuk mengetahui fitur yang perlu Anda tonjolkan.

Misalnya, jika sasaran Anda adalah pemula yang baru merintis bisnis melalui website, Anda bisa memperkirakan sebagian besar target Anda belum sepenuhnya memahami cara membuat website.
Nah dari sana, Anda bisa menonjolkan layanan yang Anda sediakan supaya target klien tidak ragu untuk menggunakan jasa Anda. Layanan itu dapat berupa adanya CS 24 jam, menawarkan instalasi plugin dan SSL gratis, dan lain-lain.

Dalam bisnis apapun, produk bagus saja tidak cukup. Anda harus bisa menyediakan sesuatu yang dibutuhkan.
Untuk bisnis jasa pembuatan website, biasanya orang-orang membutuhkan layanan yang:
Menawarkan banyak pilihan Content Management System (CMS) sesuai kebutuhan.

Anda tidak suka hal-hal ribet, begitu juga klien. Memiliki CMS yang aman, mudah digunakan, dan fungsional adalah apa yang kebanyakan orang butuhkan.
Beberapa CMS yang mungkin Anda gunakan yaitu WordPress, Drupal, OpenCart, dan lain-lain.

Menawarkan jenis hosting dan bandwidth yang sesuai kebutuhan
Kebutuhan tiap orang untuk membuat website beragam. Ada yang membuat website untuk blogging, berbisnis, memamerkan portofolio, dan lain-lain.
Karena kebutuhan tiap orang berbeda, jenis hosting dan kapasitas bandwidth yang diperlukan juga bervariasi. Bandwidth ibarat lebar maksimal pintu yang dimiliki suatu website, supaya pengunjung dapat mengakses website dalam waktu bersamaan.

Jaminan keamanan
Pencurian informasi pribadi melalui internet adalah masalah yang sering ditakutkan pengguna internet manapun.
Karena itu, calon klien Anda pasti berharap hosting yang Anda sediakan menjamin keamanan data mau pun transaksi.

Layanan responsif dan maksimal.
Calon klien akan merasa nyaman jika mereka tahu Anda selalu hadir untuk membantu mereka. Hal itu bisa diwujudkan melalui layanan CS yang responsif dan membantu klien sampai masalah terselesaikan.

2. Memiliki Buyer Personal
Buyer Persona yaitu tokoh yang Anda gunakan sebagai gambaran ideal untuk mewakili pelanggan bisnis Anda. Gambaran ini dibuat berdasarkan riset tentang target pelangganmu.
Dengan memiliki buyer persona, Anda akan mendapatkan sejumlah kemudahan dalam menjalankan bisnis jasa pembuatan website. Berikut ini beberapa di antaranya:
Membuat bisnis lebih fokus kepada target. Fokus kepada target akan memudahkan Anda memahami kebutuhan calon pelanggan dan membuat konten yang sesuai.
Memperbesar peluang bisnis. Dengan memiliki buyer persona yang tepat, Anda lebih mudah menyaring calon klien. Anda pun bisa lebih fokus membangun relasi dengan orang-orang yang lebih berpeluang.
Membantu mengembangkan produk. Akan lebih mudah merancang produk jika Anda tahu untuk siapa produk itu dibuat, mengapa Anda harus membuatnya, dan bagaimana produk itu membantu menyelesaikan masalah.

Bayangkan jika Anda menargetkan semua orang membeli produk Anda. Anda pasti kesulitan untuk menentukan fitur apa yang harus masuk dalam produk/layanan. Karena sasaran Anda terlalu luas, Anda jadi merasa harus memenuhi semuanya.

3. Memahami Customer Journey
Apakah Anda pernah membeli sesuatu tanpa berpikir? Sadar atau tidak, ada perjalanan momen yang kita alami sebelum bahkan sesudah bertransaksi.
Perjalanan momen inilah yang disebut customer journey. Mengapa customer journey penting untuk melejitkan angka penjualan Anda? Berikut jawabannya.
Membuat proses bisnis lebih efisien dan efektif.

Anda akan lebih mudah melihat prioritas proses: Hal-hal apa saja yang perlu ditingkatkan, aktivitas apa yang tidak perlu dilakukan, dan lain-lain.
Membantu Anda melihat dari kacamata pelanggan. 
Customer Journey membantu Anda untuk merasakan apa yang calon klien rasakan ketika Anda menawarkan produk.

Dengan begitu, Anda bisa melihat peluang apa yang Anda miliki dalam setiap proses bisnis.
Membantu menentukan rencana promosi untuk setiap tahap.

Anda akan lebih mudah menentukan langkah promosi dalam setiap tahap customer journey, karena Anda sudah tahu apa yang calon klien butuhkan dan bagaimana proses untuk mendorong mereka supaya bertindak.
Umumnya, Customer Journey memiliki tiga tahapan berikut.

Tahap Kesadaran
Tahap Kesadaran adalah saat di mana calon klien menyadari bahwa mereka memiliki masalah. Masalah ini menghambat mereka dalam melakukan sesuatu, atau selalu membawa mereka menuju kegagalan.

Tugas bisnis adalah menawarkan solusi untuk masalah yang dihadapi pelanggan. Pada tahap ini, Anda bisa membuat mereka bertanya-tanya:
Kenapa angka penjualan saya masih rendah?
Bagaimana cara membuat bisnis saya terkenal?
Apa yang perlu saya lakukan supaya bisnis saya berkembang?
Dan lain-lain.

Tahap Pertimbangan
Pada Tahap Pertimbangan, calon pelanggan mulai mencari solusi untuk menyelesaikan masalah mereka. Calon pelanggan akan mengalami konflik batin. Mereka mempertimbangkan pro dan kontra dari berbagai pilihan solusi yang tersedia.
Dalam hal ini, bisnis lah yang menyediakan solusi-solusi itu. Anda tidak bisa selalu berpikir positif. 

Anda harus tahu mengapa calon klien berpikir negatif dan bagaimana strategi untuk menguatkan pertimbangan positif. Caranya yaitu dengan menunjukkan USP dan menjelaskan fitur serta manfaat yang bisnis Anda tawarkan.

Tahap Keputusan
Setelah mempertimbangkan berbagai pilihan solusi, calon pelanggan akan mengambil keputusan atas hal yang perlu dilakukan selanjutnya. Apakah mereka akan membeli produk Anda, atau memilih produk yang lain.

Calon klien bisa melakukan apa yang Anda inginkan, namun bisa juga sebaliknya. Supaya mereka semakin tergoda untuk menggunakan layanan Anda, perlu untuk memberikan insentif berupa diskon, bonus produk, dan lain-lain.

Contoh Customer Journey Promosi Bisnis Jasa Pembuatan Website
Tahap Yang Melakukan Yang Dilakukan Tips
Kesadaran Lead Lead menemukan website Anda. Setelah menjelajahi konten Anda, mereka merasa ada masalah yang harus mereka selesaikan. Entah itu meningkatkan penjualan, memamerkan portfolio, atau hal lainnya.Mereka juga bersedia memberikan informasi kontak mereka kepada Anda. Pancing lead dengan free ebook, free template, testimoni, dan lain-lain.
Pertimbangan Prospect Lead ingin mengenal produk Anda secara lebih. Anda bisa menawarkan mereka diskon pembuatan website, menjelaskan manfaat yang akan mereka dapatkan, dan penawaran menarik lainnya. Follow up lead dengan rutin membagikan informasi menarik.
Keputusan Customer Prospect berubah menjadi customer jika mereka mengiyakan penawaran pembuatan website Anda. Sediakan CTA untuk ke proses yang Anda inginkan.

4. Membuat Website Profesional
Anda sudah menentukan Buyer Persona, kini saatnya Anda membuat website sendiri berdasarkan target pasar yang Anda incar. Dalam bisnis jasa pembuatan website, orang-orang akan melihat kualitas bisnis Anda dari website yang Anda buat.
Seperti apa sih website yang berkualitas itu? Berikut beberapa kriterianya.

Fungsional.
Website Anda harus berjalan sesuai dengan fungsinya. Jika tujuan website Anda adalah untuk berbisnis, maka pastikan ada katalog produk, keranjang belanja, dan lain-lain.

User-friendly.
Sediakan tombol-tombol navigasi untuk memudahkan pengunjung menemukan informasi yang mereka inginkan.

Desain responsif.
Orang-orang akan mengakses website Anda melalui berbagai perangkat, tidak hanya komputer saja. Karena itu, pastikan halaman website Anda tidak terlihat berantakan meski dibuka dari ponsel.
Cepat.

Jangan biarkan pengunjung menunggu lama untuk mengakses website Anda. Pastikan Anda menggunakan hosting berkualitas tinggi supaya kinerja website Anda optimal.
Aman.
Orang-orang seringkali memiliki pikiran negatif dengan kata ‘bisnis’. Mereka menghindari toko-toko yang terlihat tidak aman, termasuk toko di internet. Gunakanlah SSL supaya seluruh aliran informasi pada website Anda terjamin.

Nah, Anda sudah tahu karakteristik website yang berkualitas. Tahap berikutnya yaitu membangun website Anda. Apa saja kah komponen utama dari sebuah website?
Fungsi. Pastikan website Anda berjalan sesuai dengan tujuannya. Sediakan tombol register, keranjang belanja, formulir pertanyaan, tombol download, dan hal-hal lain yang Anda perlukan.
Konten. Artikel, foto, video, dan desain yang Anda gunakan adalah bagian dari konten. Konten merupakan kunci untuk menarik perhatian pengunjung Anda.
Struktur. Struktur adalah bagaimana Anda mengatur konten pada website. Cara Anda mengelompokkan konten berdasarkan kategorinya, bagaimana satu konten terhubung dengan konten lainnya, dan lain-lain.
Content Management System (CMS). CMS adalah sistem untuk mengatur, mengawasi, dan merancang website Anda. Dengan CMS, Anda bisa membuat website tanpa harus memahami bahasa pemrograman.
Bahasa Pemrograman. Anda memang bisa membuat website tanpa harus memahami bahasa pemrograman. Namun, website Anda tentu lebih ciamik jika Anda memahami tiga bahasa pemrograman untuk website: HTML, CSS, dan Javascript.

5. Membuat Landing Page
Anda bisa menganggap Landing Page adalah halaman pendaratan yang dibuat khusus untuk mendapatkan leads atau calon klien. Yap, bukan hanya mendatangkan, tapi juga mendapatkan.

Landing Page memiliki peran penting pada Tahap Keputusan dari Customer Journey. Dari halaman ini, Anda bisa menggerakkan klien menuju pembelian, berlangganan dan apa pun yang Anda inginkan.
Komponen utama Landing Page biasanya memuat:

Above The Fold
Above The Fold adalah tampilan yang Anda lihat pertama kali saat meluncur ke halaman depan sebuah website. Seperti namanya, Above The Fold berada pada halaman paling atas, sebelum Anda menggulirkan tampilan ke bawah.

Headline.
Headline adalah judul alias kalimat pertama yang kemungkinan besar dibaca pengunjung.
Copy.
Copy adalah kalimat tambahan yang mendukung kekuatan headline. Biasanya berisi paragraf pendek atau poin-poin penting sebagai informasi ekstra.

Lead Conversion Form.
Form ini berfungsi untuk supaya target klien bisa memberikan informasi kontak mereka melalui kotak yang Anda sediakan.

Call to Action (CTA).
CTA adalah tombol ajakan supaya pengunjung bertindak sesuai tujuan Anda. Di sini lah Anda akan menyelesaikan Tahap Keputusan Customer.

Thank You Page.
Bukan hanya untuk menunjukkan rasa terima kasih, Thank You Page juga bisa membuat penawaran tambahan supaya pengunjung terus melakukan transaksi baru. 
Untuk bisnis jasa pembuatan website, Landing Page yang biasanya diperlukan yaitu:

About Us Landing Page
Anda bisa mengisi landing page ini dengan menceritakan tujuan dan visi misi Anda memulai bisnis ini, berita mengenai bisnis Anda, atau proyek yang sedang Anda kerjakan.

Pikat calon klien supaya mereka ingin mengenal bisnis Anda lebih jauh. Jangan lupa menyertakan tombol navigasi menuju sosial media dan berbagai channel komunikasi lainnya.

Lead Generation Landing Page
Pada landing page ini, Anda mengumpulkan sebanyak mungkin kontak leads melalui Lead Conversion Form.
Anda bisa meminta calon klien untuk memberikan nama, alamat email mereka, bahkan nomor handphone mereka.

Pricing Page
Landing Page ini dibuat spesifik untuk menampilkan rincian detail produk yang Anda tawarkan. Lengkap dari harga, nama paket, fitur, dan lain-lain.
Supaya lebih menarik, Anda juga bisa menyertakan CTA untuk free trial.

Get Started Landing Page
Fungsi landing page ini adalah untuk mengarahkan calon klien supaya memulai proses transaksi. Entah berlangganan, pembelian, dan lain-lain.

Anda juga bisa memamerkan berbagai portfolio website yang sudah pernah Anda buat, lalu menyediakan CTA semacam ‘Mulai buat website kerenmu di sini!’

6. Menerapkan SEO
Jika Anda ingin bisnis jasa pembuatan website Anda muncul pada halaman pertama dalam Search Engine Result Page (SERP), mulailah menerapkan SEO. Tidak besok, tidak kapan-kapan, tapi sekarang juga.
Lho, memangnya SEO itu sepenting apa, sih?

Hmm, mari jawab pertanyaan berikut. Apakah Anda malas mencari informasi pada halaman pencarian kedua dan seterusnya di Google? Jika jawabannya iya, maka Anda termasuk dalam 75% orang yang menjawab hal serupa.

Anda sudah memiliki website yang kece, konten yang menarik, bukankah sayang jika orang-orang sulit untuk menemukan Anda?

Berikut beberapa tips SEO yang bisa Anda manfaatkan untuk bisnis jasa pembuatan website:
Lakukan riset kata kunci. Gunakan hasil riset kata kunci Anda untuk membuat konten yang sesuai dengan tren pasar.
Optimalkan konten Anda. Konten tidak hanya tentang tulis menulis. Data yang kuat, teknik copywriting yang bagus, desain website yang user-friendly, dan faktor-faktor lainnya tentu memiliki pengaruh untuk SERP.
Gunakan tautan. Supaya Google menganggap konten Anda terpercaya, penting untuk menautkan referensi ke dalam konten Anda. Referensi yang bagus yaitu yang berasal dari website Anda sendiri dan juga dari luar.

7. Menerapkan Teknik Copywriting
Copywriting merupakan teknik komunikasi untuk membujuk calon klien melakukan sesuatu, seperti pembelian, berlangganan, dan lain-lain.
Bisnis membutuhkan teknik dalam berkomunikasi supaya Anda bisa menyampaikan maksud Anda melalui perspektif yang tepat.

Ingat, klien tidak mencari Anda. Mereka mencari produk yang bermanfaat untuk menyelesaikan masalah mereka. Klien Anda lebih peduli dengan kebutuhan mereka daripada kemampuan produk Anda. 

Berikut beberapa tips membuat copywriting supaya calon klien tertarik.
Pahami kebutuhan audiens. Gunakan buyer persona Anda, supaya tulisan Anda tepat sasaran.
Tentukan headline yang memikat. Judul Anda harus menarik perhatian, tapi tetap menonjolkan manfaat produk Anda.
Dukung headline dengan paragraf pembuka yang menarik. Buat calon klien Anda tidak hanya berhenti pada judul. Pikirkan kalimat pembuka yang membuat calon klien ingin meneruskan membaca.
Tulis copy yang berkualitas. Pastikan calon klien Anda mendapatkan manfaat setelah membaca copy Anda.
Supaya semakin mendalami semua tips di atas, Anda perlu memahami lebih mengenai Copywriting.

8. Rutin Membuat Konten
Kata Bill Gates, “Content is King.” Yap, memang benar. Tanpa konten, bagaimana orang percaya kepada bisnis Anda? Bagaimana juga mereka sadar bahwa produk Anda adalah apa yang mereka butuhkan?

Memangnya, sepenting apa sih konten untuk bisnis? Berikut beberapa manfaatnya.
Mendapatkan kontak leads. Dengan rutin memberikan konten menarik, pengunjung website Anda akan merasa perlu untuk berlangganan, terutama melalui email.
Meningkatkan kepercayaan klien potensial. Klien mencari jawaban permasalahan mereka pada website Anda. Dengan rutin membuat konten yang membantu mereka, semakin besar kepercayaan yang Anda terima.
Memperhalus pendekatan kepada klien potensial. Melalui konten, Anda bisa mempromosikan produk Anda tanpa terang-terangan berkata ‘Ayo beli produk kami!’

Memulai itu sulit, tapi mempertahankan lebih sulit lagi. Dalam menjalankan suatu bisnis, Anda tidak bisa berapi-api di awal, dan kemudian menganggap penjualan bisa berjalan dengan sendirinya. 

Menentukan jadwal untuk mengisi website Anda adalah hal yang penting. Konsistensi diperlukan untuk menjaga eksistensi suatu bisnis.

Lalu, bagaimana jika Anda mulai kehabisan ide untuk membuat konten? Yuk simak tips berikut agar otak selalu produktif menghasilkan ide!
Mencari apa yang sedang dicari pengguna internet. Anda bisa memanfaatkan berbagai platform pencarian keyword untuk menemukan kata kunci apa yang banyak dicari. Anda juga bisa mendapat rekomendasi topik dari fitur Google Autocomplete untuk melihat apa yang biasa orang-orang ketikkan.
Sering-sering membuka sosial media. Sosial media adalah tambang untuk mencari topik yang sedang trending. Anda bisa menemukan berbagai hal yang ramai dibicarakan dan menjadikannya bahan konten.
Membaca daftar isi buku. Jika internet tidak cukup memberikan Anda ide, cobalah mencari inspirasi dari daftar isi buku yang Anda suka. 
Menyimak berita. Dari berita, Anda bisa mendapatkan informasi mengenai berbagai issue yang positif maupun yang menimbulkan kegelisahan. Barangkali, ada hal menarik juga yang bisa Anda jadikan project.
Bagikan cerita pengalaman Anda. Anda bisa mengulas berbagai hal yang pernah Anda kerjakan, pencapaian, cerita lucu, dan hal-hal lainnya.

Supaya Anda lebih mudah dalam membuat konten untuk bisnis jasa pembuatan website, berikut beberapa ide yang semoga menginspirasi Anda:
Panduan memulai bisnis online dari nol
Cara membuat website untuk bisnis online
Optimasi bisnis online dengan Local SEO
Plugin untuk website bisnis online
Dan lain-lain

Yap, sayangnya ide saja tidak cukup. Anda membutuhkan strategi Content Marketing supaya tujuan marketing Anda tercapai.

9. Meningkatkan Engagement di Sosial Media
Saat ini, sosial media bukan hanya digunakan untuk bersosialisasi. Orang-orang mulai menggunakan sosial media untuk mendapatkan informasi.

Melalui sosial media, tidak hanya penjualan saja yang perlu Anda lakukan. Membangun brand, meningkatkan popularitas, bahkan mengarahkan leads ke website, bisa Anda lakukan dengan sosial media.

Sayangnya, banyak calon klien yang hanya melihat iklan sambil lalu. Tidak perlu jauh-jauh, Anda pasti pernah membaca atau menonton iklan dan sebentar kemudian melupakannya, bukan?

Sebagai pelaku bisnis, tentu Anda tidak ingin hal yang sama dilakukan leads Anda. Pasti menyebalkan jika calon klien Anda sadar apa yang mereka butuhkan, tapi malah memilih toko lain karena mereka lupa kepada Anda.

Lalu, konten seperti apa sih yang akan menguasai sosial media dan bahkan pikiran pembaca? Tips di bawah ini tentu akan memudahkan Anda.

Berikut beberapa tips untuk membuat konten yang mudah diingat.
Identifikasi Tujuan Konten Anda
Konten bisa berupa tulisan, gambar, maupun audiovisual. Umumnya, konten bertujuan untuk:
Memberikan pandangan-pandangan menarik mengenai suatu bidang/produk tertentu
Menginformasikan cara menyelesaikan masalah atau melakukan sesuatu
Meningkatkan popularitas bisnis
Menarik pengunjung website
Membuat pengunjung website melakukan sesuatu (pembelian, berlangganan, dll)
Cara untuk memberitahu ke dunia mengenai eksistensi suatu bisnis

Memang, tujuan dari konten cukup banyak. Tapi, jangan khawatir. Anda tidak perlu memasukkan semua nilai itu ke dalam konten Anda. Justru, konten menjadi tidak fokus jika Anda memaksakan semuanya masuk.
Aturan 3 Detik

Pernahkah Anda mendapat iklan di tengah keasyikan bermain game atau menonton video? Manakah yang lebih sering Anda lakukan: menonton iklan tersebut sampai selesai, atau tanpa ragu menekan tombol skip?

Jika Anda tidak ingin leads melewatkan konten Anda begitu saja, Anda harus memahami Aturan 3 Detik. Menurut aturan ini, leads akan pergi jika dalam 3 sampai 5 detik mereka tidak terpikat dengan konten Anda.

Dalam konten berupa tulisan, kalimat pertama adalah penentu bagi leads untuk melanjutkan membaca. Namun jika konten Anda berupa video, 3 detik pertama adalah kunci supaya leads mau menonton video Anda lebih lama.
Aturan 10%

Ingatan manusia terbatas, sehingga sebagai pelaku bisnis Anda harus memahami cara memperluas ruang yang terbatas itu. Umumnya, manusia lebih mudah mengingat gambar daripada tulisan. 

Sekarang, cobalah Anda menyimak sebuah informasi. Tiga hari kemudian, hanya 10% dari informasi itu yang Anda ingat. Jika ada tambahan gambar, mungkin Anda bisa mengingat 65% dari yang diberikan.

10. Membuat Alur Komunikasi yang Mudah
Salah satu alat ukur pelanggan untuk menilai pelayanan Anda yaitu komunikasi. Kemudahan dalam menghubungi Anda, kejelasan mendapatkan informasi, dan penyelesaian masalah yang cepat adalah hal-hal yang klien butuhkan.

Di bawah ini adalah sedikit alasan penting mengapa komunikasi penting untuk promosi bisnis.
Membangun kepercayaan.
Perlu dicatat, pelanggan seringkali menilai bisnis Anda tidak hanya dari kualitas produk, tapi dari bagaimana cara Anda menghargai mereka.
Menjaga hubungan dengan pelanggan.

Dengan adanya respon yang cepat, pelanggan akan merasa aman saat memilih produk Anda.
Memelihara bisnis yang berkelanjutan.
Jika Anda berhasil memuaskan pelanggan, mereka tidak akan berhenti percaya bahwa produk Anda adalah solusi terbaik.
Membantu pengembangan produk.

Dengan menampung berbagai kritik dan saran dari pelanggan, Anda semakin tahu apa saja yang perlu diperbaiki dari produk Anda.
Menerima permintaan pelanggan dari berbagai saluran komunikasi.

Aksesbilitas informasi yang mudah akan membuat klien nyaman, karena bisa meraih Anda dari berbagai channel.
Sampai di sini, mungkin Anda bertanya-tanya: Bagaimana cara saya membangun pelayanan yang dibutuhkan pelanggan? Nah, semoga beberapa poin di bawah ini menjawab kebingungan Anda.

Memberikan informasi kontak yang lengkap dan aktif.
Pastikan menyediakan lebih dari satu informasi kontak untuk mengakomodasi komunikasi dari berbagai channel.

Menyediakan fitur Live Chat.
Fitur ini akan membuat klien enggan meninggalkan website Anda, karena mereka dapat langsung menanyakan kebingungan mereka.
Menggunakan Customer Relationship Management (CRM). 

Dengan CRM, Anda dapat lebih mudah mengetahui klien potensial Anda. Selain itu, komunikasi dengan klien juga menjadi lebih cepat dan efektif.

Memakai Email Marketing Service.
Hampir semua orang memiliki email. Anda bisa memprioritaskan permintaan bahkan keluhan pelanggan dengan menggunakan Email Marketing Service yang tepat.
Membuka layanan pelanggan melalui sosial media.

Sosial media memungkinkan komunikasi yang lebih personal dengan pelanggan. Anda juga bisa meningkatkan kepercayaan klien melalui respon tanggapan yang cepat.

Menyediakan formulir survey.
Survey pelanggan penting untuk memantau kepuasan layanan dan memikirkan strategi pengembangan produk. Dengarkan pelanggan Anda dan berikan yang terbaik untuk mereka!

11. Follow Up, Follow Up, dan Follow Up!
Follow up yaitu menindaklanjuti proses transaksi dengan calon klien yang belum selesai. Dalam bisnis yang sudah sukses pun, tak jarang perusahaan kehilangan klien karena terlalu sibuk mengurus operasional.
Memang, rasanya pasti gelisah ketika klien tidak juga memberi keputusan akhir. Jangankan memberi keputusan akhir, dihubungi saja belum tentu merespon.

Nah, untuk mengurangi kecemasan Anda, mari simak beberapa tips follow up berikut supaya klien tetap ingin terhubung dengan Anda.
Menanyakan saluran komunikasi yang menurut calon klien paling nyaman untuk mendapat update informasi.
Rutin mengirimkan kabar menarik mengenai kemajuan bisnis Anda atau pengembangan produk baru.
Pastikan Anda memberikan CTA yang tepat di akhir percakapan untuk memudahkan calon klien bertindak sesuai yang Anda harapkan.
Menanyakan penilaian klien mengenai pelayanan yang Anda berikan sebagai bahan evaluasi. Selain itu juga agar calon klien tahu bahwa pendapat mereka didengarkan.

12. Memberikan Lead Magnet 
Lead Magnet yaitu sesuatu yang diberikan pelaku bisnis kepada klien potensial setelah mereka memberikan kontak (biasanya alamat email) pada website maupun Landing Page.
Seringnya, Lead Magnet berisi informasi digital yang bisa diunduh. E-book, template, infografis, laporan, semua itu adalah bahan yang bisa dijadikan Lead Magnet.

Fungsi Lead Magnet tidak hanya untuk menarik lebih banyak klien melalui informasi yang diberikan. Penting untuk Anda ketahui, tidak semua pengunjung website Anda akan langsung menjadi pelanggan.
Karena itu, Anda memerlukan daftar kontak calon klien. Dengan begitu, setelah calon klien memberikan informasi kontak mereka, Anda akan lebih mudah menjangkau mereka saat ada promo, launching produk baru, dan lain-lain.

Supaya Lead Magnet Anda tidak mengecewakan, simak beberapa tips agar klien potensial Anda puas:
Solutif. Lead Magnet memberikan solusi untuk menyelesaikan masalah klien.
Spesifik. Membahas sesuatu yang terlalu umum akan membuat klien merasa Lead Magnet Anda tidak memiliki perbedaan dengan mencari sendiri di Google.
Mudah diakses. Akan lebih baik jika Lead Magnet Anda bisa diakses dalam sekali klik. Jangan membuat klien ribet dan akhirnya membatalkan niat.
Mudah dicerna. Sajikan informasi dengan media yang tepat dan mudah dipahami.
Menawarkan kode diskon. Selain untuk memberikan informasi penting, Anda bisa menggunakan Lead Magnet sebagai pintu kesempatan bagi klien untuk berlangganan. Turn your visitors into buyers.

Jika Anda masih belum percaya Lead Magnet bisa mendatangkan banyak lead.

13. Meminta Testimoni dari Klien
Semua orang lebih suka bukti daripada janji. Anda perlu menunjukkan keberhasilan Anda. Bukan untuk pamer, tapi sebagai bukti bahwa bisnis Anda memang menjanjikan.
Mungkin Anda bingung. Bukti apa yang bisa Anda berikan dari bisnis jasa pembuatan website?

Anda mungkin berpikir untuk memamerkan hasil penjualan Anda. Namun, sebenarnya ada cara lain: Menceritakan kesuksesan klien Anda setelah mereka menggunakan bisnis Anda.

Berikut beberapa tips supaya Anda sukses mendapat testimoni.
Fokus kepada klien terbaik. Referral bekerja atas dasar rasa percaya. Pilih klien yang memiliki hubungan baik dengan Anda, atau yang menurut Anda menjadi sosok ideal untuk mengenalkan bisnis Anda.
Hubungi secara personal. Anda bisa memanfaatkan email atau panggilan telepon untuk menghubungi klien Anda. Menghubungi klien secara personal dapat membuat hubungan Anda memiliki kesan lebih dekat, dan juga membuat klien merasa terpilih.
Berikan kejutan. Semua orang menyukai hadiah, begitu juga klien Anda. Kejutan itu bisa berupa program loyalti, pelatihan gratis, bahkan ucapan selamat ulang tahun.

Saat meminta testimoni, Anda berharap klien memberikan statement yang bagus. Bagus saja tidak cukup. Anda perlu mengarahkan klien supaya mereka memberi apa yang Anda harapkan.

Berikut beberapa daftar pertanyaan supaya Anda mendapat testimoni yang Anda inginkan:
Kesulitan apa yang Anda hadapi sebelum menggunakan layanan kami?
Dari manakah Anda mendapat informasi mengenai layanan kami?
Apa masalah yang berhasil Anda selesaikan dengan layanan kami?
Sebelum menggunakan layanan kami, apakah Anda pernah mencoba layanan lainnya?
Mengapa Anda memutuskan memilih layanan kami?
Apakah fitur yang kami tawarkan cukup memuaskan Anda?
Bagaimana perasaan Anda setelah menggunakan layanan kami?
Apakah Anda akan merekomendasikan layanan kami kepada orang lain?

Nah, setelah berhasil mendapatkan testimoni, Anda perlu membuat publik mengetahuinya. Pastikan Anda meletakkan kumpulan testimoni di tempat yang kemungkinan besar dilihat banyak calon klien.

Tempat itu bisa ada di halaman utama website Anda, halaman portfolio, sales email, bahkan sosial media bisnis Anda.

14. Meningkatkan Personal Branding Anda
Persaingan dalam dunia bisnis itu ketat. Produk berkualitas saja tidak cukup untuk mempertahankan bisnis Anda. Anda membutuhkan Personal Branding.

Personal Branding terbukti mampu membuat suatu bisnis lebih mentereng. Misalnya, Raditya Dika. Penulis terkenal yang kini sudah menjadi sutradara, pemain film, youtuber, dan penulis komedi.
Raditya Dika memulai jalan karirnya dengan menjadi blogger. Saat itu, dia baru memasuki dunia kuliah. Cerita-ceritanya berhasil menyabet hati banyak pembaca dan memperkuat identitasnya sebagai sebagai ‘penulis komedi’.

Sejak saat itu, pintu karir Raditya Dika semakin terbuka lebar. Tidak hanya popularitas, apa yang dimulai Radit itu juga mempertemukannya kepada banyak kesempatan untuk memperluas bidang bisnisnya.

Masih belum percaya Personal Branding penting bagi bisnis Anda? Mari simak beberapa manfaat Personal Branding berikut ini.
Lebih mudah membuat orang percaya.
Banyak orang lebih percaya manusia daripada merek. Manusia membuat sesuatu memiliki kesan lebih personal.

Lebih mudah menarik perhatian di media.
Publik lebih mudah mengingat cerita bagaimana Anda membantu orang lain melalui bisnis, daripada apa yang dilakukan bisnis Anda.

Meyakinkan orang-orang akan spesialisasi Anda.
Bisnis Anda akan terlihat lebih terjamin jika orang-orang sudah lebih dulu percaya kepada kemampuan Anda.

Membuat bisnis memiliki kesan humanis.
Personal Branding membuat Anda lebih terlihat ingin membantu orang lain alih-alih berjualan.

Memperluas koneksi.
Semakin banyak orang mengetahui kemampuan Anda, semakin banyak pula kesempatan untuk menjalin kerja sama dan memperluas jaringan.

15. Membuka Program Afiliasi
Afiliasi adalah program di mana perusahaan memberikan komisi kepada pihak ketiga atas keberhasilan mengarahkan seseorang untuk melakukan pembelian.
Program afiliasi adalah hubungan yang saling menguntungkan. Anda untung karena produk Anda dibeli. Mitra Anda juga untung karena mereka mendapatkan komisi.

Afiliasi bisa berbentuk kode diskon, kupon, atau link yang langsung mengarah ke Landing Page untuk pembelian.
Mitra Anda akan menyebarkan kode diskon atau link pembelian, entah itu di website mereka, sosial media, mau pun platform lainnya. Nah, setiap ada lead yang menggunakan kode diskon atau melakukan transaksi melalui link pembelian itu, maka afiliasi pun sukses.

Faktanya, 99% perusahaan memulai bisnis mereka dengan program afiliasi. Mengapa program afiliasi disarankan untuk pertumbuhan bisnis jasa pembuatan website Anda? Berikut alasannya.

Meningkatkan SEO.
Mitra afiliasi Anda akan mengarahkan link menuju website Anda. Semakin banyak link atau saluran yang mengarah ke website Anda, maka kemungkinan website Anda menguasai halaman pencarian semakin meningkat.
Memperluas jangkauan bisnis.

Sekitar 80% proyek berasal dari 20% klien. Konsep ini dikenal sebagai Aturan 80:20 atau yang biasa dikenal dengan Prinsip Pareto.

Membuka program afiliasi berarti Anda mengijinkan pihak luar mempromosikan produk Anda. Anda akan lebih mudah mendapatkan mitra yang memahami bisnis Anda.

Membangun kepercayaan calon pelanggan.
Banyak orang mempertimbangkan rekomendasi orang lain sebelum membeli suatu produk. Mereka lebih ingin mendengarkan saran orang lain sebelum mencari informasi lebih mengenai produk Anda.

Setelah Anda sudah yakin bahwa bisnis Anda membutuhkan program afiliasi, berikutnya adalah membuat kode diskon. Jika Anda pengguna WordPress, Anda bisa mencoba beberapa plugin di bawah ini.

Coupon Creator
Coupon Creator memungkinkan Anda untuk merancang tampilan, mengatur tanggal kadaluarsa, membatasi jumlah redeem, dan berbagai fungsi lain untuk membuat kupon terbaik.

WordPress Coupon Plugin
Plugin ini membuat Anda bisa mengelompokkan kupon berdasarkan yang Anda inginkan. Misalnya, jika Anda ingin membuat kupon untuk edisi hari raya, dan kupon lainnya untuk diskon produk tertentu.

Coupon Generator for WooCommerce
Jika Anda menginginkan kupon yang sederhana, maka plugin ini cocok untuk Anda. Menariknya lagi, Anda juga bisa menghasilkan ribuan kupon sekaligus.

16. Menjadi Trainer dalam Pelatihan
Anda bisa mulai membangun personal branding dengan menjadi trainer dalam pelatihan. Yap, tidak hanya merek yang perlu Anda bangun, tapi reputasi. Reputasi yang kuat dan bagus akan membuat bisnis Anda terlihat lebih meyakinkan.

Salah satu cara membangun reputasi yaitu dengan menjadi trainer atau pengisi materi dalam bidang yang relevan. Jika Anda pebisnis jasa pembuatan website, maka Anda bisa mengajarkan Web Development, Digital Marketing, bisnis online, dan banyak lagi.

Saat ini, sudah tersedia berbagai platform yang memudahkan Anda untuk menjadi seorang pengajar. Anda bisa menjajal platform-platform online seperti Skill Academy, Udemy, Bizlab, dan sebagainya.

17. Mengadakan Giveaway
Seperti yang Anda tahu, giveaway adalah memberikan hadiah kepada klien ataupun calon klien secara gratis setelah mereka memenuhi syarat tertentu. 

Giveaway mendatangkan beberapa manfaat untuk bisnis Anda, sedikit di antaranya yaitu:
Mendapatkan leads dan membangun bisnis yang berkelanjutan. Jika Anda memberikan hosting dan domain sebagai hadiah, prospek untuk mendapatkan leads akan bertambah karena suatu saat mereka akan memperpanjang layanan mereka.
Mengembangkan jaringan. Anda bisa meningkatkan traffic, engagement, atau apapun yang Anda mau dengan meminta target klien melakukan hal tertentu untuk syarat mengikuti giveaway.
Meningkatkan eksposur produk. Orang-orang akan semakin bersemangat untuk mencoba produk Anda dan memamerkannya ke sosial media.
Mempererat hubungan dengan customer. Klien akan tahu bahwa Anda peduli pada kebutuhan mereka. Kepedulian yang Anda tunjukkan tentu akan membangun loyalitas dengan klien.
Membuka prospek baru. Giveaway mendatangkan Anda ke banyak kemungkinan. Jika produk Anda memuaskan, tentu orang-orang akan membicarakannya dan mereka akan datang kepada Anda.

Untuk bisnis jasa pembuatan website, giveaway yang Anda lakukan bisa untuk memancing banyak pengikut, menyebarkan konten, dan lain-lain.
Supaya giveaway untuk promosi jasa pembuatan website Anda menarik, silakan coba tips berikut ini.
Tentukan fokus dan tujuan Anda mengadakan giveaway. 

Anda harus memahami mengapa Anda membuat giveaway. Apakah agar banyak orang mengunjungi website Anda? Mendapatkan kontak calon klien? Ataukah supaya bisnis website Anda semakin populer?

Berikan hadiah yang target klien Anda butuhkan.
Setelah memutuskan tujuan, pastikan hadiah yang Anda berikan relevan dengan kebutuhan klien dan kebutuhan Anda. Misalnya, jika Anda ingin mendapatkan leads, Anda bisa memberikan giveaway berupa diskon yang jauh lebih besar dari hari biasa.

Atau jika tujuan Anda untuk mendapatkan testimoni, Anda bisa menghadiahkan pembuatan website gratis.
Jangan membuat syarat yang menyusahkan target klien.

Pastikan syarat giveaway yang Anda berikan tidak membuat target klien malas. Syarat giveaway Anda harus mampu mendatangkan manfaat kepada klien mau pun kepada Anda.

Anda bisa saja mensyaratkan klien untuk berlangganan newsletter Anda, membagikan konten website Anda ke media sosial, dan lain sebagainya.
Iklankan giveaway yang Anda buat melalui platform-platform yang sesuai.

Pilihlah platform yang cocok untuk meletakkan promosi giveaway bisnis website Anda. Anda bisa mengiklankannya di Instagram, Facebook, bahkan Youtube.
Publikasikan pemenang giveaway supaya target klien tidak mengira Anda memberikan janji palsu. 

Jangan lupa untuk mengumumkan siapa pemenang giveaway Anda. Jika Anda memberikan hadiah berupa pembuatan website, Anda bisa meminta mereka memberikan testimoni atas pelayanan yang sudah Anda berikan.
Berikan harapan kepada target klien untuk mencoba lagi di lain waktu.

Supaya target klien tetap mengikuti kabar bisnis Anda, beri tahu mereka bahwa masih akan ada giveaway menarik lainnya.

Anda bisa meminta mereka terus memantau sosial media bisnis Anda, atau berlangganan pada website Anda.

Anda sepertinya bingung akan giveaway apa yang bisa ditawarkan bisnis jasa pembuatan website. Semoga beberapa ide di bawah ini menuntaskan kebingungan Anda.
E-book mengenai web development.
Pelatihan tentang bisnis online.
Pembuatan website dengan diskon lebih besar, bahkan gratis.
Dan lain-lain.

18. Bergabung dengan Forum
Salah satu cara ampuh untuk belajar sekaligus mendapatkan klien yaitu dengan bergabung ke dalam forum.
Tentu bukan sembarang forum, ya. Forum tersebut harus relevan dengan bisnis yang Anda miliki. Dalam hal ini adalah bisnis jasa pembuatan website. Mengapa?

Berikut beberapa manfaat bergabung dengan forum untuk mengembangkan bisnis jasa pembuatan website:

Menambah wawasan mengenai web development.
Anda akan bertemu dengan orang-orang yang memiliki kesamaan minat, khususnya mengenai web development.

Hal ini tentu memudahkan Anda mendapatkan berbagai informasi segar tanpa harus membaca berita. Anda juga bisa mendiskusikan berbagai topik yang akan meningkatkan pemahaman Anda mengenai web development.

Mendapatkan kontak untuk referensi bisnis.
Tidak hanya Anda, banyak pelaku bisnis lainnya yang bergabung dalam forum untuk menggali informasi. Manfaatkan wawasan yang Anda miliki untuk mendapat sebanyak mungkin kontak bisnis.

Koneksi luas akan membuat Anda tahu dengan siapa saja Anda dapat menjalin kerja sama, melakukan pemasaran, dan lain-lain.

Memudahkan melakukan riset konsumen.
Di dalam forum, Anda tidak hanya akan bertemu pelaku bisnis, namun juga pengguna website. Bukan sekadar pengguna website, Anda juga bisa meminta mereka berpartisipasi dalam survey saat Anda melakukan riset pasar.

19. Amati dan Pelajari Bisnis yang Sudah Berhasil
Anda gagal jika Anda berpikir Anda gagal. Satu strategi tidak bekerja sesuai harapan bukan berarti selamanya tidak akan berhasil.
Lakukan evaluasi pada setiap strategi bisnis Anda, baik yang gagal atau berhasil. Buatlah taktik baru jika Anda sudah tahu bagaimana cara memperbaiki taktik yang lama.

Jika Anda terlalu cepat untuk berhenti, siapkah Anda kehilangan potensi keuntungan yang seharusnya bisa Anda raih?
Mari belajar dari Hotama (atau PT. Kreasi Putra Hotama). Hotama adalah perusahaan yang melayani permintaan akan berbagai kebutuhan teknologi seperti pembuatan website, training online, dan lain-lain.

Sebelum mempercayakan hostingnya kepada Niagahoster, Hotama seringkali berhadapan dengan masalah teknis dari penyedia layanan hostingnya. Permasalahan itu juga membuat Hotama mendapat banyak protes dari kliennya.

Namun, semua itu berubah setelah Hotama memindahkan website klien-kliennya ke Niagahoster. Apalagi setelah Hotama bergabung dengan Niagahoster Partner.
Bersama Niagahoster Partner, Hotama bisa mendapatkan 40% keuntungan hanya dari order hosting perpanjangan. Selain itu, Hotama juga mengurus sedikitnya 50 proyek klien.

Bagi Anda yang belum tahu atau mungkin masih ragu, Niagahoster Partner adalah platform terbaik yang menawarkan pengalaman menjadi reseller hosting yang berbeda dari yang lain dengan kemudahan dan kebebasan sepenuhnya untuk pengelolaan bisnis Anda.
Sukses Memulai Bisnis Jasa Pembuatan Website

Jika Anda sudah membaca kalimat ini, berarti Anda semakin dekat dengan kesuksesan. Dari tadi kita sudah membicarakan mengenai serba-serbi bisnis jasa pembuatan website. Mulai dari mengapa usaha ini menjanjikan, hingga cara promosi bisnis jasa pembuatan website.
Read »

5 Hal Wajib Saat Kelola Website Agar Klien Puas

Website adalah kunci kesuksesan online bagi segala macam bisnis. Akan tetapi, tidak semua pelaku usaha memiliki keahlian dan waktu yang diperlukan untuk mengelola website mereka. Terlebih, mereka masih harus mengurus bisnis sendiri.

Karena alasan inilah klien-klien datang untuk mempercayakan pembuatan dan pengelolaan website bisnis mereka kepada Anda. Tidak hanya itu, klien ingin Anda memastikan websitenya tetap aman.
Kelola Website Klien: Apa Saja yang Diperlukan?

Artikel ini akan membahas lima kiat kelola website klien yang penting, yaitu:
  • Memilih layanan hosting yang tepat
  • Melakukan backup berkala
  • Memastikan website klien up-to-date
  • Menjaga keamanan website klien
  • Meningkatkan performa website klien
1. Memilih Layanan Hosting yang Tepat
Setiap klien pastinya datang kepada Anda dengan harapan memiliki website yang cepat, mudah digunakan, aman, dan banyak pengunjung. Oleh karena itu, bisnis Anda tidak hanya bertumpu pada kemampuan koding, namun juga layanan hosting yang digunakan.

Anda perlu memastikan bahwa layanan hosting yang digunakan untuk menjalankan website klien berkualitas. Lalu, apa saja kriteria yang dapat digolongkan berkualitas? Berikut adalah beberapa ciri layanan hosting yang baik:
Kecepatan — Layanan hosting yang baik menyediakan server berkecepatan tinggi dan jarang mengalami downtime.
Keamanan — Anda perlu memastikan bahwa penyedia hosting menjaga server-servernya dari segala celah keamanan.
Kemudahan mengelola website-website klien — Ini diperlukan agar Anda tidak repot meski klien terus bertambah.

Nah, Niagahoster dapat Anda percaya sebagai tempat hosting website-website klien Anda. Dengan dukungan LiteSpeed web server, loading website klien tidak akan pernah lambat. 
Ditambah lagi, Niagahoster memiliki uptime 99.98%. Artinya, website akan selalu online dan bisnis klien tetap lancar.

Tak lupa, website klien selalu aman dengan adanya fitur-fitur keamanan seperti Imunify360.
Dengan tiga keunggulan ini, klien Anda dijamin puas karena situsnya cepat dan aman.

2. Melakukan Backup Berkala
Sebagai pengelola website klien, cara kelola website klien yang perlu selalu Anda lakukan. Ada beberapa alasan mengapa ini penting dilakukan. Di antaranya:
Untuk menghindari hilangnya data website
Agar Anda dapat mengembalikan website ke kondisi sebelumnya jika ada update bermasalah
Meng-undo kesalahan Anda ketika melakukan kustomisasi
Sebagai cadangan jika website terserang malware

Nah, membuat backup untuk satu atau beberapa situs mudah dilakukan dan tidak memakan waktu lama. Akan tetapi, bagaimana jika Anda mengurus berpuluh-puluh website klien? Melakukan backup sendiri pastinya merepotkan.

Sebagai jalan keluar, Anda dapat menggunakan plugin backup otomatis seperti Updraft atau BackupGuard.
Kedua plugin WordPress tersebut gratis dan memungkinkan Anda untuk menyimpan backup ke akun Dropbox. Dengan fitur ini, Anda bahkan dapat mengelola backup seluruh website klien dalam satu akun Dropbox.

Namun plugin pun mengharuskan Anda untuk mengaktifkannya dan melakukan pengaturan terlebih dahulu.
Apabila situs klien di-hosting di Niagahoster, Anda tidak perlu memikirkan pengaturan backup lagi. Fitur backup otomatis Niagahoster memastikan file dan data website di-backup secara berkala.

Bagi yang menggunakan shared hosting, backup otomatis dilakukan setiap minggu. Sedangkan pengguna cloud hosting lebih dimanjakan dengan backup harian.

Melakukan restorasi backup pun mudah. Dengan sekali klik di akun hosting klien, Anda sudah dapat mengembalikan websitenya.

3. Memastikan Website Klien Up-to-date
Meng-update situs klien sudah menjadi salah satu langkah wajib kelola website klien. Apabila Anda lupa melakukannya, situs klien dapat memiliki celah keamanan.
Selain tingkat keamanan yang lebih baik, versi terbaru dari WordPress beserta tema dan plugin biasanya menghadirkan fitur-fitur baru. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan update agar klien dapat memanfaatkannya.

Ditambah lagi, update plugin dan tema juga diperlukan agar kompatibel dengan versi WordPress terbaru. Meski versi terbaru tidak luput dari error, plugin dan tema yang outdated seringkali tidak dapat bekerja secara optimal.

Nah, meng-update WordPress, plugin, serta tema yang digunakan satu website saja sudah memakan waktu. Apalagi jika Anda mengurus banyak website?
Solusinya adalah melakukan pengaturan auto update. Ini dapat Anda lakukan dengan plugin seperti Easy Updates Manager.

Namun, meng-install plugin tersebut ke dalam situs klien satu per satu tetap akan membuat Anda kewalahan.
Untungnya, hal di atas bukan masalah jika Anda menggunakan layanan Niagahoster. Anda dapat menyalakan fitur update otomatis untuk semua website klien dengan sekali klik saja. Dengan demikian, Anda memiliki waktu lebih untuk mengurus hal lainnya.

4. Menjaga Keamanan Website Klien
Jika suatu hari salah satu website klien terkena malware, bukan cuma klien saja yang rugi tapi Anda juga. Selain karena Anda perlu mengeluarkan tenaga memperbaiki situs tersebut, reputasi bisnis Anda pun menurun karenanya. 

Agar tidak bernasib seperti contoh di atas, Anda harus melakukan langkah-langkah pencegahan. Berikut adalah beberapa di antaranya:
  • Mengaktifkan two-factor authentication
  • Membatasi jumlah login attempt
  • Menghindari plugin dan tema bajakan
  • Menyembunyikan informasi php dan server
  • Menggunakan SSL
  • Mengaktifkan Firewall
Selain cara-cara tersebut, Anda juga dapat melakukan kiat keamanan tambahan dengan meng-install plugin keamanan, seperti:
  • iThemes Security
  • Wordfence
  • SecuPress
  • Jetpack
  • Defender
Tidak kalah penting juga, Anda perlu menggunakan layanan hosting dengan kualitas keamanan yang terpercaya.
Di Niagahoster, keamanan website klien Anda terjaga dengan baik. Ini tentunya ditunjang oleh beberapa fitur.
Pertama, seluruh server Niagahoster dilindungi dengan Imunify360 dan CloudFlare Protection. Kedua fitur ini membuat website klien terhindar dari serangan DDoS, malware, serta ancaman lainnya.

Kedua, ada fitur Spamexpert Protection yang melindungi inbox email domain klien dari email berbahaya.
Di samping kedua fitur tersebut, server hosting Niagahoster juga terjaga dengan baik secara fisik. Masing-masing memiliki sumber daya tersendiri, sehingga server stabil dan aman.

Dan seperti yang telah disebutkan pada poin nomor dua, data website klien di-backup berkala secara otomatis.
Dengan fitur-fitur tersebut, Anda tidak perlu bersusah payah memastikan keamanan website klien lagi.

5. Meningkatkan Performa Website Klien
Jika ingin pelanggan makin setia dengan bisnis Anda, meningkatkan performa situs adalah cara kelola website klien yang tidak boleh dilupakan.

Siapa yang tidak ingin websitenya cepat? Dengan performa tinggi, klien akan mendapatkan beberapa manfaat, termasuk:
Membuat pengunjung website lebih betah menelusuri situs klien.
Website toko online yang cepat akan membuat konsumen senang untuk kembali lagi.
Performa website yang baik berdampak positif terhadap ranking situs di Google.

Sebelum melakukan optimasi kecepatan, Anda perlu memeriksa performa website klien terlebih dahulu. Anda dapat menggunakan tool seperti Google PageSpeed Insight untuk melakukannya.

Jika masih asing dengan tool tersebut, Anda dapat membaca panduan kami untuk mempelajari cara penggunaannya.

Hasil tes Google PageSpeed Insight dapat membantu Anda untuk melakukan optimasi pada aspek-aspek yang tepat.
Di samping itu, ada banyak cara lainnya untuk meningkatkan kecepatan loading situs klien. Di antaranya adalah:
  • Menggunakan content delivery network (CDN)
  • Mengecilkan ukuran file gambar
  • Menggunakan embed ketika menyisipkan konten video
  • Optimasi database
  • Mengaktifkan AMP
Di samping kiat-kiat tersebut, kecepatan website klien tentunya dipengaruhi oleh server hosting yang digunakan.
Kecepatan server Niagahoster tidak diragukan lagi. Niagahoster menawarkan LiteSpeed web server dengan kecepatan 10GB per detik. Dengannya, situs klien dapat diakses dengan cepat kapanpun.

Terlebih, website klien yang dibangun menggunakan WordPress akan lebih cepat lagi berkat WordPress accelerator Niagahoster. Dengan sekali klik pada halaman akun hosting klien, Anda dapat mempercepat situsnya hingga 40 kali lipat.

Selain itu, server Niagahoster telah mendukung HTTP/3, QUIC dan Brotli. Ketiga protokol ini memungkinkan website klien makin cepat.
Dengan adanya tiga fitur optimasi di atas, performa website dapat meningkat pesat dan klien akan puas dengan bisnis Anda.
Kelola Website Klien Lebih Mudah dengan Gabung Reseller Hosting Niagahoster
Menjalankan bisnis pembuatan website bukan hal yang mudah. Ada banyak kendala yang muncul ketika Anda mengelola situs klien. Misalnya, Anda harus log in ke backend website mereka satu per satu.

Tidak hanya itu, mendata jenis layanan yang digunakan klien juga dipersulit karena Anda perlu mengakses akun mereka.
Belum lagi urusan administrasi. Selain butuh menghitung biaya layanan, Anda harus mengirimkan invoice tagihan ke tiap pelanggan.

Kabar baiknya, hal-hal di atas bukan lagi masalah apabila Anda menjadi reseller hosting Niagahoster. Di samping menawarkan backup, update, keamanan, dan optimasi kecepatan otomatis, Anda juga akan dimanjakan dalam urusan pengelolaan website.

Dengan sistem manajemen reseller hosting Niagahoster, Anda dapat mengakses akun hosting dan domain semua klien dari satu reseller area.

Selain itu, Anda juga dapat melihat daftar produk dan tagihan klien dari Dashboard yang sama. Jadi, Anda tidak perlu lagi bersusah-payah log in ke satu per satu akun hosting dan mencatat seluruh tagihan klien.

Di samping itu, ada beberapa kelebihan lain yang bisa Anda dapatkan dari menjadi reseller hosting Niagahoster, yaitu:
Email tagihan otomatis — Tidak perlu repot-repot membuat dan mengirim invoice untuk setiap order baru dan perpanjangan. Fitur ini mengirimkannya kepada klien secara otomatis.
White label — Makin terlihat profesional dengan logo Anda sendiri di member area klien.
Markup harga — Anda dapat menentukan nama layanan hosting dan harga sesuai keinginan. Dengan demikian, Anda dapat meraup keuntungan lebih.
Client area — Anda dapat menyediakan panel khusus klien agar mereka juga dapat mengelola website sendiri.
Integrasi dengan plugin — Klien dapat mengakses reseller area dan membeli layanan langsung dari WordPress menggunakan plugin reseller hosting Niagahoster. Anda dapat membaca panduan ini untuk mempelajari penggunaannya.
Manfaat Reseller Hosting Niagahoster Lainnya
Di samping kemudahan dalam mengelola website, hosting, dan domain klien, Anda sendiri mendapatkan manfaat dengan menjadi reseller hosting Niagahoster. Berikut adalah beberapa di antaranya:
Diskon untuk order baru dan perpanjangan — Semua order baru dan perpanjangan shared hosting dan cloud vps hosting Anda diskon hingga 50%.
Gratis SSL selamanya — Anda bisa mendapatkan SSL gratis berapapun jumlahnya. Sebagai perbandingan, pengguna Niagahoster biasa hanya mendapatkan SSL gratis di tahun pertama.
Layanan support prioritas — Anda dapat menghubungi Customer Success Niagahoster setiap hari selama 24 jam melalui live chat, email, Whatsapp, maupun telepon.
Cara Menjadi Reseller Hosting Niagahoster

Sekarang Anda sudah tahu bahwa menjadi reseller hosting Niagahoster mendatangkan banyak manfaat. Namun, bagaimanakah caranya? Apakah rumit? Berapa biaya yang diperlukan?

Caranya sangat mudah. Anda tinggal mendaftarkan diri menjadi Niagahoster Partner. Asyiknya lagi, Anda tidak perlu membayar sepeserpun!

Langkah pendaftarannya pun tidak panjang. Berikut adalah caranya:

1.Akses halaman Niagahoster Partner dan klik tombol Daftar Sekarang.
2.Masukkan nama lengkap, nomor telepon, alamat email, dan url website pada formulir yang tersedia.
3.Setelah semua terisi, klik Daftar.
4.Tunggu hingga Anda mendapatkan email konfirmasi dari Niagahoster Partner. Setelah mendapatkannya, Anda resmi menjadi anggota. Mudah, bukan?

Memindahkan Website Klien ke Niagahoster
Saat ini tentunya Anda menggunakan penyedia hosting lain untuk website-website klien Anda. Jika sudah menjadi bagian dari Niagahoster Partner, Anda tidak perlu repot memindahkannya sendiri.
Anda hanya memerlukan dua syarat. Pertama, pastikan layanan hosting saat ini menggunakan panel kontrol cPanel. Kedua, Anda mengisi formulir transfer hosting.

Setelah formulir diterima tim Niagahoster, Anda akan dipandu untuk memindahkan website klien.
Siap Kelola Website Klien dengan Niagahoster Partner?

Bagaimana? Mendaftar jadi reseller hosting Niagahoster mudah bukan? Ditambah lagi, fitur-fitur yang ditawarkan mampu membuat pengelolaan situs klien Anda lebih efektif. Mulai dari manajemen layanan dan website klien dengan reseller area hingga white label.

Bahkan masih ada keuntungan lainnya, seperti gratis SSL selamanya, layanan support prioritas, serta diskon order baru dan perpanjangan.
Dengan kinerja dan kualitas layanan Anda yang meningkat, dijamin klien Anda pasti juga akan puas.
Read »

Copyright © Sphinx-Computer, Visit Me: Disclaimer | Privacy Policy | Terms and Conditions | Contact Us | About Us

Designed by