Latest Releases

Wednesday, 7 October 2020

19 Tips Lengkap Promosi Bisnis Jasa Pembuatan Website

1. Menawarkan Produk yang Sesuai Kebutuhan Klien
Hal paling utama yang harus Anda tahu sebelum menjual produk adalah bahwa produk tersebut menyelesaikan masalah, sehingga orang-orang membutuhkannya.
Sebelum berbisnis, orang pertama yang harus Anda yakinkan adalah diri Anda sendiri. Yakin bahwa produk Anda mampu menyelesaikan masalah.

Bagaimana Anda bisa yakin produk Anda cukup solutif? Berikut beberapa caranya:
Identifikasi masalah.
Renungkan hal-hal yang membuat Anda gelisah dan ingin selesaikan. 
Anda bisa memulainya dengan mencari review mengenai web hosting atau jasa pembuatan website.
Apakah page load-nya cepat? Berapa banyak downtime yang terjadi? Bagaimana pelayanan Customer Support-nya? Dan pertanyaan-pertanyan lainnya.
Cari tahu apakah orang lain sudah mencoba menyelesaikan masalah itu.

Biasanya, kompetitor menonjolkan uptime, harga, dan page load time. Namun, Anda bisa menemukan tidak semua web hosting menyediakan DNS Management, sehingga klien kesulitan mengelola website-nya.
Layanan CS yang tidak hadir 24 jam pun membuat masalah lamban selesai.

Pikirkan alternatif solusinya
Anda sudah tahu penawaran dari kompetitor, kini Anda bisa memperbaiki kekurangan kompetitor menjadi kelebihan Anda.
Temukan web hosting yang menyediakan DNS Management, layanan CS responsif, dan menyediakan berbagai fitur lengkap lainnya.

Miliki Unique Selling Point (USP)
Pastikan solusi yang Anda buat unik dan dibutuhkan, sehingga klien lebih memilih Anda daripada kompetitor.
USP bisa dibuat berdasarkan target audiens yang Anda incar. Memiliki target audiens akan membantu Anda untuk mengetahui fitur yang perlu Anda tonjolkan.

Misalnya, jika sasaran Anda adalah pemula yang baru merintis bisnis melalui website, Anda bisa memperkirakan sebagian besar target Anda belum sepenuhnya memahami cara membuat website.
Nah dari sana, Anda bisa menonjolkan layanan yang Anda sediakan supaya target klien tidak ragu untuk menggunakan jasa Anda. Layanan itu dapat berupa adanya CS 24 jam, menawarkan instalasi plugin dan SSL gratis, dan lain-lain.

Dalam bisnis apapun, produk bagus saja tidak cukup. Anda harus bisa menyediakan sesuatu yang dibutuhkan.
Untuk bisnis jasa pembuatan website, biasanya orang-orang membutuhkan layanan yang:
Menawarkan banyak pilihan Content Management System (CMS) sesuai kebutuhan.

Anda tidak suka hal-hal ribet, begitu juga klien. Memiliki CMS yang aman, mudah digunakan, dan fungsional adalah apa yang kebanyakan orang butuhkan.
Beberapa CMS yang mungkin Anda gunakan yaitu WordPress, Drupal, OpenCart, dan lain-lain.

Menawarkan jenis hosting dan bandwidth yang sesuai kebutuhan
Kebutuhan tiap orang untuk membuat website beragam. Ada yang membuat website untuk blogging, berbisnis, memamerkan portofolio, dan lain-lain.
Karena kebutuhan tiap orang berbeda, jenis hosting dan kapasitas bandwidth yang diperlukan juga bervariasi. Bandwidth ibarat lebar maksimal pintu yang dimiliki suatu website, supaya pengunjung dapat mengakses website dalam waktu bersamaan.

Jaminan keamanan
Pencurian informasi pribadi melalui internet adalah masalah yang sering ditakutkan pengguna internet manapun.
Karena itu, calon klien Anda pasti berharap hosting yang Anda sediakan menjamin keamanan data mau pun transaksi.

Layanan responsif dan maksimal.
Calon klien akan merasa nyaman jika mereka tahu Anda selalu hadir untuk membantu mereka. Hal itu bisa diwujudkan melalui layanan CS yang responsif dan membantu klien sampai masalah terselesaikan.

2. Memiliki Buyer Personal
Buyer Persona yaitu tokoh yang Anda gunakan sebagai gambaran ideal untuk mewakili pelanggan bisnis Anda. Gambaran ini dibuat berdasarkan riset tentang target pelangganmu.
Dengan memiliki buyer persona, Anda akan mendapatkan sejumlah kemudahan dalam menjalankan bisnis jasa pembuatan website. Berikut ini beberapa di antaranya:
Membuat bisnis lebih fokus kepada target. Fokus kepada target akan memudahkan Anda memahami kebutuhan calon pelanggan dan membuat konten yang sesuai.
Memperbesar peluang bisnis. Dengan memiliki buyer persona yang tepat, Anda lebih mudah menyaring calon klien. Anda pun bisa lebih fokus membangun relasi dengan orang-orang yang lebih berpeluang.
Membantu mengembangkan produk. Akan lebih mudah merancang produk jika Anda tahu untuk siapa produk itu dibuat, mengapa Anda harus membuatnya, dan bagaimana produk itu membantu menyelesaikan masalah.

Bayangkan jika Anda menargetkan semua orang membeli produk Anda. Anda pasti kesulitan untuk menentukan fitur apa yang harus masuk dalam produk/layanan. Karena sasaran Anda terlalu luas, Anda jadi merasa harus memenuhi semuanya.

3. Memahami Customer Journey
Apakah Anda pernah membeli sesuatu tanpa berpikir? Sadar atau tidak, ada perjalanan momen yang kita alami sebelum bahkan sesudah bertransaksi.
Perjalanan momen inilah yang disebut customer journey. Mengapa customer journey penting untuk melejitkan angka penjualan Anda? Berikut jawabannya.
Membuat proses bisnis lebih efisien dan efektif.

Anda akan lebih mudah melihat prioritas proses: Hal-hal apa saja yang perlu ditingkatkan, aktivitas apa yang tidak perlu dilakukan, dan lain-lain.
Membantu Anda melihat dari kacamata pelanggan. 
Customer Journey membantu Anda untuk merasakan apa yang calon klien rasakan ketika Anda menawarkan produk.

Dengan begitu, Anda bisa melihat peluang apa yang Anda miliki dalam setiap proses bisnis.
Membantu menentukan rencana promosi untuk setiap tahap.

Anda akan lebih mudah menentukan langkah promosi dalam setiap tahap customer journey, karena Anda sudah tahu apa yang calon klien butuhkan dan bagaimana proses untuk mendorong mereka supaya bertindak.
Umumnya, Customer Journey memiliki tiga tahapan berikut.

Tahap Kesadaran
Tahap Kesadaran adalah saat di mana calon klien menyadari bahwa mereka memiliki masalah. Masalah ini menghambat mereka dalam melakukan sesuatu, atau selalu membawa mereka menuju kegagalan.

Tugas bisnis adalah menawarkan solusi untuk masalah yang dihadapi pelanggan. Pada tahap ini, Anda bisa membuat mereka bertanya-tanya:
Kenapa angka penjualan saya masih rendah?
Bagaimana cara membuat bisnis saya terkenal?
Apa yang perlu saya lakukan supaya bisnis saya berkembang?
Dan lain-lain.

Tahap Pertimbangan
Pada Tahap Pertimbangan, calon pelanggan mulai mencari solusi untuk menyelesaikan masalah mereka. Calon pelanggan akan mengalami konflik batin. Mereka mempertimbangkan pro dan kontra dari berbagai pilihan solusi yang tersedia.
Dalam hal ini, bisnis lah yang menyediakan solusi-solusi itu. Anda tidak bisa selalu berpikir positif. 

Anda harus tahu mengapa calon klien berpikir negatif dan bagaimana strategi untuk menguatkan pertimbangan positif. Caranya yaitu dengan menunjukkan USP dan menjelaskan fitur serta manfaat yang bisnis Anda tawarkan.

Tahap Keputusan
Setelah mempertimbangkan berbagai pilihan solusi, calon pelanggan akan mengambil keputusan atas hal yang perlu dilakukan selanjutnya. Apakah mereka akan membeli produk Anda, atau memilih produk yang lain.

Calon klien bisa melakukan apa yang Anda inginkan, namun bisa juga sebaliknya. Supaya mereka semakin tergoda untuk menggunakan layanan Anda, perlu untuk memberikan insentif berupa diskon, bonus produk, dan lain-lain.

Contoh Customer Journey Promosi Bisnis Jasa Pembuatan Website
Tahap Yang Melakukan Yang Dilakukan Tips
Kesadaran Lead Lead menemukan website Anda. Setelah menjelajahi konten Anda, mereka merasa ada masalah yang harus mereka selesaikan. Entah itu meningkatkan penjualan, memamerkan portfolio, atau hal lainnya.Mereka juga bersedia memberikan informasi kontak mereka kepada Anda. Pancing lead dengan free ebook, free template, testimoni, dan lain-lain.
Pertimbangan Prospect Lead ingin mengenal produk Anda secara lebih. Anda bisa menawarkan mereka diskon pembuatan website, menjelaskan manfaat yang akan mereka dapatkan, dan penawaran menarik lainnya. Follow up lead dengan rutin membagikan informasi menarik.
Keputusan Customer Prospect berubah menjadi customer jika mereka mengiyakan penawaran pembuatan website Anda. Sediakan CTA untuk ke proses yang Anda inginkan.

4. Membuat Website Profesional
Anda sudah menentukan Buyer Persona, kini saatnya Anda membuat website sendiri berdasarkan target pasar yang Anda incar. Dalam bisnis jasa pembuatan website, orang-orang akan melihat kualitas bisnis Anda dari website yang Anda buat.
Seperti apa sih website yang berkualitas itu? Berikut beberapa kriterianya.

Fungsional.
Website Anda harus berjalan sesuai dengan fungsinya. Jika tujuan website Anda adalah untuk berbisnis, maka pastikan ada katalog produk, keranjang belanja, dan lain-lain.

User-friendly.
Sediakan tombol-tombol navigasi untuk memudahkan pengunjung menemukan informasi yang mereka inginkan.

Desain responsif.
Orang-orang akan mengakses website Anda melalui berbagai perangkat, tidak hanya komputer saja. Karena itu, pastikan halaman website Anda tidak terlihat berantakan meski dibuka dari ponsel.
Cepat.

Jangan biarkan pengunjung menunggu lama untuk mengakses website Anda. Pastikan Anda menggunakan hosting berkualitas tinggi supaya kinerja website Anda optimal.
Aman.
Orang-orang seringkali memiliki pikiran negatif dengan kata ‘bisnis’. Mereka menghindari toko-toko yang terlihat tidak aman, termasuk toko di internet. Gunakanlah SSL supaya seluruh aliran informasi pada website Anda terjamin.

Nah, Anda sudah tahu karakteristik website yang berkualitas. Tahap berikutnya yaitu membangun website Anda. Apa saja kah komponen utama dari sebuah website?
Fungsi. Pastikan website Anda berjalan sesuai dengan tujuannya. Sediakan tombol register, keranjang belanja, formulir pertanyaan, tombol download, dan hal-hal lain yang Anda perlukan.
Konten. Artikel, foto, video, dan desain yang Anda gunakan adalah bagian dari konten. Konten merupakan kunci untuk menarik perhatian pengunjung Anda.
Struktur. Struktur adalah bagaimana Anda mengatur konten pada website. Cara Anda mengelompokkan konten berdasarkan kategorinya, bagaimana satu konten terhubung dengan konten lainnya, dan lain-lain.
Content Management System (CMS). CMS adalah sistem untuk mengatur, mengawasi, dan merancang website Anda. Dengan CMS, Anda bisa membuat website tanpa harus memahami bahasa pemrograman.
Bahasa Pemrograman. Anda memang bisa membuat website tanpa harus memahami bahasa pemrograman. Namun, website Anda tentu lebih ciamik jika Anda memahami tiga bahasa pemrograman untuk website: HTML, CSS, dan Javascript.

5. Membuat Landing Page
Anda bisa menganggap Landing Page adalah halaman pendaratan yang dibuat khusus untuk mendapatkan leads atau calon klien. Yap, bukan hanya mendatangkan, tapi juga mendapatkan.

Landing Page memiliki peran penting pada Tahap Keputusan dari Customer Journey. Dari halaman ini, Anda bisa menggerakkan klien menuju pembelian, berlangganan dan apa pun yang Anda inginkan.
Komponen utama Landing Page biasanya memuat:

Above The Fold
Above The Fold adalah tampilan yang Anda lihat pertama kali saat meluncur ke halaman depan sebuah website. Seperti namanya, Above The Fold berada pada halaman paling atas, sebelum Anda menggulirkan tampilan ke bawah.

Headline.
Headline adalah judul alias kalimat pertama yang kemungkinan besar dibaca pengunjung.
Copy.
Copy adalah kalimat tambahan yang mendukung kekuatan headline. Biasanya berisi paragraf pendek atau poin-poin penting sebagai informasi ekstra.

Lead Conversion Form.
Form ini berfungsi untuk supaya target klien bisa memberikan informasi kontak mereka melalui kotak yang Anda sediakan.

Call to Action (CTA).
CTA adalah tombol ajakan supaya pengunjung bertindak sesuai tujuan Anda. Di sini lah Anda akan menyelesaikan Tahap Keputusan Customer.

Thank You Page.
Bukan hanya untuk menunjukkan rasa terima kasih, Thank You Page juga bisa membuat penawaran tambahan supaya pengunjung terus melakukan transaksi baru. 
Untuk bisnis jasa pembuatan website, Landing Page yang biasanya diperlukan yaitu:

About Us Landing Page
Anda bisa mengisi landing page ini dengan menceritakan tujuan dan visi misi Anda memulai bisnis ini, berita mengenai bisnis Anda, atau proyek yang sedang Anda kerjakan.

Pikat calon klien supaya mereka ingin mengenal bisnis Anda lebih jauh. Jangan lupa menyertakan tombol navigasi menuju sosial media dan berbagai channel komunikasi lainnya.

Lead Generation Landing Page
Pada landing page ini, Anda mengumpulkan sebanyak mungkin kontak leads melalui Lead Conversion Form.
Anda bisa meminta calon klien untuk memberikan nama, alamat email mereka, bahkan nomor handphone mereka.

Pricing Page
Landing Page ini dibuat spesifik untuk menampilkan rincian detail produk yang Anda tawarkan. Lengkap dari harga, nama paket, fitur, dan lain-lain.
Supaya lebih menarik, Anda juga bisa menyertakan CTA untuk free trial.

Get Started Landing Page
Fungsi landing page ini adalah untuk mengarahkan calon klien supaya memulai proses transaksi. Entah berlangganan, pembelian, dan lain-lain.

Anda juga bisa memamerkan berbagai portfolio website yang sudah pernah Anda buat, lalu menyediakan CTA semacam ‘Mulai buat website kerenmu di sini!’

6. Menerapkan SEO
Jika Anda ingin bisnis jasa pembuatan website Anda muncul pada halaman pertama dalam Search Engine Result Page (SERP), mulailah menerapkan SEO. Tidak besok, tidak kapan-kapan, tapi sekarang juga.
Lho, memangnya SEO itu sepenting apa, sih?

Hmm, mari jawab pertanyaan berikut. Apakah Anda malas mencari informasi pada halaman pencarian kedua dan seterusnya di Google? Jika jawabannya iya, maka Anda termasuk dalam 75% orang yang menjawab hal serupa.

Anda sudah memiliki website yang kece, konten yang menarik, bukankah sayang jika orang-orang sulit untuk menemukan Anda?

Berikut beberapa tips SEO yang bisa Anda manfaatkan untuk bisnis jasa pembuatan website:
Lakukan riset kata kunci. Gunakan hasil riset kata kunci Anda untuk membuat konten yang sesuai dengan tren pasar.
Optimalkan konten Anda. Konten tidak hanya tentang tulis menulis. Data yang kuat, teknik copywriting yang bagus, desain website yang user-friendly, dan faktor-faktor lainnya tentu memiliki pengaruh untuk SERP.
Gunakan tautan. Supaya Google menganggap konten Anda terpercaya, penting untuk menautkan referensi ke dalam konten Anda. Referensi yang bagus yaitu yang berasal dari website Anda sendiri dan juga dari luar.

7. Menerapkan Teknik Copywriting
Copywriting merupakan teknik komunikasi untuk membujuk calon klien melakukan sesuatu, seperti pembelian, berlangganan, dan lain-lain.
Bisnis membutuhkan teknik dalam berkomunikasi supaya Anda bisa menyampaikan maksud Anda melalui perspektif yang tepat.

Ingat, klien tidak mencari Anda. Mereka mencari produk yang bermanfaat untuk menyelesaikan masalah mereka. Klien Anda lebih peduli dengan kebutuhan mereka daripada kemampuan produk Anda. 

Berikut beberapa tips membuat copywriting supaya calon klien tertarik.
Pahami kebutuhan audiens. Gunakan buyer persona Anda, supaya tulisan Anda tepat sasaran.
Tentukan headline yang memikat. Judul Anda harus menarik perhatian, tapi tetap menonjolkan manfaat produk Anda.
Dukung headline dengan paragraf pembuka yang menarik. Buat calon klien Anda tidak hanya berhenti pada judul. Pikirkan kalimat pembuka yang membuat calon klien ingin meneruskan membaca.
Tulis copy yang berkualitas. Pastikan calon klien Anda mendapatkan manfaat setelah membaca copy Anda.
Supaya semakin mendalami semua tips di atas, Anda perlu memahami lebih mengenai Copywriting.

8. Rutin Membuat Konten
Kata Bill Gates, “Content is King.” Yap, memang benar. Tanpa konten, bagaimana orang percaya kepada bisnis Anda? Bagaimana juga mereka sadar bahwa produk Anda adalah apa yang mereka butuhkan?

Memangnya, sepenting apa sih konten untuk bisnis? Berikut beberapa manfaatnya.
Mendapatkan kontak leads. Dengan rutin memberikan konten menarik, pengunjung website Anda akan merasa perlu untuk berlangganan, terutama melalui email.
Meningkatkan kepercayaan klien potensial. Klien mencari jawaban permasalahan mereka pada website Anda. Dengan rutin membuat konten yang membantu mereka, semakin besar kepercayaan yang Anda terima.
Memperhalus pendekatan kepada klien potensial. Melalui konten, Anda bisa mempromosikan produk Anda tanpa terang-terangan berkata ‘Ayo beli produk kami!’

Memulai itu sulit, tapi mempertahankan lebih sulit lagi. Dalam menjalankan suatu bisnis, Anda tidak bisa berapi-api di awal, dan kemudian menganggap penjualan bisa berjalan dengan sendirinya. 

Menentukan jadwal untuk mengisi website Anda adalah hal yang penting. Konsistensi diperlukan untuk menjaga eksistensi suatu bisnis.

Lalu, bagaimana jika Anda mulai kehabisan ide untuk membuat konten? Yuk simak tips berikut agar otak selalu produktif menghasilkan ide!
Mencari apa yang sedang dicari pengguna internet. Anda bisa memanfaatkan berbagai platform pencarian keyword untuk menemukan kata kunci apa yang banyak dicari. Anda juga bisa mendapat rekomendasi topik dari fitur Google Autocomplete untuk melihat apa yang biasa orang-orang ketikkan.
Sering-sering membuka sosial media. Sosial media adalah tambang untuk mencari topik yang sedang trending. Anda bisa menemukan berbagai hal yang ramai dibicarakan dan menjadikannya bahan konten.
Membaca daftar isi buku. Jika internet tidak cukup memberikan Anda ide, cobalah mencari inspirasi dari daftar isi buku yang Anda suka. 
Menyimak berita. Dari berita, Anda bisa mendapatkan informasi mengenai berbagai issue yang positif maupun yang menimbulkan kegelisahan. Barangkali, ada hal menarik juga yang bisa Anda jadikan project.
Bagikan cerita pengalaman Anda. Anda bisa mengulas berbagai hal yang pernah Anda kerjakan, pencapaian, cerita lucu, dan hal-hal lainnya.

Supaya Anda lebih mudah dalam membuat konten untuk bisnis jasa pembuatan website, berikut beberapa ide yang semoga menginspirasi Anda:
Panduan memulai bisnis online dari nol
Cara membuat website untuk bisnis online
Optimasi bisnis online dengan Local SEO
Plugin untuk website bisnis online
Dan lain-lain

Yap, sayangnya ide saja tidak cukup. Anda membutuhkan strategi Content Marketing supaya tujuan marketing Anda tercapai.

9. Meningkatkan Engagement di Sosial Media
Saat ini, sosial media bukan hanya digunakan untuk bersosialisasi. Orang-orang mulai menggunakan sosial media untuk mendapatkan informasi.

Melalui sosial media, tidak hanya penjualan saja yang perlu Anda lakukan. Membangun brand, meningkatkan popularitas, bahkan mengarahkan leads ke website, bisa Anda lakukan dengan sosial media.

Sayangnya, banyak calon klien yang hanya melihat iklan sambil lalu. Tidak perlu jauh-jauh, Anda pasti pernah membaca atau menonton iklan dan sebentar kemudian melupakannya, bukan?

Sebagai pelaku bisnis, tentu Anda tidak ingin hal yang sama dilakukan leads Anda. Pasti menyebalkan jika calon klien Anda sadar apa yang mereka butuhkan, tapi malah memilih toko lain karena mereka lupa kepada Anda.

Lalu, konten seperti apa sih yang akan menguasai sosial media dan bahkan pikiran pembaca? Tips di bawah ini tentu akan memudahkan Anda.

Berikut beberapa tips untuk membuat konten yang mudah diingat.
Identifikasi Tujuan Konten Anda
Konten bisa berupa tulisan, gambar, maupun audiovisual. Umumnya, konten bertujuan untuk:
Memberikan pandangan-pandangan menarik mengenai suatu bidang/produk tertentu
Menginformasikan cara menyelesaikan masalah atau melakukan sesuatu
Meningkatkan popularitas bisnis
Menarik pengunjung website
Membuat pengunjung website melakukan sesuatu (pembelian, berlangganan, dll)
Cara untuk memberitahu ke dunia mengenai eksistensi suatu bisnis

Memang, tujuan dari konten cukup banyak. Tapi, jangan khawatir. Anda tidak perlu memasukkan semua nilai itu ke dalam konten Anda. Justru, konten menjadi tidak fokus jika Anda memaksakan semuanya masuk.
Aturan 3 Detik

Pernahkah Anda mendapat iklan di tengah keasyikan bermain game atau menonton video? Manakah yang lebih sering Anda lakukan: menonton iklan tersebut sampai selesai, atau tanpa ragu menekan tombol skip?

Jika Anda tidak ingin leads melewatkan konten Anda begitu saja, Anda harus memahami Aturan 3 Detik. Menurut aturan ini, leads akan pergi jika dalam 3 sampai 5 detik mereka tidak terpikat dengan konten Anda.

Dalam konten berupa tulisan, kalimat pertama adalah penentu bagi leads untuk melanjutkan membaca. Namun jika konten Anda berupa video, 3 detik pertama adalah kunci supaya leads mau menonton video Anda lebih lama.
Aturan 10%

Ingatan manusia terbatas, sehingga sebagai pelaku bisnis Anda harus memahami cara memperluas ruang yang terbatas itu. Umumnya, manusia lebih mudah mengingat gambar daripada tulisan. 

Sekarang, cobalah Anda menyimak sebuah informasi. Tiga hari kemudian, hanya 10% dari informasi itu yang Anda ingat. Jika ada tambahan gambar, mungkin Anda bisa mengingat 65% dari yang diberikan.

10. Membuat Alur Komunikasi yang Mudah
Salah satu alat ukur pelanggan untuk menilai pelayanan Anda yaitu komunikasi. Kemudahan dalam menghubungi Anda, kejelasan mendapatkan informasi, dan penyelesaian masalah yang cepat adalah hal-hal yang klien butuhkan.

Di bawah ini adalah sedikit alasan penting mengapa komunikasi penting untuk promosi bisnis.
Membangun kepercayaan.
Perlu dicatat, pelanggan seringkali menilai bisnis Anda tidak hanya dari kualitas produk, tapi dari bagaimana cara Anda menghargai mereka.
Menjaga hubungan dengan pelanggan.

Dengan adanya respon yang cepat, pelanggan akan merasa aman saat memilih produk Anda.
Memelihara bisnis yang berkelanjutan.
Jika Anda berhasil memuaskan pelanggan, mereka tidak akan berhenti percaya bahwa produk Anda adalah solusi terbaik.
Membantu pengembangan produk.

Dengan menampung berbagai kritik dan saran dari pelanggan, Anda semakin tahu apa saja yang perlu diperbaiki dari produk Anda.
Menerima permintaan pelanggan dari berbagai saluran komunikasi.

Aksesbilitas informasi yang mudah akan membuat klien nyaman, karena bisa meraih Anda dari berbagai channel.
Sampai di sini, mungkin Anda bertanya-tanya: Bagaimana cara saya membangun pelayanan yang dibutuhkan pelanggan? Nah, semoga beberapa poin di bawah ini menjawab kebingungan Anda.

Memberikan informasi kontak yang lengkap dan aktif.
Pastikan menyediakan lebih dari satu informasi kontak untuk mengakomodasi komunikasi dari berbagai channel.

Menyediakan fitur Live Chat.
Fitur ini akan membuat klien enggan meninggalkan website Anda, karena mereka dapat langsung menanyakan kebingungan mereka.
Menggunakan Customer Relationship Management (CRM). 

Dengan CRM, Anda dapat lebih mudah mengetahui klien potensial Anda. Selain itu, komunikasi dengan klien juga menjadi lebih cepat dan efektif.

Memakai Email Marketing Service.
Hampir semua orang memiliki email. Anda bisa memprioritaskan permintaan bahkan keluhan pelanggan dengan menggunakan Email Marketing Service yang tepat.
Membuka layanan pelanggan melalui sosial media.

Sosial media memungkinkan komunikasi yang lebih personal dengan pelanggan. Anda juga bisa meningkatkan kepercayaan klien melalui respon tanggapan yang cepat.

Menyediakan formulir survey.
Survey pelanggan penting untuk memantau kepuasan layanan dan memikirkan strategi pengembangan produk. Dengarkan pelanggan Anda dan berikan yang terbaik untuk mereka!

11. Follow Up, Follow Up, dan Follow Up!
Follow up yaitu menindaklanjuti proses transaksi dengan calon klien yang belum selesai. Dalam bisnis yang sudah sukses pun, tak jarang perusahaan kehilangan klien karena terlalu sibuk mengurus operasional.
Memang, rasanya pasti gelisah ketika klien tidak juga memberi keputusan akhir. Jangankan memberi keputusan akhir, dihubungi saja belum tentu merespon.

Nah, untuk mengurangi kecemasan Anda, mari simak beberapa tips follow up berikut supaya klien tetap ingin terhubung dengan Anda.
Menanyakan saluran komunikasi yang menurut calon klien paling nyaman untuk mendapat update informasi.
Rutin mengirimkan kabar menarik mengenai kemajuan bisnis Anda atau pengembangan produk baru.
Pastikan Anda memberikan CTA yang tepat di akhir percakapan untuk memudahkan calon klien bertindak sesuai yang Anda harapkan.
Menanyakan penilaian klien mengenai pelayanan yang Anda berikan sebagai bahan evaluasi. Selain itu juga agar calon klien tahu bahwa pendapat mereka didengarkan.

12. Memberikan Lead Magnet 
Lead Magnet yaitu sesuatu yang diberikan pelaku bisnis kepada klien potensial setelah mereka memberikan kontak (biasanya alamat email) pada website maupun Landing Page.
Seringnya, Lead Magnet berisi informasi digital yang bisa diunduh. E-book, template, infografis, laporan, semua itu adalah bahan yang bisa dijadikan Lead Magnet.

Fungsi Lead Magnet tidak hanya untuk menarik lebih banyak klien melalui informasi yang diberikan. Penting untuk Anda ketahui, tidak semua pengunjung website Anda akan langsung menjadi pelanggan.
Karena itu, Anda memerlukan daftar kontak calon klien. Dengan begitu, setelah calon klien memberikan informasi kontak mereka, Anda akan lebih mudah menjangkau mereka saat ada promo, launching produk baru, dan lain-lain.

Supaya Lead Magnet Anda tidak mengecewakan, simak beberapa tips agar klien potensial Anda puas:
Solutif. Lead Magnet memberikan solusi untuk menyelesaikan masalah klien.
Spesifik. Membahas sesuatu yang terlalu umum akan membuat klien merasa Lead Magnet Anda tidak memiliki perbedaan dengan mencari sendiri di Google.
Mudah diakses. Akan lebih baik jika Lead Magnet Anda bisa diakses dalam sekali klik. Jangan membuat klien ribet dan akhirnya membatalkan niat.
Mudah dicerna. Sajikan informasi dengan media yang tepat dan mudah dipahami.
Menawarkan kode diskon. Selain untuk memberikan informasi penting, Anda bisa menggunakan Lead Magnet sebagai pintu kesempatan bagi klien untuk berlangganan. Turn your visitors into buyers.

Jika Anda masih belum percaya Lead Magnet bisa mendatangkan banyak lead.

13. Meminta Testimoni dari Klien
Semua orang lebih suka bukti daripada janji. Anda perlu menunjukkan keberhasilan Anda. Bukan untuk pamer, tapi sebagai bukti bahwa bisnis Anda memang menjanjikan.
Mungkin Anda bingung. Bukti apa yang bisa Anda berikan dari bisnis jasa pembuatan website?

Anda mungkin berpikir untuk memamerkan hasil penjualan Anda. Namun, sebenarnya ada cara lain: Menceritakan kesuksesan klien Anda setelah mereka menggunakan bisnis Anda.

Berikut beberapa tips supaya Anda sukses mendapat testimoni.
Fokus kepada klien terbaik. Referral bekerja atas dasar rasa percaya. Pilih klien yang memiliki hubungan baik dengan Anda, atau yang menurut Anda menjadi sosok ideal untuk mengenalkan bisnis Anda.
Hubungi secara personal. Anda bisa memanfaatkan email atau panggilan telepon untuk menghubungi klien Anda. Menghubungi klien secara personal dapat membuat hubungan Anda memiliki kesan lebih dekat, dan juga membuat klien merasa terpilih.
Berikan kejutan. Semua orang menyukai hadiah, begitu juga klien Anda. Kejutan itu bisa berupa program loyalti, pelatihan gratis, bahkan ucapan selamat ulang tahun.

Saat meminta testimoni, Anda berharap klien memberikan statement yang bagus. Bagus saja tidak cukup. Anda perlu mengarahkan klien supaya mereka memberi apa yang Anda harapkan.

Berikut beberapa daftar pertanyaan supaya Anda mendapat testimoni yang Anda inginkan:
Kesulitan apa yang Anda hadapi sebelum menggunakan layanan kami?
Dari manakah Anda mendapat informasi mengenai layanan kami?
Apa masalah yang berhasil Anda selesaikan dengan layanan kami?
Sebelum menggunakan layanan kami, apakah Anda pernah mencoba layanan lainnya?
Mengapa Anda memutuskan memilih layanan kami?
Apakah fitur yang kami tawarkan cukup memuaskan Anda?
Bagaimana perasaan Anda setelah menggunakan layanan kami?
Apakah Anda akan merekomendasikan layanan kami kepada orang lain?

Nah, setelah berhasil mendapatkan testimoni, Anda perlu membuat publik mengetahuinya. Pastikan Anda meletakkan kumpulan testimoni di tempat yang kemungkinan besar dilihat banyak calon klien.

Tempat itu bisa ada di halaman utama website Anda, halaman portfolio, sales email, bahkan sosial media bisnis Anda.

14. Meningkatkan Personal Branding Anda
Persaingan dalam dunia bisnis itu ketat. Produk berkualitas saja tidak cukup untuk mempertahankan bisnis Anda. Anda membutuhkan Personal Branding.

Personal Branding terbukti mampu membuat suatu bisnis lebih mentereng. Misalnya, Raditya Dika. Penulis terkenal yang kini sudah menjadi sutradara, pemain film, youtuber, dan penulis komedi.
Raditya Dika memulai jalan karirnya dengan menjadi blogger. Saat itu, dia baru memasuki dunia kuliah. Cerita-ceritanya berhasil menyabet hati banyak pembaca dan memperkuat identitasnya sebagai sebagai ‘penulis komedi’.

Sejak saat itu, pintu karir Raditya Dika semakin terbuka lebar. Tidak hanya popularitas, apa yang dimulai Radit itu juga mempertemukannya kepada banyak kesempatan untuk memperluas bidang bisnisnya.

Masih belum percaya Personal Branding penting bagi bisnis Anda? Mari simak beberapa manfaat Personal Branding berikut ini.
Lebih mudah membuat orang percaya.
Banyak orang lebih percaya manusia daripada merek. Manusia membuat sesuatu memiliki kesan lebih personal.

Lebih mudah menarik perhatian di media.
Publik lebih mudah mengingat cerita bagaimana Anda membantu orang lain melalui bisnis, daripada apa yang dilakukan bisnis Anda.

Meyakinkan orang-orang akan spesialisasi Anda.
Bisnis Anda akan terlihat lebih terjamin jika orang-orang sudah lebih dulu percaya kepada kemampuan Anda.

Membuat bisnis memiliki kesan humanis.
Personal Branding membuat Anda lebih terlihat ingin membantu orang lain alih-alih berjualan.

Memperluas koneksi.
Semakin banyak orang mengetahui kemampuan Anda, semakin banyak pula kesempatan untuk menjalin kerja sama dan memperluas jaringan.

15. Membuka Program Afiliasi
Afiliasi adalah program di mana perusahaan memberikan komisi kepada pihak ketiga atas keberhasilan mengarahkan seseorang untuk melakukan pembelian.
Program afiliasi adalah hubungan yang saling menguntungkan. Anda untung karena produk Anda dibeli. Mitra Anda juga untung karena mereka mendapatkan komisi.

Afiliasi bisa berbentuk kode diskon, kupon, atau link yang langsung mengarah ke Landing Page untuk pembelian.
Mitra Anda akan menyebarkan kode diskon atau link pembelian, entah itu di website mereka, sosial media, mau pun platform lainnya. Nah, setiap ada lead yang menggunakan kode diskon atau melakukan transaksi melalui link pembelian itu, maka afiliasi pun sukses.

Faktanya, 99% perusahaan memulai bisnis mereka dengan program afiliasi. Mengapa program afiliasi disarankan untuk pertumbuhan bisnis jasa pembuatan website Anda? Berikut alasannya.

Meningkatkan SEO.
Mitra afiliasi Anda akan mengarahkan link menuju website Anda. Semakin banyak link atau saluran yang mengarah ke website Anda, maka kemungkinan website Anda menguasai halaman pencarian semakin meningkat.
Memperluas jangkauan bisnis.

Sekitar 80% proyek berasal dari 20% klien. Konsep ini dikenal sebagai Aturan 80:20 atau yang biasa dikenal dengan Prinsip Pareto.

Membuka program afiliasi berarti Anda mengijinkan pihak luar mempromosikan produk Anda. Anda akan lebih mudah mendapatkan mitra yang memahami bisnis Anda.

Membangun kepercayaan calon pelanggan.
Banyak orang mempertimbangkan rekomendasi orang lain sebelum membeli suatu produk. Mereka lebih ingin mendengarkan saran orang lain sebelum mencari informasi lebih mengenai produk Anda.

Setelah Anda sudah yakin bahwa bisnis Anda membutuhkan program afiliasi, berikutnya adalah membuat kode diskon. Jika Anda pengguna WordPress, Anda bisa mencoba beberapa plugin di bawah ini.

Coupon Creator
Coupon Creator memungkinkan Anda untuk merancang tampilan, mengatur tanggal kadaluarsa, membatasi jumlah redeem, dan berbagai fungsi lain untuk membuat kupon terbaik.

WordPress Coupon Plugin
Plugin ini membuat Anda bisa mengelompokkan kupon berdasarkan yang Anda inginkan. Misalnya, jika Anda ingin membuat kupon untuk edisi hari raya, dan kupon lainnya untuk diskon produk tertentu.

Coupon Generator for WooCommerce
Jika Anda menginginkan kupon yang sederhana, maka plugin ini cocok untuk Anda. Menariknya lagi, Anda juga bisa menghasilkan ribuan kupon sekaligus.

16. Menjadi Trainer dalam Pelatihan
Anda bisa mulai membangun personal branding dengan menjadi trainer dalam pelatihan. Yap, tidak hanya merek yang perlu Anda bangun, tapi reputasi. Reputasi yang kuat dan bagus akan membuat bisnis Anda terlihat lebih meyakinkan.

Salah satu cara membangun reputasi yaitu dengan menjadi trainer atau pengisi materi dalam bidang yang relevan. Jika Anda pebisnis jasa pembuatan website, maka Anda bisa mengajarkan Web Development, Digital Marketing, bisnis online, dan banyak lagi.

Saat ini, sudah tersedia berbagai platform yang memudahkan Anda untuk menjadi seorang pengajar. Anda bisa menjajal platform-platform online seperti Skill Academy, Udemy, Bizlab, dan sebagainya.

17. Mengadakan Giveaway
Seperti yang Anda tahu, giveaway adalah memberikan hadiah kepada klien ataupun calon klien secara gratis setelah mereka memenuhi syarat tertentu. 

Giveaway mendatangkan beberapa manfaat untuk bisnis Anda, sedikit di antaranya yaitu:
Mendapatkan leads dan membangun bisnis yang berkelanjutan. Jika Anda memberikan hosting dan domain sebagai hadiah, prospek untuk mendapatkan leads akan bertambah karena suatu saat mereka akan memperpanjang layanan mereka.
Mengembangkan jaringan. Anda bisa meningkatkan traffic, engagement, atau apapun yang Anda mau dengan meminta target klien melakukan hal tertentu untuk syarat mengikuti giveaway.
Meningkatkan eksposur produk. Orang-orang akan semakin bersemangat untuk mencoba produk Anda dan memamerkannya ke sosial media.
Mempererat hubungan dengan customer. Klien akan tahu bahwa Anda peduli pada kebutuhan mereka. Kepedulian yang Anda tunjukkan tentu akan membangun loyalitas dengan klien.
Membuka prospek baru. Giveaway mendatangkan Anda ke banyak kemungkinan. Jika produk Anda memuaskan, tentu orang-orang akan membicarakannya dan mereka akan datang kepada Anda.

Untuk bisnis jasa pembuatan website, giveaway yang Anda lakukan bisa untuk memancing banyak pengikut, menyebarkan konten, dan lain-lain.
Supaya giveaway untuk promosi jasa pembuatan website Anda menarik, silakan coba tips berikut ini.
Tentukan fokus dan tujuan Anda mengadakan giveaway. 

Anda harus memahami mengapa Anda membuat giveaway. Apakah agar banyak orang mengunjungi website Anda? Mendapatkan kontak calon klien? Ataukah supaya bisnis website Anda semakin populer?

Berikan hadiah yang target klien Anda butuhkan.
Setelah memutuskan tujuan, pastikan hadiah yang Anda berikan relevan dengan kebutuhan klien dan kebutuhan Anda. Misalnya, jika Anda ingin mendapatkan leads, Anda bisa memberikan giveaway berupa diskon yang jauh lebih besar dari hari biasa.

Atau jika tujuan Anda untuk mendapatkan testimoni, Anda bisa menghadiahkan pembuatan website gratis.
Jangan membuat syarat yang menyusahkan target klien.

Pastikan syarat giveaway yang Anda berikan tidak membuat target klien malas. Syarat giveaway Anda harus mampu mendatangkan manfaat kepada klien mau pun kepada Anda.

Anda bisa saja mensyaratkan klien untuk berlangganan newsletter Anda, membagikan konten website Anda ke media sosial, dan lain sebagainya.
Iklankan giveaway yang Anda buat melalui platform-platform yang sesuai.

Pilihlah platform yang cocok untuk meletakkan promosi giveaway bisnis website Anda. Anda bisa mengiklankannya di Instagram, Facebook, bahkan Youtube.
Publikasikan pemenang giveaway supaya target klien tidak mengira Anda memberikan janji palsu. 

Jangan lupa untuk mengumumkan siapa pemenang giveaway Anda. Jika Anda memberikan hadiah berupa pembuatan website, Anda bisa meminta mereka memberikan testimoni atas pelayanan yang sudah Anda berikan.
Berikan harapan kepada target klien untuk mencoba lagi di lain waktu.

Supaya target klien tetap mengikuti kabar bisnis Anda, beri tahu mereka bahwa masih akan ada giveaway menarik lainnya.

Anda bisa meminta mereka terus memantau sosial media bisnis Anda, atau berlangganan pada website Anda.

Anda sepertinya bingung akan giveaway apa yang bisa ditawarkan bisnis jasa pembuatan website. Semoga beberapa ide di bawah ini menuntaskan kebingungan Anda.
E-book mengenai web development.
Pelatihan tentang bisnis online.
Pembuatan website dengan diskon lebih besar, bahkan gratis.
Dan lain-lain.

18. Bergabung dengan Forum
Salah satu cara ampuh untuk belajar sekaligus mendapatkan klien yaitu dengan bergabung ke dalam forum.
Tentu bukan sembarang forum, ya. Forum tersebut harus relevan dengan bisnis yang Anda miliki. Dalam hal ini adalah bisnis jasa pembuatan website. Mengapa?

Berikut beberapa manfaat bergabung dengan forum untuk mengembangkan bisnis jasa pembuatan website:

Menambah wawasan mengenai web development.
Anda akan bertemu dengan orang-orang yang memiliki kesamaan minat, khususnya mengenai web development.

Hal ini tentu memudahkan Anda mendapatkan berbagai informasi segar tanpa harus membaca berita. Anda juga bisa mendiskusikan berbagai topik yang akan meningkatkan pemahaman Anda mengenai web development.

Mendapatkan kontak untuk referensi bisnis.
Tidak hanya Anda, banyak pelaku bisnis lainnya yang bergabung dalam forum untuk menggali informasi. Manfaatkan wawasan yang Anda miliki untuk mendapat sebanyak mungkin kontak bisnis.

Koneksi luas akan membuat Anda tahu dengan siapa saja Anda dapat menjalin kerja sama, melakukan pemasaran, dan lain-lain.

Memudahkan melakukan riset konsumen.
Di dalam forum, Anda tidak hanya akan bertemu pelaku bisnis, namun juga pengguna website. Bukan sekadar pengguna website, Anda juga bisa meminta mereka berpartisipasi dalam survey saat Anda melakukan riset pasar.

19. Amati dan Pelajari Bisnis yang Sudah Berhasil
Anda gagal jika Anda berpikir Anda gagal. Satu strategi tidak bekerja sesuai harapan bukan berarti selamanya tidak akan berhasil.
Lakukan evaluasi pada setiap strategi bisnis Anda, baik yang gagal atau berhasil. Buatlah taktik baru jika Anda sudah tahu bagaimana cara memperbaiki taktik yang lama.

Jika Anda terlalu cepat untuk berhenti, siapkah Anda kehilangan potensi keuntungan yang seharusnya bisa Anda raih?
Mari belajar dari Hotama (atau PT. Kreasi Putra Hotama). Hotama adalah perusahaan yang melayani permintaan akan berbagai kebutuhan teknologi seperti pembuatan website, training online, dan lain-lain.

Sebelum mempercayakan hostingnya kepada Niagahoster, Hotama seringkali berhadapan dengan masalah teknis dari penyedia layanan hostingnya. Permasalahan itu juga membuat Hotama mendapat banyak protes dari kliennya.

Namun, semua itu berubah setelah Hotama memindahkan website klien-kliennya ke Niagahoster. Apalagi setelah Hotama bergabung dengan Niagahoster Partner.
Bersama Niagahoster Partner, Hotama bisa mendapatkan 40% keuntungan hanya dari order hosting perpanjangan. Selain itu, Hotama juga mengurus sedikitnya 50 proyek klien.

Bagi Anda yang belum tahu atau mungkin masih ragu, Niagahoster Partner adalah platform terbaik yang menawarkan pengalaman menjadi reseller hosting yang berbeda dari yang lain dengan kemudahan dan kebebasan sepenuhnya untuk pengelolaan bisnis Anda.
Sukses Memulai Bisnis Jasa Pembuatan Website

Jika Anda sudah membaca kalimat ini, berarti Anda semakin dekat dengan kesuksesan. Dari tadi kita sudah membicarakan mengenai serba-serbi bisnis jasa pembuatan website. Mulai dari mengapa usaha ini menjanjikan, hingga cara promosi bisnis jasa pembuatan website.
Read »

5 Hal Wajib Saat Kelola Website Agar Klien Puas

Website adalah kunci kesuksesan online bagi segala macam bisnis. Akan tetapi, tidak semua pelaku usaha memiliki keahlian dan waktu yang diperlukan untuk mengelola website mereka. Terlebih, mereka masih harus mengurus bisnis sendiri.

Karena alasan inilah klien-klien datang untuk mempercayakan pembuatan dan pengelolaan website bisnis mereka kepada Anda. Tidak hanya itu, klien ingin Anda memastikan websitenya tetap aman.
Kelola Website Klien: Apa Saja yang Diperlukan?

Artikel ini akan membahas lima kiat kelola website klien yang penting, yaitu:
  • Memilih layanan hosting yang tepat
  • Melakukan backup berkala
  • Memastikan website klien up-to-date
  • Menjaga keamanan website klien
  • Meningkatkan performa website klien
1. Memilih Layanan Hosting yang Tepat
Setiap klien pastinya datang kepada Anda dengan harapan memiliki website yang cepat, mudah digunakan, aman, dan banyak pengunjung. Oleh karena itu, bisnis Anda tidak hanya bertumpu pada kemampuan koding, namun juga layanan hosting yang digunakan.

Anda perlu memastikan bahwa layanan hosting yang digunakan untuk menjalankan website klien berkualitas. Lalu, apa saja kriteria yang dapat digolongkan berkualitas? Berikut adalah beberapa ciri layanan hosting yang baik:
Kecepatan — Layanan hosting yang baik menyediakan server berkecepatan tinggi dan jarang mengalami downtime.
Keamanan — Anda perlu memastikan bahwa penyedia hosting menjaga server-servernya dari segala celah keamanan.
Kemudahan mengelola website-website klien — Ini diperlukan agar Anda tidak repot meski klien terus bertambah.

Nah, Niagahoster dapat Anda percaya sebagai tempat hosting website-website klien Anda. Dengan dukungan LiteSpeed web server, loading website klien tidak akan pernah lambat. 
Ditambah lagi, Niagahoster memiliki uptime 99.98%. Artinya, website akan selalu online dan bisnis klien tetap lancar.

Tak lupa, website klien selalu aman dengan adanya fitur-fitur keamanan seperti Imunify360.
Dengan tiga keunggulan ini, klien Anda dijamin puas karena situsnya cepat dan aman.

2. Melakukan Backup Berkala
Sebagai pengelola website klien, cara kelola website klien yang perlu selalu Anda lakukan. Ada beberapa alasan mengapa ini penting dilakukan. Di antaranya:
Untuk menghindari hilangnya data website
Agar Anda dapat mengembalikan website ke kondisi sebelumnya jika ada update bermasalah
Meng-undo kesalahan Anda ketika melakukan kustomisasi
Sebagai cadangan jika website terserang malware

Nah, membuat backup untuk satu atau beberapa situs mudah dilakukan dan tidak memakan waktu lama. Akan tetapi, bagaimana jika Anda mengurus berpuluh-puluh website klien? Melakukan backup sendiri pastinya merepotkan.

Sebagai jalan keluar, Anda dapat menggunakan plugin backup otomatis seperti Updraft atau BackupGuard.
Kedua plugin WordPress tersebut gratis dan memungkinkan Anda untuk menyimpan backup ke akun Dropbox. Dengan fitur ini, Anda bahkan dapat mengelola backup seluruh website klien dalam satu akun Dropbox.

Namun plugin pun mengharuskan Anda untuk mengaktifkannya dan melakukan pengaturan terlebih dahulu.
Apabila situs klien di-hosting di Niagahoster, Anda tidak perlu memikirkan pengaturan backup lagi. Fitur backup otomatis Niagahoster memastikan file dan data website di-backup secara berkala.

Bagi yang menggunakan shared hosting, backup otomatis dilakukan setiap minggu. Sedangkan pengguna cloud hosting lebih dimanjakan dengan backup harian.

Melakukan restorasi backup pun mudah. Dengan sekali klik di akun hosting klien, Anda sudah dapat mengembalikan websitenya.

3. Memastikan Website Klien Up-to-date
Meng-update situs klien sudah menjadi salah satu langkah wajib kelola website klien. Apabila Anda lupa melakukannya, situs klien dapat memiliki celah keamanan.
Selain tingkat keamanan yang lebih baik, versi terbaru dari WordPress beserta tema dan plugin biasanya menghadirkan fitur-fitur baru. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan update agar klien dapat memanfaatkannya.

Ditambah lagi, update plugin dan tema juga diperlukan agar kompatibel dengan versi WordPress terbaru. Meski versi terbaru tidak luput dari error, plugin dan tema yang outdated seringkali tidak dapat bekerja secara optimal.

Nah, meng-update WordPress, plugin, serta tema yang digunakan satu website saja sudah memakan waktu. Apalagi jika Anda mengurus banyak website?
Solusinya adalah melakukan pengaturan auto update. Ini dapat Anda lakukan dengan plugin seperti Easy Updates Manager.

Namun, meng-install plugin tersebut ke dalam situs klien satu per satu tetap akan membuat Anda kewalahan.
Untungnya, hal di atas bukan masalah jika Anda menggunakan layanan Niagahoster. Anda dapat menyalakan fitur update otomatis untuk semua website klien dengan sekali klik saja. Dengan demikian, Anda memiliki waktu lebih untuk mengurus hal lainnya.

4. Menjaga Keamanan Website Klien
Jika suatu hari salah satu website klien terkena malware, bukan cuma klien saja yang rugi tapi Anda juga. Selain karena Anda perlu mengeluarkan tenaga memperbaiki situs tersebut, reputasi bisnis Anda pun menurun karenanya. 

Agar tidak bernasib seperti contoh di atas, Anda harus melakukan langkah-langkah pencegahan. Berikut adalah beberapa di antaranya:
  • Mengaktifkan two-factor authentication
  • Membatasi jumlah login attempt
  • Menghindari plugin dan tema bajakan
  • Menyembunyikan informasi php dan server
  • Menggunakan SSL
  • Mengaktifkan Firewall
Selain cara-cara tersebut, Anda juga dapat melakukan kiat keamanan tambahan dengan meng-install plugin keamanan, seperti:
  • iThemes Security
  • Wordfence
  • SecuPress
  • Jetpack
  • Defender
Tidak kalah penting juga, Anda perlu menggunakan layanan hosting dengan kualitas keamanan yang terpercaya.
Di Niagahoster, keamanan website klien Anda terjaga dengan baik. Ini tentunya ditunjang oleh beberapa fitur.
Pertama, seluruh server Niagahoster dilindungi dengan Imunify360 dan CloudFlare Protection. Kedua fitur ini membuat website klien terhindar dari serangan DDoS, malware, serta ancaman lainnya.

Kedua, ada fitur Spamexpert Protection yang melindungi inbox email domain klien dari email berbahaya.
Di samping kedua fitur tersebut, server hosting Niagahoster juga terjaga dengan baik secara fisik. Masing-masing memiliki sumber daya tersendiri, sehingga server stabil dan aman.

Dan seperti yang telah disebutkan pada poin nomor dua, data website klien di-backup berkala secara otomatis.
Dengan fitur-fitur tersebut, Anda tidak perlu bersusah payah memastikan keamanan website klien lagi.

5. Meningkatkan Performa Website Klien
Jika ingin pelanggan makin setia dengan bisnis Anda, meningkatkan performa situs adalah cara kelola website klien yang tidak boleh dilupakan.

Siapa yang tidak ingin websitenya cepat? Dengan performa tinggi, klien akan mendapatkan beberapa manfaat, termasuk:
Membuat pengunjung website lebih betah menelusuri situs klien.
Website toko online yang cepat akan membuat konsumen senang untuk kembali lagi.
Performa website yang baik berdampak positif terhadap ranking situs di Google.

Sebelum melakukan optimasi kecepatan, Anda perlu memeriksa performa website klien terlebih dahulu. Anda dapat menggunakan tool seperti Google PageSpeed Insight untuk melakukannya.

Jika masih asing dengan tool tersebut, Anda dapat membaca panduan kami untuk mempelajari cara penggunaannya.

Hasil tes Google PageSpeed Insight dapat membantu Anda untuk melakukan optimasi pada aspek-aspek yang tepat.
Di samping itu, ada banyak cara lainnya untuk meningkatkan kecepatan loading situs klien. Di antaranya adalah:
  • Menggunakan content delivery network (CDN)
  • Mengecilkan ukuran file gambar
  • Menggunakan embed ketika menyisipkan konten video
  • Optimasi database
  • Mengaktifkan AMP
Di samping kiat-kiat tersebut, kecepatan website klien tentunya dipengaruhi oleh server hosting yang digunakan.
Kecepatan server Niagahoster tidak diragukan lagi. Niagahoster menawarkan LiteSpeed web server dengan kecepatan 10GB per detik. Dengannya, situs klien dapat diakses dengan cepat kapanpun.

Terlebih, website klien yang dibangun menggunakan WordPress akan lebih cepat lagi berkat WordPress accelerator Niagahoster. Dengan sekali klik pada halaman akun hosting klien, Anda dapat mempercepat situsnya hingga 40 kali lipat.

Selain itu, server Niagahoster telah mendukung HTTP/3, QUIC dan Brotli. Ketiga protokol ini memungkinkan website klien makin cepat.
Dengan adanya tiga fitur optimasi di atas, performa website dapat meningkat pesat dan klien akan puas dengan bisnis Anda.
Kelola Website Klien Lebih Mudah dengan Gabung Reseller Hosting Niagahoster
Menjalankan bisnis pembuatan website bukan hal yang mudah. Ada banyak kendala yang muncul ketika Anda mengelola situs klien. Misalnya, Anda harus log in ke backend website mereka satu per satu.

Tidak hanya itu, mendata jenis layanan yang digunakan klien juga dipersulit karena Anda perlu mengakses akun mereka.
Belum lagi urusan administrasi. Selain butuh menghitung biaya layanan, Anda harus mengirimkan invoice tagihan ke tiap pelanggan.

Kabar baiknya, hal-hal di atas bukan lagi masalah apabila Anda menjadi reseller hosting Niagahoster. Di samping menawarkan backup, update, keamanan, dan optimasi kecepatan otomatis, Anda juga akan dimanjakan dalam urusan pengelolaan website.

Dengan sistem manajemen reseller hosting Niagahoster, Anda dapat mengakses akun hosting dan domain semua klien dari satu reseller area.

Selain itu, Anda juga dapat melihat daftar produk dan tagihan klien dari Dashboard yang sama. Jadi, Anda tidak perlu lagi bersusah-payah log in ke satu per satu akun hosting dan mencatat seluruh tagihan klien.

Di samping itu, ada beberapa kelebihan lain yang bisa Anda dapatkan dari menjadi reseller hosting Niagahoster, yaitu:
Email tagihan otomatis — Tidak perlu repot-repot membuat dan mengirim invoice untuk setiap order baru dan perpanjangan. Fitur ini mengirimkannya kepada klien secara otomatis.
White label — Makin terlihat profesional dengan logo Anda sendiri di member area klien.
Markup harga — Anda dapat menentukan nama layanan hosting dan harga sesuai keinginan. Dengan demikian, Anda dapat meraup keuntungan lebih.
Client area — Anda dapat menyediakan panel khusus klien agar mereka juga dapat mengelola website sendiri.
Integrasi dengan plugin — Klien dapat mengakses reseller area dan membeli layanan langsung dari WordPress menggunakan plugin reseller hosting Niagahoster. Anda dapat membaca panduan ini untuk mempelajari penggunaannya.
Manfaat Reseller Hosting Niagahoster Lainnya
Di samping kemudahan dalam mengelola website, hosting, dan domain klien, Anda sendiri mendapatkan manfaat dengan menjadi reseller hosting Niagahoster. Berikut adalah beberapa di antaranya:
Diskon untuk order baru dan perpanjangan — Semua order baru dan perpanjangan shared hosting dan cloud vps hosting Anda diskon hingga 50%.
Gratis SSL selamanya — Anda bisa mendapatkan SSL gratis berapapun jumlahnya. Sebagai perbandingan, pengguna Niagahoster biasa hanya mendapatkan SSL gratis di tahun pertama.
Layanan support prioritas — Anda dapat menghubungi Customer Success Niagahoster setiap hari selama 24 jam melalui live chat, email, Whatsapp, maupun telepon.
Cara Menjadi Reseller Hosting Niagahoster

Sekarang Anda sudah tahu bahwa menjadi reseller hosting Niagahoster mendatangkan banyak manfaat. Namun, bagaimanakah caranya? Apakah rumit? Berapa biaya yang diperlukan?

Caranya sangat mudah. Anda tinggal mendaftarkan diri menjadi Niagahoster Partner. Asyiknya lagi, Anda tidak perlu membayar sepeserpun!

Langkah pendaftarannya pun tidak panjang. Berikut adalah caranya:

1.Akses halaman Niagahoster Partner dan klik tombol Daftar Sekarang.
2.Masukkan nama lengkap, nomor telepon, alamat email, dan url website pada formulir yang tersedia.
3.Setelah semua terisi, klik Daftar.
4.Tunggu hingga Anda mendapatkan email konfirmasi dari Niagahoster Partner. Setelah mendapatkannya, Anda resmi menjadi anggota. Mudah, bukan?

Memindahkan Website Klien ke Niagahoster
Saat ini tentunya Anda menggunakan penyedia hosting lain untuk website-website klien Anda. Jika sudah menjadi bagian dari Niagahoster Partner, Anda tidak perlu repot memindahkannya sendiri.
Anda hanya memerlukan dua syarat. Pertama, pastikan layanan hosting saat ini menggunakan panel kontrol cPanel. Kedua, Anda mengisi formulir transfer hosting.

Setelah formulir diterima tim Niagahoster, Anda akan dipandu untuk memindahkan website klien.
Siap Kelola Website Klien dengan Niagahoster Partner?

Bagaimana? Mendaftar jadi reseller hosting Niagahoster mudah bukan? Ditambah lagi, fitur-fitur yang ditawarkan mampu membuat pengelolaan situs klien Anda lebih efektif. Mulai dari manajemen layanan dan website klien dengan reseller area hingga white label.

Bahkan masih ada keuntungan lainnya, seperti gratis SSL selamanya, layanan support prioritas, serta diskon order baru dan perpanjangan.
Dengan kinerja dan kualitas layanan Anda yang meningkat, dijamin klien Anda pasti juga akan puas.
Read »

Sinkronisasi File di Linux dengan Command Rsync

Meng-copy file satu per satu dari satu disk penyimpanan ke yang lain tentunya melelahkan. Selain memakan waktu, Anda pasti kewalahan jika file-file yang ingin disalin tidak terkumpul dalam satu folder.

Kalau Anda memakai sistem operasi berbasis Linux, untungnya ada fitur Rsync (Remote Sync). Fitur ini memudahkan Anda untuk menyinkronkan file dan folder suatu perangkat ke satu atau lebih perangkat lain.

Seperti yang telah disebutkan di atas, Rsync adalah fitur pada sistem operasi berbasis Linux (seperti Ubuntu, Fedora, dan Debian) yang berfungsi untuk menyinkronkan file serta folder.

Rsync memungkinkan Anda untuk menyalin file dari satu komputer lokal ke remote server dan sebaliknya melalui koneksi SSH (Secure Shell).
Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkannya untuk meng-copy file ke flashdisk atau external hard drive.

Namun, Anda perlu mengingat bahwa Rsync memakan bandwidth. Karena, setiap file yang disalin akan melalui proses kompresi dan dekompresi.

Syntax dasar Rsync seperti berikut:rsync [optional modifiers] [destination]
Syntax tersebut memiliki tiga komponen yang dapat Anda tentukan:
Optional modifiers — aksi yang ingin Anda lakukan terhadap file atau folder. Ini dilakukan menggunakan beberapa opsi yang tersedia di Rsync. Kami akan membahasnya satu per satu nanti.
Source — direktori sumber file atau folder.
Destination — direktori yang ingin dituju.

Sebelum menggunakannya, sebaiknya Anda memeriksa versi Rsync yang ada pada perangkat Anda terlebih dahulu. Ini dilakukan untuk memastikan bahwa Anda menggunakan versi terbarunya. Caranya akan dijelaskan di bagian berikut ini.

Cara Memeriksa Versi Rsync
Untuk memeriksa versi Rsync pada perangkat Anda, silakan log in ke server VPS yang Anda gunakan. Kemudian, gunakan command berikut:rsync -version
Contoh output yang muncul:rsync version 3.1.2 protocol version 31
Output tersebut memberitahukan bahwa versi Rsync yang digunakan adalah 3.1.2.

Cara Install Rsync
Rsync umumnya telah terpasang sebagai fitur bawaan. Akan tetapi, bisa saja perangkat Anda belum memilikinya.
Jika memang tidak ada di komputer Anda, install Rsync dengan menjalankan perintah di bawah ini:apt-get install rsync

Perintah tersebut diperuntukkan perangkat Debian dan Ubuntu. Apabila komputer Anda menggunakan Fedora atau CentOS gunakan perintah berikut:yum install rsync

Setelah instalasi, Anda juga dapat menjalankan perintah cek versi sebelumnya. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa Rsync benar-benar sudah terpasang.

Cara Menggunakan Rsync
Operasi Rsync terdiri dari beberapa perintah. Masing-masing dilakukan dengan sebuah opsi, seperti:
-r — mensinkronkan file dan folder.
-a — mensinkronkan file dan folder dan menyimpan informasi-informasinya.
-delete — menghapus file dan folder di perangkat tujuan yang sudah tidak ada di perangkat asal.
-z — mengkompres file dan folder.

Agar tidak rumit, kami akan mencontohkannya dengan dua perangkat yang dinamai Original dan Duplicate.
Perangkat Original memiliki beberapa file di dalamnya, sedangkan Duplicate masih kosong.
Menyalin File
Jika ingin menyalin semua file ke perangkat Duplicate, Anda tinggal menjalankan perintah berikut:rsync original/* duplicate/

Tanda asterisk (*) pada perintah itu digunakan untuk mengisyaratkan bahwa semua file dalam direktori di perangkat Original akan di-copy.

Namun, perlu diingat bahwa perintah di atas tidak akan menyinkronkan subdirektori atau folder yang ada dalam perangkat Original ke perangkat Duplicate.
Di samping itu, perintah tadi hanya berlaku sekali. Jika ada file baru di perangkat Original, Anda perlu menjalankannya lagi dan hanya file tersebut yang akan disalin di perangkat Duplicate.

Oleh karena itu, Rsync command ini sangat bermanfaat jika perangkat atau server Linux Anda memiliki bandwidth yang sangat terbatas.

Menyalin Subdirektori (Folder)
Berhubung perintah tadi hanya akan meng-copy semua file di direktori perangkat Original, Anda tidak dapat sekaligus menyinkronkan subdirektori atau folder. Untuk mengatasi kelemahan tersebut, Anda dapat menggunakan perintah ini:rsync -r original/ duplicate/

Bedanya, di perintah tersebut tidak ada tanda asterisk, tetapi ada opsi -r. Opsi tersebut memerintahkan perangkat untuk meng-copy subdirektori atau folder dari satu perangkat ke yang lain.
File dan Folder dari Perangkat Tujuan
Kedua perintah di atas berguna untuk meng-copy file atau folder dari perangkat asal ke perangkat tujuan.

Namun, Anda juga dapat melakukan sebaliknya dengan perintah berikut:rsync -r original duplicate/
Intinya, Anda tinggal menghilangkan tanda / setelah nama perangkat asalnya.

Menggunakan Rsync dalam Mode Archive
Perlu diketahui bahwa file dan folder yang disinkronisasi dengan ketiga perintah di atas tidak disertai dengan permission dan informasi lainnya, seperti waktu dan tanggal pembuatan file.

Jika Anda ingin agar file dan folder yang disalin memiliki informasi yang sama dengan aslinya, Anda perlu menggunakan mode archive. Mode ini diwakili oleh opsi -a. Contohnya seperti demikian:rsync -av original/ duplicate/

Pada perintah di atas, opsi -a juga dapat disertai opsi -v atau verbose yang berfungsi untuk menunjukkan proses sinkronisasi. Tentunya ini sangat membantu jika file yang disalin berjumlah banyak dan Anda ingin mengetahui kemajuannya.

Menghapus File
Ketika Anda ingin mensinkronkan dua perangkat atau lebih, mungkin ada file atau folder dalam perangkat asal yang sudah dihapus karena tidak dibutuhkan lagi. Namun, salinan file atau folder tersebut masih terdapat di perangkat lainnya.

Tentunya Anda ingin bisa menghapusnya, bukan? Untungnya, Rsync memiliki opsi -delete yang memudahkan Anda untuk melakukannya.
Penggunaan opsi tersebut seperti pada perintah di bawah ini:rsync -av --delete original/ duplicate/

Dengan tambahan opsi -delete, perintah itu memungkinkan Anda untuk mensinkronkan file sembari menghapus file atau folder yang sudah tidak ada di perangkat asal.

Mengkompres File
Rsync juga memiliki kemampuan untuk mengkompres file atau folder dalam proses sinkronisasi. Fitur ini diwakili dengan opsi -z. Dengan menggunakannya, proses sinkronisasi dapat dipercepat dengan ukuran file yang lebih kecil.
Contoh perintahnya seperti berikut:rsync -za original/ duplicate/

Pada perintah tersebut, file atau folder yang disalin ke perangkat tujuan akan di-archive dan dikompres.
Sinkronisasi File dan Folder Anda dengan Rsync
Fitur Rsync yang tersedia di sistem berbasis Linux memungkinkan Anda untuk menyalin file dari satu perangkat ke perangkat lain tanpa perlu menggunakan kabel atau perangkat lunak lain.

Di samping itu, fungsi Rsync juga dapat diperluas dengan opsi-opsi yang didukungnya, seperti:
  • Mensinkronkan file dan folder.
  • Mensinkronkan file dan folder dan menyimpan informasi-informasinya.
  • Menghapus file dan folder di perangkat tujuan yang sudah tidak ada di perangkat asal.
  • Mengkompres file dan folder.
Read »

Panduan Memulai Bisnis Jasa Pembuatan Website

Kemampuan pemrograman yang baik memang akan berbicara banyak untuk menekuni bisnis jasa pembuatan website. Namun, apakah itu cukup?
Kenyataannya, membuka jasa pembuatan website yang sukses tidak semudah membalikkan telapak tangan. Ada berbagai hal yang perlu Anda siapkan termasuk penerapan strategi bisnis yang jitu.

Jika hal tersebut terpenuhi, meraih kesuksesan bukanlah hal sulit.
Ketika memulai sebuah bisnis, persiapan yang matang akan memberikan berbagai keuntungan. Pertama, mampu membuat produk yang dapat menjamin kepuasan pelanggan. Kedua, mampu menghadapi persaingan usaha dengan baik.

1. Ciptakan Brand
Brand adalah nama bisnis yang membedakan Anda dari kompetitor. Brand ini pula yang akan selalu diingat oleh konsumen. 
Peran branding sangat penting. Dengan branding, bisnis Anda bisa dikenal dengan mudah karena adanya identitas yang unik. Produk jasa Anda pun bisa dipasarkan dengan lebih baik. 

Selain itu, bisnis yang memiliki brand akan terlihat lebih profesional. Hal ini penting untuk dapat meningkatkan kepercayaan konsumen. 
Pernahkah Anda melihat sebuah bisnis yang mampu tumbuh besar tanpa memiliki dan membangun brand mereka? Tentu tidak, kan? Itulah pentingnya branding.

Sebagai langkah awal, upaya branding Anda tidak perlu terlalu rumit. Cukup pastikan bahwa brand tersebut sudah mencakup tiga hal penting: visi misi bisnis yang dibangun, sasaran konsumen, dan unique selling points.

2. Buat Website Company Profile
Tentu sedikit aneh jika Anda membangun sebuah bisnis jasa pembuatan website tanpa memiliki website sendiri, bukan? 
Membuat website company profile di awal membangun bisnis bisa jadi faktor kunci kesuksesan Anda. Baik Anda memulainya sebagai seorang freelance web developer atau pebisnis yang terjun penuh ke jenis usaha ini. 

Anda bisa menggunakan website company profile tersebut sebagai sarana utama membangun reputasi online. Buatlah website yang unik dan menunjukkan brand Anda. Anda bisa menggunakan berbagai nama domain yang sesuai atau Anda bisa mencoba ekstensi domain baru seperti .ONLINE hingga .TECH. 

Sebuah website company profile umumnya akan memuat informasi sebagai berikut:
Halaman Utama yang menjelaskan nama dan informasi singkat perusahaan Anda
Portofolio yang akan menampilkan semua karya terbaik Anda di bidang web development.
Kontak yang menunjukkan alamat dan informasi kontak Anda agar mudah dihubungi 
Our Team jika bisnis Anda melibatkan banyak orang berkompeten yang menjanjikan hasil maksimal. 

Tampilkan semua informasi di atas dengan lengkap namun singkat. 
Terutama di bagian halaman karya, pastikan hanya karya terbaik yang ditampilkan. Karya terbaik bisa berupa contoh website dengan kualitas prima yang pernah Anda buat atau website yang digunakan oleh klien yang memiliki nama besar atau terkenal. 
Langkah ini akan menunjukkan bahwa Anda adalah seorang web developer yang kredibel.

3. Buat Akun Media Sosial
Untuk keperluan bisnis, buatlah akun media sosial khusus. Sebab, akun tersebutlah yang nantinya akan menjadi sarana promosi brand Anda. Penggunaan akun pribadi terkesan kurang profesional. 
Karena banyaknya pilihan media sosial, tentukanlah platform mana yang sebaiknya Anda gunakan berdasarkan calon konsumen yang ingin didapatkan. 

Di Indonesia, Facebook merupakan media sosial yang terpopuler sehingga bisa menjadi sarana menjangkau lebih banyak orang. Di sisi lain, LinkedIn lebih cocok untuk membangun koneksi secara profesional. 
Anda bisa saja menggunakan beberapa platform media sosial untuk mendukung strategi bisnis yang berbeda.

4. Cetak Kartu Nama Bisnis
Masihkah kartu nama bisnis diperlukan? Tentu masih. Sebab, calon klien atau rekan bisnis Anda pasti tidak hanya berasal dari aktivitas online saja.
Contohnya, Anda bisa bertemu calon klien atau rekan bisnis pada saat datang ke event seminar bisnis atau pameran teknologi. Jika memiliki kartu nama, Anda cukup memberikannya dalam upaya membangun networking atau mempromosikan bisnis jasa pembuatan website Anda. 

Jadi, menyiapkan kartu nama bisnis tidak boleh dilupakan. 
Namun, satu hal yang penting, pastikan Anda menuliskan email bisnis Anda di kartu nama bisnis tersebut. Hal ini akan jauh menunjukkan kesan profesional. 
Maka, alih-alih menggunakan email bikinwebsite@gmail.com, sebagai contoh, akan lebih baik menggunakan admin@bikinwebsite.com. 

5. Menentukan Target Pasar
Seperti bisnis pada umumnya, menentukan target pasar adalah langkah penting untuk membantu Anda lebih fokus dalam pemasaran produk dan upaya pengembangan usaha. 
Pasar bagi jasa pembuatan website cukup luas. Mulai dari pribadi, perusahaan, hingga instansi pemerintah. Cakupan pasarnya pun bisa nasional dan internasional. Jadi, tanpa memilih target pasar, Anda akan kesulitan menentukan strategi bisnisnya. 

Salah satu cara yang cukup efektif dalam menentukan target pasar adalah membuat buyer persona. Buyer persona adalah sosok imajiner klien Anda yang berisi informasi tentang nama, faktor demografi, kebutuhan teknis, hingga daya beli mereka. 

6. Memilih Jenis Jasa
Jenis jasa yang Anda tawarkan dipengaruhi oleh skill dan strategi bisnis yang akan diterapkan. 
Ada beberapa pilihan. Pertama, menawarkan jasa pembuatan website dengan coding manual dari nol. Kedua, menjadi WordPress developer yang fokus membantu klien membangun website dengan platform WordPress. 

Tidak hanya itu, Anda bisa menawarkan jasa desain website saja. Atau, menawarkan jasa yang bersifat all-in, hingga website tersebut online. Yang terakhir adalah jenis yang paling banyak diminati oleh konsumen. 

Jika bersifat all-in, Anda akan memerlukan layanan hosting yang aman dan cepat untuk menjamin reputasi bisnis Anda dan kepuasan klien Anda. Terutama untuk memastikan bahwa website dapat selalu diakses 24 jam penuh. (Kita akan bahas lebih lanjut perihal hosting di bagian Pengembangan Bisnis) 
Sebagai tambahan, Anda bisa memberikan support untuk masing-masing klien Anda dalam kurun waktu tertentu. 

7. Menetapkan Harga
Faktor harga tak kalah penting dalam memulai bisnis jasa pembuatan website. Jika terlalu mahal, tidak akan mampu bersaing dengan kompetitor. Jika terlalu murah, kurang dapat memberikan penghasilan yang baik.
Anda bisa melakukan riset harga yang ditawarkan kompetitor sekaligus mempelajari daya beli konsumen untuk jasa pembuatan website. Platform freelance seperti Sribulancer atau Fiverr bisa menjadi tempat yang ideal untuk melakukan kedua riset tersebut bersamaan. 

Cara Mendapatkan Klien untuk Bisnis Jasa Pembuatan Website Anda
Mendapatkan klien pertama adalah tahapan yang juga menentukan dalam memulai bisnis jasa pembuatan website. 
Umumnya, waktu yang dibutuhkan dalam hitungan minggu atau bulan. Bahkan, jika menggunakan cara yang tepat, bisa saja akan berhasil lebih cepat. 

Mari pelajari caranya satu per satu. 
1. Optimalkan Website Anda
Seseorang yang mencari jasa pembuatan website, tentu akan menilai kualitas website Anda terlebih dahulu. Mereka mungkin akan menggunakan jasa Anda jika website tersebut cukup menarik. 
Jadi, optimasi website Anda sangatlah penting. Maka, lakukanlah sedini mungkin. 
Tidak hanya dari sisi desain, fungsionalitas website tersebut haruslah baik. Bila perlu, Anda bisa menyematkan fitur dan teknologi terbaru untuk membangun kesan yang baik. 

Jangan lupa untuk memastikan website tersebut mobile-friendly agar tetap menarik saat diakses dari berbagai perangkat dengan ukuran layar yang berbeda. 
Yang tidak kalah penting, siapkan landing page yang mampu menjelaskan produk jasa Anda dengan baik. Landing page inilah yang akan menentukan apakah pengunjung akhirnya jadi menggunakan jasa Anda. 

Selain itu, Anda juga bisa menyematkan blog di dalam website tersebut dan menciptakan konten yang mampu menarik pengunjung.

2. Promosi di Media Sosial
Salah satu kekuatan dari media sosial adalah kemampuan berbagi konten dengan mudah dan cepat. Manfaatkanlah kekuatan tersebut untuk membantu upaya promosi jasa pembuatan website Anda. 

Hal ini bisa dilakukan dengan beberapa cara:
  • Posting informasi tentang dunia web development atau keahlian Anda.
  • Bergabung ke Facebook group untuk membangun network.
  • Mempromosikan konten yang berasal dari blog Anda.
Jika Anda aktif melakukan ini, bukan tidak mungkin ada calon klien yang tertarik menggunakan jasa Anda. 

3. Bergabung ke Platform Freelance
Mendapatkan klien melalui platform freelance bisa jadi ide bagus. Terutama di awal mula membangun bisnis jasa pembuatan website. 

Freelancing bukan lagi hal baru. Di Indonesia, sudah banyak situs freelance bagi para pekerja lepas untuk mendapatkan proyek pekerjaan secara online. Contohnya adalah Sribu dan UpWork.
Pada umumnya, calon klien yang membutuhkan jasa pembuatan website akan mempostingnya di berbagai platform. Biasanya, akan ditentukan detail pekerjaan, lama pengerjaan, dan anggaran yang disediakan. 

Jangan ragu untuk ikut ambil bagian dalam bid (menawarkan jasa Anda). Bisa saja pendapatannya belum terlalu besar pada proyek tertentu. Namun, setidaknya Anda sudah bisa mendapatkan klien pertama Anda dan meninggalkan kesan yang baik dengan memberikan kualitas pekerjaan terbaik.

4. Memberikan Kursus Online
Memberikan kursus online secara gratis mungkin belum banyak dilakukan sebagai sebuah strategi untuk memulai usaha. Namun, jangan dipandang sebelah mata. Terutama bagi Anda yang memiliki target klien dari luar negeri. 

Anda bisa bergabung dengan kursus online seperti SkillCrush, Coursera dan Udemy. Dengan kemampuan bahasa Inggris Anda, menjadi pengajar course web development atau bahasa pemrograman bisa menjadi strategi bisnis yang unik. 

Selain berbagi pengetahuan yang memberikan value kepada orang lain, beberapa platform memperbolehkan Anda membagikan link. Jadi, bisa dimanfaatkan untuk memperkenalkan bisnis jasa pembuatan website Anda. 
Cara ini sekaligus bisa menjadi upaya membangun branding. Sebab, orang akan percaya dengan bisnis jasa pembuatan website Anda. 

5. Melakukan Outreach
Outreach adalah upaya mengirimkan email berisi penawaran jasa Anda kepada target klien. Upaya ini mirip dengan teknik sebar brosur. 

Outreach bisa menjadi cara mendapatkan klien yang efektif apabila Anda memilih dengan tepat tujuan pengiriman email Anda. Utamakan calon klien yang paling potensial. Cirinya, mereka pernah menyatakan tertarik dengan bisnis Anda dengan mendownload ebook, mengunjungi blog dan lainnya. 
Daftar email dari calon klien tersebut bisa Anda dapatkan dari subscriber blog, media sosial, dan channel kursus online Anda. 

Mengelola Bisnis Jasa Pembuatan Website
Tidak perlu menunggu bisnis Anda menjadi besar baru melakukan pengelolaan bisnis. Lakukanlah sejak awal untuk menjamin kelancaran usaha sekaligus menjaga kualitas pekerjaan Anda. 

Inilah beberapa hal yang perlu Anda lakukan:
1. Gunakan Kontrak Kerja
Menggunakan kontrak kerja di masing-masing proyek adalah hal yang penting. 
Kontrak kerja bisa membantu Anda menyelesaikan pekerjaan lebih baik. Baik dari ketepatan penyelesaian pekerjaan dan kualitas pekerjaan yang diinginkan. 

Kontrak kerja juga berfungsi mencegah adanya perselisihan akibat kesalahpahaman. 
Terutama, jika menangani proyek dari perusahaan maupun instansi pemerintah, kontrak kerja harus disiapkan. Sebab, ada pertanggungjawaban organisasi yang wajib dilakukan. Kesalahan dalam melakukan pekerjaan tersebut bisa saja berimplikasi hukum.

Jika kontrak tersebut bukan berasal dari Anda, pastikan Anda membaca dengan baik tiap pasal yang disebutkan. Apabila ada yang tidak sesuai, diskusikanlah di awal penawaran atau sebelum Anda melanjutkan ke proses pengerjaan. 

Di sisi lain, untuk klien personal, kontrak kerja relatif lebih sederhana. Anda cukup menggunakan syarat dan ketentuan penggunaan jasa. Sifatnya seperti perjanjian kerjasama. 

Di dalam syarat dan ketentuan, Anda bisa menuliskan secara spesifik apa yang termasuk dalam pekerjaan Anda. Biasanya, informasi ini ditampilkan pada halaman harga jasa. Misalnya, berapa banyak halaman yang Anda buat, revisi yang akan dilakukan, dan lainnya. 

2. Atur Administrasi
Setiap proyek memiliki ketentuan yang berbeda. Baik dari sisi harga, metode pembayaran, fitur yang diminta, penyelesaian pekerjaan, dan lainnya. Tanpa pengaturan administrasi yang baik, pekerjaan Anda bisa terganggu. 
Jika Anda masih melakukannya sendiri di awal bisnis, gunakanlah berbagai tools yang bisa membantu Anda. 
Sebagai contoh, untuk mengatur klien Anda, gunakanlah aplikasi customer relationship management. 

Anda bisa mencatat data pribadi klien Anda dan order yang pernah dilakukan. Hal ini akan memudahkan saat klien ingin menggunakan jasa Anda kembali untuk melakukan update. Jadi, Anda tak perlu menanyakan semua hal dari awal

Selain itu, gunakan aplikasi accounting untuk mengatur perihal pembayaran. 
Menggunakan cara pencatatan manual dengan spreadsheet seperti Ms Excel bisa saja dilakukan. Namun, menggunakan aplikasi gratis seperti Zoho Books yang bisa mengatur otomasi untuk pengiriman invoice dan mencatat workflow tentu akan lebih memudahkan pekerjaan Anda. Selain itu, ada fitur tracking yang bisa membantu Anda mengelola tiap proyek. 

4 Tips Mengembangkan Bisnis Jasa Pembuatan Website
Jika berhasil mengelola tiap proyek dengan baik, bukan tidak mungkin klien Anda akan terus bertambah. Nah, itulah saat yang tepat untuk memikirkan upaya pengembangan bisnis. 

Pengembangan bisnis bertujuan untuk lebih meningkatkan pendapatan, melayani konsumen dengan lebih baik, dan membangun reputasi brand menjadi lebih baik. 
1. Upselling
Up selling adalah sebuah strategi bisnis untuk menjual produk dengan memberikan nilai manfaat lebih kepada konsumen. Up selling umumnya dilakukan dengan menawarkan produk dengan fitur tambahan.

Sebagai contoh, Anda bisa menawarkan fitur personalisasi dengan harga yang sedikit lebih mahal. Dengan fitur personalisasi, klien bisa lebih leluasa melakukan perubahan pada tampilan website mereka.
Fokus dari strategi ini utamanya adalah kepuasan konsumen. Namun, potensi peningkatan pendapatannya cukup besar. Sebab, tak jarang konsumen rela mengeluarkan biaya lebih untuk mendapatkan tambahan fitur yang menarik dan eksklusif. 

2. Membangun Partnership
Mengembangkan bisnis dengan menggandeng pihak ketiga adalah hal yang lazim. Tapi, siapakah partner yang tepat untuk bisnis jasa pembuatan website? 

Secara umum, pihak tersebut harus mampu mendukung bisnis Anda sekaligus meningkatkan revenue. Dalam bisnis jasa pembuatan website, bekerja sama dengan perusahaan hosting dan menjadi reseller hosting adalah pilihan tepat. 

Berikut ini beberapa alasannya:
  • mendapatkan keuntungan dari penjualan hosting
  • membuat bisnis tampil beda dari kompetitor
  • menambah kredibilitas bisnis dengan lebih banyak layanan yang dimiliki
Di Indonesia, salah satu platform terbaik untuk menjadi reseller hosting adalah Niagahoster Partner. Inilah beberapa keistimewaannya:
Tanpa Modal. Platform ini memungkinkan Anda merambah bisnis reseller hosting dengan modal Rp0 .
White Label. Anda tetap bisa menggunakan brand bisnis Anda seolah memiliki layanan hosting tersebut sendiri. Jadi, akan lebih baik bagi reputasi bisnis Anda.
Bisa Menentukan Harga Sendiri. Tak ada batasan dalam menentukan harga. Anda bisa memberi nama paket hosting dan menentukan harganya sendiri sesuai yang Anda mau. 
Kemudahan Pengelolaan Klien. Tak perlu repot memikirkan sistem yang akan digunakan. Dengan adanya manajemen user yang terintegrasi akan semakin mudah bagi Anda mengelola semua klien dengan satu login, mengelola hosting dan domain, dan mengatur email untuk pelanggan secara otomatis.

Sudah banyak contoh sukses dari bisnis reseller hosting. Salah satunya adalah Hajon Mahdy Mahmudin, CEO dari Hotama Web Agency. 
Mendaftar sebagai reseller hosting terbukti mampu membantunya meraih kesuksesan meskipun sempat mengalami kendala bisnis. Faktanya, Hotama mengaku mendapatkan 40% keuntungan dari order perpanjangan hosting. 

3. Membangun Tim
Anda tak mungkin mengembangkan bisnis seorang diri. Pun jika Anda mengawalinya sebagai seorang freelancer. Apalagi, jika Anda terjun ke bisnis jasa pembuatan website secara penuh. Membangun tim yang kompeten dan mampu bekerja sama dengan baik sangat penting. 

Saat proyek pekerjaan sudah semakin banyak, Anda perlu merekrut beberapa orang untuk membantu pekerjaan Anda. Tujuannya, untuk memastikan pekerjaan bisa selesai tepat waktu. 

Bisnis jasa pembuatan website Anda juga harus dikelola dengan baik dari sisi administrasi, pembayaran, dan lainnya. Selain itu, diperlukan juga Account Executive yang akan bersentuhan langsung dengan konsumen dan memastikan hasil pekerjaan sesuai harapan.

Dengan tim yang mampu bekerja dengan baik, Anda tak perlu khawatir menerima banyak order. Sebab Anda bisa memastikan semua pekerjaan bisa diselesaikan dengan baik dengan standar kualitas yang terjaga. n.

4. Menambah Jangkauan Pasar
Persiapan yang Anda lakukan meliputi penentuan target pasar yang tepat. Namun, seiring berkembangnya bisnis, peluang untuk melebarkan sayap bisnis kian besar. 

Jika sebelumnya Anda mengandalkan upaya posting di blog, website dan media sosial, saatnya Anda untuk berinvestasi melalui iklan. Tujuannya, untuk menjangkau audiens yang lebih luas.
Sebagian Anda mungkin beranggapan bahwa iklan hanya akan menambah pengeluaran yang membuat keuntungan menurun. Hal tersebut tidaklah benar. 

Pada prakteknya, sebuah strategi iklan yang efektif bisa saja menghasilkan ROAS (Return of Ads Spend) yang positif. Tidak hanya balik modal, malah lebih untung. 

Setidaknya ada lima jenis iklan yang sering digunakan untuk mengembangkan bisnis yaitu:
Paid Search. Beriklan di mesin pencari akan membuat website bisnis Anda tampil di bagian atas mesin pencarian. Cara ini berpotensi meningkatkan penjualan karena faktanya 63% pembelian produk berasal dari pencarian online. 
Paid Social. Sesuai namanya, paid social adalah memanfaatkan platform media sosial untuk beriklan. Diantara yang paling populer adalah Facebook Ads dan Instagram Ads.
Email Marketing. Kekuatan email untuk mempromosikan produk dikatakan 40% lebih efektif dibandingkan media sosial menurut data McKinsey. Artinya, email marketing masih bisa diandalkan untuk mempromosikan produk Anda. 
Remarketing. Jika iklan Anda menyasar orang yang tertarik kepada produk Anda, tentu peluang berhasilnya lebih besar, bukan? Namun, Anda tentu tidak menyangka bahwa tingkat conversion rate-nya bisa mencapai 161%! Wow!
Video Marketing. 54% orang lebih menginginkan konten dalam bentuk video dibandingkan konten lain seperti artikel. Jadi, jangan lupakan upaya beriklan menggunakan video untuk meraih audiens yang lebih luas. 

Semua jenis iklan di atas bisa Anda gunakan secara bersamaan. Namun, apabila dari sisi budget belum memungkinkan, Anda bisa memilih yang paling efektif menurut strategi bisnis Anda. Paid search dan paid social merupakan yang paling direkomendasikan.

Penutup
Kami baru saja memberikan panduan bisnis jasa pembuatan website dengan lengkap. Tentu, Anda semakin yakin untuk memulai bisnis Anda sendiri, bukan?
Anda menjadi paham bahwa untuk memulai bisnis ini tak perlu melakukan semua langkah sekaligus. Anda bisa membaginya dalam beberapa tahap. Untuk persiapan, Anda bisa membuat brand, membangun website portofolio, hingga menentukan target pasar dan tarif.

Kemudian, Anda bisa melakukan pengelolaan dengan menyiapkan kontrak dan mengatur administrasi. Jika pekerjaan selesai tepat waktu dan hasilnya baik, klien tentu akan senang. 

Langkah terpenting dari bisnis jasa pembuatan website adalah pengembangan bisnis untuk meraih keuntungan optimal. Diantara beberapa hal, memilih partner yang dapat diandalkan sangat penting. Apalagi jika kerjasama dengan partner Anda membuat produk Anda lebih baik lagi.
Read »

Teknik Kompresi untuk Website Lebih Cepat

Selalu ada cara membuat website Anda lebih cepat supaya pengunjung tidak menunggu lama. Salah satunya, dengan melakukan kompresi data agar komunikasi data lebih efisien.

Apa itu Brotli?
Brotli adalah algoritma kompresi yang dikembangkan oleh dua teknisi dari Google. Brotli sengaja diciptakan untuk membuat halaman website bisa diakses lebih cepat. 

Dengan teknik kompresi ini, file data menjadi berukuran lebih kecil sehingga menghemat penggunaan data saat komunikasi data terjadi. Kondisi tersebut juga membuat proses transfer data bisa berjalan lebih baik. 
Jika akses ke halaman website bisa lebih cepat, pengunjung website Anda tidak perlu menunggu terlalu lama sehingga kenyamanan bisa ditingkatkan. 

Pada awalnya, Brotli dibuat untuk melakukan kompresi web font secara offline di tahun 2013. Kemudian, di tahun 2015, Google mengembangkannya sebagai teknik kompresi data secara umum (generic purpose) dan bersifat open source. 

Secara teknis, Brotli menggunakan kombinasi dari algoritma LZ77, Huffman coding, dan 2nd order context modeling. Kombinasi ini memungkinkan Brotli membuat backreferences dengan sliding window (bukan fixed window ala Gzip). Hasilnya, upaya kompresi file besar pun dapat berjalan dengan lebih baik dengan peningkatan hingga 25%! 

Google menyebut Brotli sebagai format data baru yang mampu mengalahkan algoritma Zopfli hingga 26%. Tidak hanya lebih baik, Brotli mampu melakukannya dalam waktu yang lebih singkat. 

Saat ini sudah banyak browser dan server yang mendukung Brotli karena performa andal yang mampu dihadirkannya. Diantaranya Mozilla Firefox, Google Chrome, Safari untuk penggunaan di desktop dan Opera Mini untuk pengguna mobile. 
Cara Kerja Brotli

Bagaimanakah Brotli melakukan kompresi pada file dengan efektif? Mari pelajari cara kerja Brotli secara singkat. 

Seperti halnya kegiatan browsing yang biasa dilakukan, pada saat pengguna mengetikan sebuah alamat website, pada dasarnya pengguna meminta akses ke server website tersebut. 
Jika browser sudah mendukung kompresi Brotli, browser akan menginformasikan jenis konten yang bisa di-decompress menggunakan header Accept Encoding kepada server tersebut.
Server akan menentukan jenis kompresi konten yang akan dikirimkan dengan algoritma kompresi yang diminta, dalam hal ini Brotli. 
Tahapan tersebut diikuti oleh proses pengiriman data menggunakan header Content-Encoding ke browser, tentu saja dengan teknik kompresi Brotli.
Browser akan menampilkan konten yang diminta oleh pengguna dengan terlebih dahulu melakukan decompress data. 

Meskipun harus melalui empat langkah, proses ini berjalan hanya dalam sekejap. Bahkan, pengunjung Anda tidak akan menyadarinya sebab halaman yang diminta akan langsung ditampilkan tanpa harus menunggu lama. 

3 Kelebihan Brotli
Secara umum, semua teknik kompresi bertujuan untuk membuat akses ke website menjadi lebih cepat. Dengan proses transfer data yang efisien, proses loading halaman tak akan memakan waktu lama. 
Namun, apa yang membuat Brotli istimewa dibandingkan algoritma kompresi yang sudah ada?

1. File Kompresi Lebih Kecil (Brotli vs Gzip)
Berbicara algoritma kompresi, Gzip lebih dulu digunakan dan mampu menawarkan performa kompresi yang tidak tertandingi. Tapi, itu sebelum adanya Brotli. 

Dari sebuah tes, Brotli memberikan hasil kompresi lebih kecil dibandingkan Gzip. Seberapa kecil? Hasil kompresi lebih kecil ditunjukkan pada JavaScript (14%), HTML (21%) dan CSS (17%). 

Lebih jauh, pengujian lain dilakukan untuk mengetahui performa Brotli vs Gzip pada platform WordPress. Inilah hasilnya dalam bentuk tabel:
Parameter Brotli Gzip
Hasil Kompresi (KB) 81.7 KB 84.7 KB

Hasil tersebut tentu sangat signifikan mengingat banyak website saat ini memiliki file seperti JavaScript yang berukuran cukup besar. Jadi, tanpa optimasi ini, loading website bisa lama dan menjadi masalah.

Mungkin sebelumnya, Anda sudah familiar dengan mempercepat website lewat Minify CSS, HTML dan JavaScript. Nah, dengan menggunakan Brotli, upaya optimasi website Anda tentu akan lebih optimal.

2. Waktu Kompresi Lebih Singkat 
Selain hasil kompresi, waktu kompresi yang lebih singkat menjadi faktor yang penting dari penggunaan Brotli. 
Berdasarkan sebuah pengujianan, Brotli terbukti dapat melakukan proses kompresi dengan lebih cepat dibandingkan beberapa algoritma kompresi lain

Bahkan tes yang dilakukan SitePoint di platform WordPress menunjukkan kompresi Brotli lebih unggul daripada Gzip. Hasilnya seperti tabel berikut:
Parameter Brotli Gzip
Kecepatan 690ms 780ms

Jika Anda mendapatkan hasil sebaliknya, lakukan pengecekan pada setting level of compression Anda. 
Secara default, Brotli mengatur tingkat kompresi di level 11 (paling baik) sehingga membutuhkan waktu lebih banyak. Sesuaikan level kompresi ini untuk hasil yang sesuai keinginan. 

3. Mendukung Berbagai Browser
Saat ini, hampir semua browser mendukung algoritma kompresi Brotli. Mulai dari browser untuk desktop seperti Firefox dan Chrome hingga browser untuk platform mobile seperti Opera Mini.

 

Untuk memastikan apakah browser yang Anda gunakan sudah mendukung kompresi Brotli, Anda bisa melakukan pengecekan. Kami akan menjelaskannya lebih lengkap di bagian Cara Mengecek Brotli. 
Apa Manfaatnya Bagi Website Anda?

Kemampuan kompresi yang baik dari Brotli akan mendukung performa website Anda. 
File yang melewati proses kompresi akan menjadi lebih kecil. Jadi, akan menghemat banyak bandwidth saat komunikasi data dilakukan. Nah, bandwidth yang kecil akan membuat website mampu loading lebih cepat. 

Kenapa kecepatan website itu penting?
Karena pelanggan Anda tak mau menunggu lama. Menurut survey, pengunjung hanya bersedia menunggu selama 3 detik sebelum beralih ke website lain. 

Tidak hanya itu, website yang lambat hanya akan menyebabkan Anda kehilangan kesempatan menjual produk lebih banyak. Menurut sebuah data, delay loading selama 1 detik bisa menurunkan conversation rate hingga 7%!
Nah, dengan penggunaan Brotli, semua dampak negatif di atas bisa Anda hindari.

Cara Mengecek Brotli
Cukup mudah untuk mengecek dukungan Brotli dari sebuah browser. Di contoh ini kami akan menggunakan Firefox.
Langkah pertama, Anda bisa masuk ke menu Settings di sebelah kanan atas, lalu pilih Web Developer. 

Kemudian, Anda bisa masuk ke menu Network. 
Di bagian Network, Anda akan menemukan Accept Encoding di bagian Request Header. Jika sudah mencakup br, artinya sudah mendukung Brotli.


Selain browser, server yang dituju juga harus mendukung kompresi menggunakan Brotli. Jadi, pastikan layanan hosting Anda menggunakan server yang mendukung Brotli. 
Salah satu server yang mendukung Brotli secara default adalah LiteSpeed Server. 

Pengguna Niagahoster dapat menikmati semua kelebihan dari Brotli, karena paket hosting Niagahoster sudah menggunakan server LiteSpeed dengan Brotli Enabled. Artinya, kecepatan akses website Anda akan lebih terjamin. 
Untuk membuktikan dukungan dari Brotli di website Anda, silakan masukkan URL dari website Anda ke tool Brotli Test dari KeyCDN.

Jika hasil di kolom hijau menunjukkan “Brotli compression is supported”, maka artinya kompresi Brotli bisa berjalan dengan baik.
Jika ingin melakukan pengecekan dari browser, Anda bisa masuk ke bagian Network pada menu Developer. Persis seperti cara di atas ketika menggunakan Firefox. 

Bedanya, Anda bisa mencari Content-Encoding pada bagian Response Header. Jika tertulis br, berarti sudah mendukung Brotli dengan baik.


Penutup
Sebuah teknologi baru harus mampu memberikan kemudahan yang meningkatkan kenyamanan pengguna ketika beraktivitas online. Algoritma kompresi Brotli adalah salah satu yang menjalankan perannya dengan baik. 
Dengan Brotli, proses loading website bisa berjalan lebih cepat sehingga tak membuat pengunjung menunggu lama. 
Agar dapat bekerja dengan baik, Brotli harus didukung baik oleh browser yang Anda gunakan maupun server bagi website Anda.

Read »

Copyright © Sphinx-Computer, Visit Me: Disclaimer | Privacy Policy | Terms and Conditions | Contact Us | About Us

Designed by