Latest Releases

Wednesday 7 October 2020

Sinkronisasi File di Linux dengan Command Rsync

Meng-copy file satu per satu dari satu disk penyimpanan ke yang lain tentunya melelahkan. Selain memakan waktu, Anda pasti kewalahan jika file-file yang ingin disalin tidak terkumpul dalam satu folder.

Kalau Anda memakai sistem operasi berbasis Linux, untungnya ada fitur Rsync (Remote Sync). Fitur ini memudahkan Anda untuk menyinkronkan file dan folder suatu perangkat ke satu atau lebih perangkat lain.

Seperti yang telah disebutkan di atas, Rsync adalah fitur pada sistem operasi berbasis Linux (seperti Ubuntu, Fedora, dan Debian) yang berfungsi untuk menyinkronkan file serta folder.

Rsync memungkinkan Anda untuk menyalin file dari satu komputer lokal ke remote server dan sebaliknya melalui koneksi SSH (Secure Shell).
Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkannya untuk meng-copy file ke flashdisk atau external hard drive.

Namun, Anda perlu mengingat bahwa Rsync memakan bandwidth. Karena, setiap file yang disalin akan melalui proses kompresi dan dekompresi.

Syntax dasar Rsync seperti berikut:rsync [optional modifiers] [destination]
Syntax tersebut memiliki tiga komponen yang dapat Anda tentukan:
Optional modifiers — aksi yang ingin Anda lakukan terhadap file atau folder. Ini dilakukan menggunakan beberapa opsi yang tersedia di Rsync. Kami akan membahasnya satu per satu nanti.
Source — direktori sumber file atau folder.
Destination — direktori yang ingin dituju.

Sebelum menggunakannya, sebaiknya Anda memeriksa versi Rsync yang ada pada perangkat Anda terlebih dahulu. Ini dilakukan untuk memastikan bahwa Anda menggunakan versi terbarunya. Caranya akan dijelaskan di bagian berikut ini.

Cara Memeriksa Versi Rsync
Untuk memeriksa versi Rsync pada perangkat Anda, silakan log in ke server VPS yang Anda gunakan. Kemudian, gunakan command berikut:rsync -version
Contoh output yang muncul:rsync version 3.1.2 protocol version 31
Output tersebut memberitahukan bahwa versi Rsync yang digunakan adalah 3.1.2.

Cara Install Rsync
Rsync umumnya telah terpasang sebagai fitur bawaan. Akan tetapi, bisa saja perangkat Anda belum memilikinya.
Jika memang tidak ada di komputer Anda, install Rsync dengan menjalankan perintah di bawah ini:apt-get install rsync

Perintah tersebut diperuntukkan perangkat Debian dan Ubuntu. Apabila komputer Anda menggunakan Fedora atau CentOS gunakan perintah berikut:yum install rsync

Setelah instalasi, Anda juga dapat menjalankan perintah cek versi sebelumnya. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa Rsync benar-benar sudah terpasang.

Cara Menggunakan Rsync
Operasi Rsync terdiri dari beberapa perintah. Masing-masing dilakukan dengan sebuah opsi, seperti:
-r — mensinkronkan file dan folder.
-a — mensinkronkan file dan folder dan menyimpan informasi-informasinya.
-delete — menghapus file dan folder di perangkat tujuan yang sudah tidak ada di perangkat asal.
-z — mengkompres file dan folder.

Agar tidak rumit, kami akan mencontohkannya dengan dua perangkat yang dinamai Original dan Duplicate.
Perangkat Original memiliki beberapa file di dalamnya, sedangkan Duplicate masih kosong.
Menyalin File
Jika ingin menyalin semua file ke perangkat Duplicate, Anda tinggal menjalankan perintah berikut:rsync original/* duplicate/

Tanda asterisk (*) pada perintah itu digunakan untuk mengisyaratkan bahwa semua file dalam direktori di perangkat Original akan di-copy.

Namun, perlu diingat bahwa perintah di atas tidak akan menyinkronkan subdirektori atau folder yang ada dalam perangkat Original ke perangkat Duplicate.
Di samping itu, perintah tadi hanya berlaku sekali. Jika ada file baru di perangkat Original, Anda perlu menjalankannya lagi dan hanya file tersebut yang akan disalin di perangkat Duplicate.

Oleh karena itu, Rsync command ini sangat bermanfaat jika perangkat atau server Linux Anda memiliki bandwidth yang sangat terbatas.

Menyalin Subdirektori (Folder)
Berhubung perintah tadi hanya akan meng-copy semua file di direktori perangkat Original, Anda tidak dapat sekaligus menyinkronkan subdirektori atau folder. Untuk mengatasi kelemahan tersebut, Anda dapat menggunakan perintah ini:rsync -r original/ duplicate/

Bedanya, di perintah tersebut tidak ada tanda asterisk, tetapi ada opsi -r. Opsi tersebut memerintahkan perangkat untuk meng-copy subdirektori atau folder dari satu perangkat ke yang lain.
File dan Folder dari Perangkat Tujuan
Kedua perintah di atas berguna untuk meng-copy file atau folder dari perangkat asal ke perangkat tujuan.

Namun, Anda juga dapat melakukan sebaliknya dengan perintah berikut:rsync -r original duplicate/
Intinya, Anda tinggal menghilangkan tanda / setelah nama perangkat asalnya.

Menggunakan Rsync dalam Mode Archive
Perlu diketahui bahwa file dan folder yang disinkronisasi dengan ketiga perintah di atas tidak disertai dengan permission dan informasi lainnya, seperti waktu dan tanggal pembuatan file.

Jika Anda ingin agar file dan folder yang disalin memiliki informasi yang sama dengan aslinya, Anda perlu menggunakan mode archive. Mode ini diwakili oleh opsi -a. Contohnya seperti demikian:rsync -av original/ duplicate/

Pada perintah di atas, opsi -a juga dapat disertai opsi -v atau verbose yang berfungsi untuk menunjukkan proses sinkronisasi. Tentunya ini sangat membantu jika file yang disalin berjumlah banyak dan Anda ingin mengetahui kemajuannya.

Menghapus File
Ketika Anda ingin mensinkronkan dua perangkat atau lebih, mungkin ada file atau folder dalam perangkat asal yang sudah dihapus karena tidak dibutuhkan lagi. Namun, salinan file atau folder tersebut masih terdapat di perangkat lainnya.

Tentunya Anda ingin bisa menghapusnya, bukan? Untungnya, Rsync memiliki opsi -delete yang memudahkan Anda untuk melakukannya.
Penggunaan opsi tersebut seperti pada perintah di bawah ini:rsync -av --delete original/ duplicate/

Dengan tambahan opsi -delete, perintah itu memungkinkan Anda untuk mensinkronkan file sembari menghapus file atau folder yang sudah tidak ada di perangkat asal.

Mengkompres File
Rsync juga memiliki kemampuan untuk mengkompres file atau folder dalam proses sinkronisasi. Fitur ini diwakili dengan opsi -z. Dengan menggunakannya, proses sinkronisasi dapat dipercepat dengan ukuran file yang lebih kecil.
Contoh perintahnya seperti berikut:rsync -za original/ duplicate/

Pada perintah tersebut, file atau folder yang disalin ke perangkat tujuan akan di-archive dan dikompres.
Sinkronisasi File dan Folder Anda dengan Rsync
Fitur Rsync yang tersedia di sistem berbasis Linux memungkinkan Anda untuk menyalin file dari satu perangkat ke perangkat lain tanpa perlu menggunakan kabel atau perangkat lunak lain.

Di samping itu, fungsi Rsync juga dapat diperluas dengan opsi-opsi yang didukungnya, seperti:
  • Mensinkronkan file dan folder.
  • Mensinkronkan file dan folder dan menyimpan informasi-informasinya.
  • Menghapus file dan folder di perangkat tujuan yang sudah tidak ada di perangkat asal.
  • Mengkompres file dan folder.
Read »

Panduan Memulai Bisnis Jasa Pembuatan Website

Kemampuan pemrograman yang baik memang akan berbicara banyak untuk menekuni bisnis jasa pembuatan website. Namun, apakah itu cukup?
Kenyataannya, membuka jasa pembuatan website yang sukses tidak semudah membalikkan telapak tangan. Ada berbagai hal yang perlu Anda siapkan termasuk penerapan strategi bisnis yang jitu.

Jika hal tersebut terpenuhi, meraih kesuksesan bukanlah hal sulit.
Ketika memulai sebuah bisnis, persiapan yang matang akan memberikan berbagai keuntungan. Pertama, mampu membuat produk yang dapat menjamin kepuasan pelanggan. Kedua, mampu menghadapi persaingan usaha dengan baik.

1. Ciptakan Brand
Brand adalah nama bisnis yang membedakan Anda dari kompetitor. Brand ini pula yang akan selalu diingat oleh konsumen. 
Peran branding sangat penting. Dengan branding, bisnis Anda bisa dikenal dengan mudah karena adanya identitas yang unik. Produk jasa Anda pun bisa dipasarkan dengan lebih baik. 

Selain itu, bisnis yang memiliki brand akan terlihat lebih profesional. Hal ini penting untuk dapat meningkatkan kepercayaan konsumen. 
Pernahkah Anda melihat sebuah bisnis yang mampu tumbuh besar tanpa memiliki dan membangun brand mereka? Tentu tidak, kan? Itulah pentingnya branding.

Sebagai langkah awal, upaya branding Anda tidak perlu terlalu rumit. Cukup pastikan bahwa brand tersebut sudah mencakup tiga hal penting: visi misi bisnis yang dibangun, sasaran konsumen, dan unique selling points.

2. Buat Website Company Profile
Tentu sedikit aneh jika Anda membangun sebuah bisnis jasa pembuatan website tanpa memiliki website sendiri, bukan? 
Membuat website company profile di awal membangun bisnis bisa jadi faktor kunci kesuksesan Anda. Baik Anda memulainya sebagai seorang freelance web developer atau pebisnis yang terjun penuh ke jenis usaha ini. 

Anda bisa menggunakan website company profile tersebut sebagai sarana utama membangun reputasi online. Buatlah website yang unik dan menunjukkan brand Anda. Anda bisa menggunakan berbagai nama domain yang sesuai atau Anda bisa mencoba ekstensi domain baru seperti .ONLINE hingga .TECH. 

Sebuah website company profile umumnya akan memuat informasi sebagai berikut:
Halaman Utama yang menjelaskan nama dan informasi singkat perusahaan Anda
Portofolio yang akan menampilkan semua karya terbaik Anda di bidang web development.
Kontak yang menunjukkan alamat dan informasi kontak Anda agar mudah dihubungi 
Our Team jika bisnis Anda melibatkan banyak orang berkompeten yang menjanjikan hasil maksimal. 

Tampilkan semua informasi di atas dengan lengkap namun singkat. 
Terutama di bagian halaman karya, pastikan hanya karya terbaik yang ditampilkan. Karya terbaik bisa berupa contoh website dengan kualitas prima yang pernah Anda buat atau website yang digunakan oleh klien yang memiliki nama besar atau terkenal. 
Langkah ini akan menunjukkan bahwa Anda adalah seorang web developer yang kredibel.

3. Buat Akun Media Sosial
Untuk keperluan bisnis, buatlah akun media sosial khusus. Sebab, akun tersebutlah yang nantinya akan menjadi sarana promosi brand Anda. Penggunaan akun pribadi terkesan kurang profesional. 
Karena banyaknya pilihan media sosial, tentukanlah platform mana yang sebaiknya Anda gunakan berdasarkan calon konsumen yang ingin didapatkan. 

Di Indonesia, Facebook merupakan media sosial yang terpopuler sehingga bisa menjadi sarana menjangkau lebih banyak orang. Di sisi lain, LinkedIn lebih cocok untuk membangun koneksi secara profesional. 
Anda bisa saja menggunakan beberapa platform media sosial untuk mendukung strategi bisnis yang berbeda.

4. Cetak Kartu Nama Bisnis
Masihkah kartu nama bisnis diperlukan? Tentu masih. Sebab, calon klien atau rekan bisnis Anda pasti tidak hanya berasal dari aktivitas online saja.
Contohnya, Anda bisa bertemu calon klien atau rekan bisnis pada saat datang ke event seminar bisnis atau pameran teknologi. Jika memiliki kartu nama, Anda cukup memberikannya dalam upaya membangun networking atau mempromosikan bisnis jasa pembuatan website Anda. 

Jadi, menyiapkan kartu nama bisnis tidak boleh dilupakan. 
Namun, satu hal yang penting, pastikan Anda menuliskan email bisnis Anda di kartu nama bisnis tersebut. Hal ini akan jauh menunjukkan kesan profesional. 
Maka, alih-alih menggunakan email bikinwebsite@gmail.com, sebagai contoh, akan lebih baik menggunakan admin@bikinwebsite.com. 

5. Menentukan Target Pasar
Seperti bisnis pada umumnya, menentukan target pasar adalah langkah penting untuk membantu Anda lebih fokus dalam pemasaran produk dan upaya pengembangan usaha. 
Pasar bagi jasa pembuatan website cukup luas. Mulai dari pribadi, perusahaan, hingga instansi pemerintah. Cakupan pasarnya pun bisa nasional dan internasional. Jadi, tanpa memilih target pasar, Anda akan kesulitan menentukan strategi bisnisnya. 

Salah satu cara yang cukup efektif dalam menentukan target pasar adalah membuat buyer persona. Buyer persona adalah sosok imajiner klien Anda yang berisi informasi tentang nama, faktor demografi, kebutuhan teknis, hingga daya beli mereka. 

6. Memilih Jenis Jasa
Jenis jasa yang Anda tawarkan dipengaruhi oleh skill dan strategi bisnis yang akan diterapkan. 
Ada beberapa pilihan. Pertama, menawarkan jasa pembuatan website dengan coding manual dari nol. Kedua, menjadi WordPress developer yang fokus membantu klien membangun website dengan platform WordPress. 

Tidak hanya itu, Anda bisa menawarkan jasa desain website saja. Atau, menawarkan jasa yang bersifat all-in, hingga website tersebut online. Yang terakhir adalah jenis yang paling banyak diminati oleh konsumen. 

Jika bersifat all-in, Anda akan memerlukan layanan hosting yang aman dan cepat untuk menjamin reputasi bisnis Anda dan kepuasan klien Anda. Terutama untuk memastikan bahwa website dapat selalu diakses 24 jam penuh. (Kita akan bahas lebih lanjut perihal hosting di bagian Pengembangan Bisnis) 
Sebagai tambahan, Anda bisa memberikan support untuk masing-masing klien Anda dalam kurun waktu tertentu. 

7. Menetapkan Harga
Faktor harga tak kalah penting dalam memulai bisnis jasa pembuatan website. Jika terlalu mahal, tidak akan mampu bersaing dengan kompetitor. Jika terlalu murah, kurang dapat memberikan penghasilan yang baik.
Anda bisa melakukan riset harga yang ditawarkan kompetitor sekaligus mempelajari daya beli konsumen untuk jasa pembuatan website. Platform freelance seperti Sribulancer atau Fiverr bisa menjadi tempat yang ideal untuk melakukan kedua riset tersebut bersamaan. 

Cara Mendapatkan Klien untuk Bisnis Jasa Pembuatan Website Anda
Mendapatkan klien pertama adalah tahapan yang juga menentukan dalam memulai bisnis jasa pembuatan website. 
Umumnya, waktu yang dibutuhkan dalam hitungan minggu atau bulan. Bahkan, jika menggunakan cara yang tepat, bisa saja akan berhasil lebih cepat. 

Mari pelajari caranya satu per satu. 
1. Optimalkan Website Anda
Seseorang yang mencari jasa pembuatan website, tentu akan menilai kualitas website Anda terlebih dahulu. Mereka mungkin akan menggunakan jasa Anda jika website tersebut cukup menarik. 
Jadi, optimasi website Anda sangatlah penting. Maka, lakukanlah sedini mungkin. 
Tidak hanya dari sisi desain, fungsionalitas website tersebut haruslah baik. Bila perlu, Anda bisa menyematkan fitur dan teknologi terbaru untuk membangun kesan yang baik. 

Jangan lupa untuk memastikan website tersebut mobile-friendly agar tetap menarik saat diakses dari berbagai perangkat dengan ukuran layar yang berbeda. 
Yang tidak kalah penting, siapkan landing page yang mampu menjelaskan produk jasa Anda dengan baik. Landing page inilah yang akan menentukan apakah pengunjung akhirnya jadi menggunakan jasa Anda. 

Selain itu, Anda juga bisa menyematkan blog di dalam website tersebut dan menciptakan konten yang mampu menarik pengunjung.

2. Promosi di Media Sosial
Salah satu kekuatan dari media sosial adalah kemampuan berbagi konten dengan mudah dan cepat. Manfaatkanlah kekuatan tersebut untuk membantu upaya promosi jasa pembuatan website Anda. 

Hal ini bisa dilakukan dengan beberapa cara:
  • Posting informasi tentang dunia web development atau keahlian Anda.
  • Bergabung ke Facebook group untuk membangun network.
  • Mempromosikan konten yang berasal dari blog Anda.
Jika Anda aktif melakukan ini, bukan tidak mungkin ada calon klien yang tertarik menggunakan jasa Anda. 

3. Bergabung ke Platform Freelance
Mendapatkan klien melalui platform freelance bisa jadi ide bagus. Terutama di awal mula membangun bisnis jasa pembuatan website. 

Freelancing bukan lagi hal baru. Di Indonesia, sudah banyak situs freelance bagi para pekerja lepas untuk mendapatkan proyek pekerjaan secara online. Contohnya adalah Sribu dan UpWork.
Pada umumnya, calon klien yang membutuhkan jasa pembuatan website akan mempostingnya di berbagai platform. Biasanya, akan ditentukan detail pekerjaan, lama pengerjaan, dan anggaran yang disediakan. 

Jangan ragu untuk ikut ambil bagian dalam bid (menawarkan jasa Anda). Bisa saja pendapatannya belum terlalu besar pada proyek tertentu. Namun, setidaknya Anda sudah bisa mendapatkan klien pertama Anda dan meninggalkan kesan yang baik dengan memberikan kualitas pekerjaan terbaik.

4. Memberikan Kursus Online
Memberikan kursus online secara gratis mungkin belum banyak dilakukan sebagai sebuah strategi untuk memulai usaha. Namun, jangan dipandang sebelah mata. Terutama bagi Anda yang memiliki target klien dari luar negeri. 

Anda bisa bergabung dengan kursus online seperti SkillCrush, Coursera dan Udemy. Dengan kemampuan bahasa Inggris Anda, menjadi pengajar course web development atau bahasa pemrograman bisa menjadi strategi bisnis yang unik. 

Selain berbagi pengetahuan yang memberikan value kepada orang lain, beberapa platform memperbolehkan Anda membagikan link. Jadi, bisa dimanfaatkan untuk memperkenalkan bisnis jasa pembuatan website Anda. 
Cara ini sekaligus bisa menjadi upaya membangun branding. Sebab, orang akan percaya dengan bisnis jasa pembuatan website Anda. 

5. Melakukan Outreach
Outreach adalah upaya mengirimkan email berisi penawaran jasa Anda kepada target klien. Upaya ini mirip dengan teknik sebar brosur. 

Outreach bisa menjadi cara mendapatkan klien yang efektif apabila Anda memilih dengan tepat tujuan pengiriman email Anda. Utamakan calon klien yang paling potensial. Cirinya, mereka pernah menyatakan tertarik dengan bisnis Anda dengan mendownload ebook, mengunjungi blog dan lainnya. 
Daftar email dari calon klien tersebut bisa Anda dapatkan dari subscriber blog, media sosial, dan channel kursus online Anda. 

Mengelola Bisnis Jasa Pembuatan Website
Tidak perlu menunggu bisnis Anda menjadi besar baru melakukan pengelolaan bisnis. Lakukanlah sejak awal untuk menjamin kelancaran usaha sekaligus menjaga kualitas pekerjaan Anda. 

Inilah beberapa hal yang perlu Anda lakukan:
1. Gunakan Kontrak Kerja
Menggunakan kontrak kerja di masing-masing proyek adalah hal yang penting. 
Kontrak kerja bisa membantu Anda menyelesaikan pekerjaan lebih baik. Baik dari ketepatan penyelesaian pekerjaan dan kualitas pekerjaan yang diinginkan. 

Kontrak kerja juga berfungsi mencegah adanya perselisihan akibat kesalahpahaman. 
Terutama, jika menangani proyek dari perusahaan maupun instansi pemerintah, kontrak kerja harus disiapkan. Sebab, ada pertanggungjawaban organisasi yang wajib dilakukan. Kesalahan dalam melakukan pekerjaan tersebut bisa saja berimplikasi hukum.

Jika kontrak tersebut bukan berasal dari Anda, pastikan Anda membaca dengan baik tiap pasal yang disebutkan. Apabila ada yang tidak sesuai, diskusikanlah di awal penawaran atau sebelum Anda melanjutkan ke proses pengerjaan. 

Di sisi lain, untuk klien personal, kontrak kerja relatif lebih sederhana. Anda cukup menggunakan syarat dan ketentuan penggunaan jasa. Sifatnya seperti perjanjian kerjasama. 

Di dalam syarat dan ketentuan, Anda bisa menuliskan secara spesifik apa yang termasuk dalam pekerjaan Anda. Biasanya, informasi ini ditampilkan pada halaman harga jasa. Misalnya, berapa banyak halaman yang Anda buat, revisi yang akan dilakukan, dan lainnya. 

2. Atur Administrasi
Setiap proyek memiliki ketentuan yang berbeda. Baik dari sisi harga, metode pembayaran, fitur yang diminta, penyelesaian pekerjaan, dan lainnya. Tanpa pengaturan administrasi yang baik, pekerjaan Anda bisa terganggu. 
Jika Anda masih melakukannya sendiri di awal bisnis, gunakanlah berbagai tools yang bisa membantu Anda. 
Sebagai contoh, untuk mengatur klien Anda, gunakanlah aplikasi customer relationship management. 

Anda bisa mencatat data pribadi klien Anda dan order yang pernah dilakukan. Hal ini akan memudahkan saat klien ingin menggunakan jasa Anda kembali untuk melakukan update. Jadi, Anda tak perlu menanyakan semua hal dari awal

Selain itu, gunakan aplikasi accounting untuk mengatur perihal pembayaran. 
Menggunakan cara pencatatan manual dengan spreadsheet seperti Ms Excel bisa saja dilakukan. Namun, menggunakan aplikasi gratis seperti Zoho Books yang bisa mengatur otomasi untuk pengiriman invoice dan mencatat workflow tentu akan lebih memudahkan pekerjaan Anda. Selain itu, ada fitur tracking yang bisa membantu Anda mengelola tiap proyek. 

4 Tips Mengembangkan Bisnis Jasa Pembuatan Website
Jika berhasil mengelola tiap proyek dengan baik, bukan tidak mungkin klien Anda akan terus bertambah. Nah, itulah saat yang tepat untuk memikirkan upaya pengembangan bisnis. 

Pengembangan bisnis bertujuan untuk lebih meningkatkan pendapatan, melayani konsumen dengan lebih baik, dan membangun reputasi brand menjadi lebih baik. 
1. Upselling
Up selling adalah sebuah strategi bisnis untuk menjual produk dengan memberikan nilai manfaat lebih kepada konsumen. Up selling umumnya dilakukan dengan menawarkan produk dengan fitur tambahan.

Sebagai contoh, Anda bisa menawarkan fitur personalisasi dengan harga yang sedikit lebih mahal. Dengan fitur personalisasi, klien bisa lebih leluasa melakukan perubahan pada tampilan website mereka.
Fokus dari strategi ini utamanya adalah kepuasan konsumen. Namun, potensi peningkatan pendapatannya cukup besar. Sebab, tak jarang konsumen rela mengeluarkan biaya lebih untuk mendapatkan tambahan fitur yang menarik dan eksklusif. 

2. Membangun Partnership
Mengembangkan bisnis dengan menggandeng pihak ketiga adalah hal yang lazim. Tapi, siapakah partner yang tepat untuk bisnis jasa pembuatan website? 

Secara umum, pihak tersebut harus mampu mendukung bisnis Anda sekaligus meningkatkan revenue. Dalam bisnis jasa pembuatan website, bekerja sama dengan perusahaan hosting dan menjadi reseller hosting adalah pilihan tepat. 

Berikut ini beberapa alasannya:
  • mendapatkan keuntungan dari penjualan hosting
  • membuat bisnis tampil beda dari kompetitor
  • menambah kredibilitas bisnis dengan lebih banyak layanan yang dimiliki
Di Indonesia, salah satu platform terbaik untuk menjadi reseller hosting adalah Niagahoster Partner. Inilah beberapa keistimewaannya:
Tanpa Modal. Platform ini memungkinkan Anda merambah bisnis reseller hosting dengan modal Rp0 .
White Label. Anda tetap bisa menggunakan brand bisnis Anda seolah memiliki layanan hosting tersebut sendiri. Jadi, akan lebih baik bagi reputasi bisnis Anda.
Bisa Menentukan Harga Sendiri. Tak ada batasan dalam menentukan harga. Anda bisa memberi nama paket hosting dan menentukan harganya sendiri sesuai yang Anda mau. 
Kemudahan Pengelolaan Klien. Tak perlu repot memikirkan sistem yang akan digunakan. Dengan adanya manajemen user yang terintegrasi akan semakin mudah bagi Anda mengelola semua klien dengan satu login, mengelola hosting dan domain, dan mengatur email untuk pelanggan secara otomatis.

Sudah banyak contoh sukses dari bisnis reseller hosting. Salah satunya adalah Hajon Mahdy Mahmudin, CEO dari Hotama Web Agency. 
Mendaftar sebagai reseller hosting terbukti mampu membantunya meraih kesuksesan meskipun sempat mengalami kendala bisnis. Faktanya, Hotama mengaku mendapatkan 40% keuntungan dari order perpanjangan hosting. 

3. Membangun Tim
Anda tak mungkin mengembangkan bisnis seorang diri. Pun jika Anda mengawalinya sebagai seorang freelancer. Apalagi, jika Anda terjun ke bisnis jasa pembuatan website secara penuh. Membangun tim yang kompeten dan mampu bekerja sama dengan baik sangat penting. 

Saat proyek pekerjaan sudah semakin banyak, Anda perlu merekrut beberapa orang untuk membantu pekerjaan Anda. Tujuannya, untuk memastikan pekerjaan bisa selesai tepat waktu. 

Bisnis jasa pembuatan website Anda juga harus dikelola dengan baik dari sisi administrasi, pembayaran, dan lainnya. Selain itu, diperlukan juga Account Executive yang akan bersentuhan langsung dengan konsumen dan memastikan hasil pekerjaan sesuai harapan.

Dengan tim yang mampu bekerja dengan baik, Anda tak perlu khawatir menerima banyak order. Sebab Anda bisa memastikan semua pekerjaan bisa diselesaikan dengan baik dengan standar kualitas yang terjaga. n.

4. Menambah Jangkauan Pasar
Persiapan yang Anda lakukan meliputi penentuan target pasar yang tepat. Namun, seiring berkembangnya bisnis, peluang untuk melebarkan sayap bisnis kian besar. 

Jika sebelumnya Anda mengandalkan upaya posting di blog, website dan media sosial, saatnya Anda untuk berinvestasi melalui iklan. Tujuannya, untuk menjangkau audiens yang lebih luas.
Sebagian Anda mungkin beranggapan bahwa iklan hanya akan menambah pengeluaran yang membuat keuntungan menurun. Hal tersebut tidaklah benar. 

Pada prakteknya, sebuah strategi iklan yang efektif bisa saja menghasilkan ROAS (Return of Ads Spend) yang positif. Tidak hanya balik modal, malah lebih untung. 

Setidaknya ada lima jenis iklan yang sering digunakan untuk mengembangkan bisnis yaitu:
Paid Search. Beriklan di mesin pencari akan membuat website bisnis Anda tampil di bagian atas mesin pencarian. Cara ini berpotensi meningkatkan penjualan karena faktanya 63% pembelian produk berasal dari pencarian online. 
Paid Social. Sesuai namanya, paid social adalah memanfaatkan platform media sosial untuk beriklan. Diantara yang paling populer adalah Facebook Ads dan Instagram Ads.
Email Marketing. Kekuatan email untuk mempromosikan produk dikatakan 40% lebih efektif dibandingkan media sosial menurut data McKinsey. Artinya, email marketing masih bisa diandalkan untuk mempromosikan produk Anda. 
Remarketing. Jika iklan Anda menyasar orang yang tertarik kepada produk Anda, tentu peluang berhasilnya lebih besar, bukan? Namun, Anda tentu tidak menyangka bahwa tingkat conversion rate-nya bisa mencapai 161%! Wow!
Video Marketing. 54% orang lebih menginginkan konten dalam bentuk video dibandingkan konten lain seperti artikel. Jadi, jangan lupakan upaya beriklan menggunakan video untuk meraih audiens yang lebih luas. 

Semua jenis iklan di atas bisa Anda gunakan secara bersamaan. Namun, apabila dari sisi budget belum memungkinkan, Anda bisa memilih yang paling efektif menurut strategi bisnis Anda. Paid search dan paid social merupakan yang paling direkomendasikan.

Penutup
Kami baru saja memberikan panduan bisnis jasa pembuatan website dengan lengkap. Tentu, Anda semakin yakin untuk memulai bisnis Anda sendiri, bukan?
Anda menjadi paham bahwa untuk memulai bisnis ini tak perlu melakukan semua langkah sekaligus. Anda bisa membaginya dalam beberapa tahap. Untuk persiapan, Anda bisa membuat brand, membangun website portofolio, hingga menentukan target pasar dan tarif.

Kemudian, Anda bisa melakukan pengelolaan dengan menyiapkan kontrak dan mengatur administrasi. Jika pekerjaan selesai tepat waktu dan hasilnya baik, klien tentu akan senang. 

Langkah terpenting dari bisnis jasa pembuatan website adalah pengembangan bisnis untuk meraih keuntungan optimal. Diantara beberapa hal, memilih partner yang dapat diandalkan sangat penting. Apalagi jika kerjasama dengan partner Anda membuat produk Anda lebih baik lagi.
Read »

Teknik Kompresi untuk Website Lebih Cepat

Selalu ada cara membuat website Anda lebih cepat supaya pengunjung tidak menunggu lama. Salah satunya, dengan melakukan kompresi data agar komunikasi data lebih efisien.

Apa itu Brotli?
Brotli adalah algoritma kompresi yang dikembangkan oleh dua teknisi dari Google. Brotli sengaja diciptakan untuk membuat halaman website bisa diakses lebih cepat. 

Dengan teknik kompresi ini, file data menjadi berukuran lebih kecil sehingga menghemat penggunaan data saat komunikasi data terjadi. Kondisi tersebut juga membuat proses transfer data bisa berjalan lebih baik. 
Jika akses ke halaman website bisa lebih cepat, pengunjung website Anda tidak perlu menunggu terlalu lama sehingga kenyamanan bisa ditingkatkan. 

Pada awalnya, Brotli dibuat untuk melakukan kompresi web font secara offline di tahun 2013. Kemudian, di tahun 2015, Google mengembangkannya sebagai teknik kompresi data secara umum (generic purpose) dan bersifat open source. 

Secara teknis, Brotli menggunakan kombinasi dari algoritma LZ77, Huffman coding, dan 2nd order context modeling. Kombinasi ini memungkinkan Brotli membuat backreferences dengan sliding window (bukan fixed window ala Gzip). Hasilnya, upaya kompresi file besar pun dapat berjalan dengan lebih baik dengan peningkatan hingga 25%! 

Google menyebut Brotli sebagai format data baru yang mampu mengalahkan algoritma Zopfli hingga 26%. Tidak hanya lebih baik, Brotli mampu melakukannya dalam waktu yang lebih singkat. 

Saat ini sudah banyak browser dan server yang mendukung Brotli karena performa andal yang mampu dihadirkannya. Diantaranya Mozilla Firefox, Google Chrome, Safari untuk penggunaan di desktop dan Opera Mini untuk pengguna mobile. 
Cara Kerja Brotli

Bagaimanakah Brotli melakukan kompresi pada file dengan efektif? Mari pelajari cara kerja Brotli secara singkat. 

Seperti halnya kegiatan browsing yang biasa dilakukan, pada saat pengguna mengetikan sebuah alamat website, pada dasarnya pengguna meminta akses ke server website tersebut. 
Jika browser sudah mendukung kompresi Brotli, browser akan menginformasikan jenis konten yang bisa di-decompress menggunakan header Accept Encoding kepada server tersebut.
Server akan menentukan jenis kompresi konten yang akan dikirimkan dengan algoritma kompresi yang diminta, dalam hal ini Brotli. 
Tahapan tersebut diikuti oleh proses pengiriman data menggunakan header Content-Encoding ke browser, tentu saja dengan teknik kompresi Brotli.
Browser akan menampilkan konten yang diminta oleh pengguna dengan terlebih dahulu melakukan decompress data. 

Meskipun harus melalui empat langkah, proses ini berjalan hanya dalam sekejap. Bahkan, pengunjung Anda tidak akan menyadarinya sebab halaman yang diminta akan langsung ditampilkan tanpa harus menunggu lama. 

3 Kelebihan Brotli
Secara umum, semua teknik kompresi bertujuan untuk membuat akses ke website menjadi lebih cepat. Dengan proses transfer data yang efisien, proses loading halaman tak akan memakan waktu lama. 
Namun, apa yang membuat Brotli istimewa dibandingkan algoritma kompresi yang sudah ada?

1. File Kompresi Lebih Kecil (Brotli vs Gzip)
Berbicara algoritma kompresi, Gzip lebih dulu digunakan dan mampu menawarkan performa kompresi yang tidak tertandingi. Tapi, itu sebelum adanya Brotli. 

Dari sebuah tes, Brotli memberikan hasil kompresi lebih kecil dibandingkan Gzip. Seberapa kecil? Hasil kompresi lebih kecil ditunjukkan pada JavaScript (14%), HTML (21%) dan CSS (17%). 

Lebih jauh, pengujian lain dilakukan untuk mengetahui performa Brotli vs Gzip pada platform WordPress. Inilah hasilnya dalam bentuk tabel:
Parameter Brotli Gzip
Hasil Kompresi (KB) 81.7 KB 84.7 KB

Hasil tersebut tentu sangat signifikan mengingat banyak website saat ini memiliki file seperti JavaScript yang berukuran cukup besar. Jadi, tanpa optimasi ini, loading website bisa lama dan menjadi masalah.

Mungkin sebelumnya, Anda sudah familiar dengan mempercepat website lewat Minify CSS, HTML dan JavaScript. Nah, dengan menggunakan Brotli, upaya optimasi website Anda tentu akan lebih optimal.

2. Waktu Kompresi Lebih Singkat 
Selain hasil kompresi, waktu kompresi yang lebih singkat menjadi faktor yang penting dari penggunaan Brotli. 
Berdasarkan sebuah pengujianan, Brotli terbukti dapat melakukan proses kompresi dengan lebih cepat dibandingkan beberapa algoritma kompresi lain

Bahkan tes yang dilakukan SitePoint di platform WordPress menunjukkan kompresi Brotli lebih unggul daripada Gzip. Hasilnya seperti tabel berikut:
Parameter Brotli Gzip
Kecepatan 690ms 780ms

Jika Anda mendapatkan hasil sebaliknya, lakukan pengecekan pada setting level of compression Anda. 
Secara default, Brotli mengatur tingkat kompresi di level 11 (paling baik) sehingga membutuhkan waktu lebih banyak. Sesuaikan level kompresi ini untuk hasil yang sesuai keinginan. 

3. Mendukung Berbagai Browser
Saat ini, hampir semua browser mendukung algoritma kompresi Brotli. Mulai dari browser untuk desktop seperti Firefox dan Chrome hingga browser untuk platform mobile seperti Opera Mini.

 

Untuk memastikan apakah browser yang Anda gunakan sudah mendukung kompresi Brotli, Anda bisa melakukan pengecekan. Kami akan menjelaskannya lebih lengkap di bagian Cara Mengecek Brotli. 
Apa Manfaatnya Bagi Website Anda?

Kemampuan kompresi yang baik dari Brotli akan mendukung performa website Anda. 
File yang melewati proses kompresi akan menjadi lebih kecil. Jadi, akan menghemat banyak bandwidth saat komunikasi data dilakukan. Nah, bandwidth yang kecil akan membuat website mampu loading lebih cepat. 

Kenapa kecepatan website itu penting?
Karena pelanggan Anda tak mau menunggu lama. Menurut survey, pengunjung hanya bersedia menunggu selama 3 detik sebelum beralih ke website lain. 

Tidak hanya itu, website yang lambat hanya akan menyebabkan Anda kehilangan kesempatan menjual produk lebih banyak. Menurut sebuah data, delay loading selama 1 detik bisa menurunkan conversation rate hingga 7%!
Nah, dengan penggunaan Brotli, semua dampak negatif di atas bisa Anda hindari.

Cara Mengecek Brotli
Cukup mudah untuk mengecek dukungan Brotli dari sebuah browser. Di contoh ini kami akan menggunakan Firefox.
Langkah pertama, Anda bisa masuk ke menu Settings di sebelah kanan atas, lalu pilih Web Developer. 

Kemudian, Anda bisa masuk ke menu Network. 
Di bagian Network, Anda akan menemukan Accept Encoding di bagian Request Header. Jika sudah mencakup br, artinya sudah mendukung Brotli.


Selain browser, server yang dituju juga harus mendukung kompresi menggunakan Brotli. Jadi, pastikan layanan hosting Anda menggunakan server yang mendukung Brotli. 
Salah satu server yang mendukung Brotli secara default adalah LiteSpeed Server. 

Pengguna Niagahoster dapat menikmati semua kelebihan dari Brotli, karena paket hosting Niagahoster sudah menggunakan server LiteSpeed dengan Brotli Enabled. Artinya, kecepatan akses website Anda akan lebih terjamin. 
Untuk membuktikan dukungan dari Brotli di website Anda, silakan masukkan URL dari website Anda ke tool Brotli Test dari KeyCDN.

Jika hasil di kolom hijau menunjukkan “Brotli compression is supported”, maka artinya kompresi Brotli bisa berjalan dengan baik.
Jika ingin melakukan pengecekan dari browser, Anda bisa masuk ke bagian Network pada menu Developer. Persis seperti cara di atas ketika menggunakan Firefox. 

Bedanya, Anda bisa mencari Content-Encoding pada bagian Response Header. Jika tertulis br, berarti sudah mendukung Brotli dengan baik.


Penutup
Sebuah teknologi baru harus mampu memberikan kemudahan yang meningkatkan kenyamanan pengguna ketika beraktivitas online. Algoritma kompresi Brotli adalah salah satu yang menjalankan perannya dengan baik. 
Dengan Brotli, proses loading website bisa berjalan lebih cepat sehingga tak membuat pengunjung menunggu lama. 
Agar dapat bekerja dengan baik, Brotli harus didukung baik oleh browser yang Anda gunakan maupun server bagi website Anda.

Read »

Wednesday 23 September 2020

Cara Agar Artikel Blog Bisa di Copy Paste Pada Bagian Tertentu

Menghindari postingan blog di copy paste orang lain memang perlu dilakukan, ada banyak cara untuk mengatasi agar artikel blog tidak bisa di copy paste seperti dengan mematikan fungsi klik kanan di blog, menonaktifkan fungsi seleksi, memasang script anti ctrl+u, mempersingkat rss feed blog dan masih banyak cara lain agar artikel blog sulit untuk di copas orang lain.

1. Masuk ke Blogger.com
2. Kemudian klik Tema > Edit HTML
3. Cari kode ]]></b:skin> atau </style> (gunakan ctrl + f supaya lebih gampang)
4. Kemudian Copy kode css dibawah ini dan Paste sebelum kode ]]></b:skin> atau </style> (salah satu saja)

.post blockquote,.post pre,.post code{
-webkit-touch-callout:text;
-webkit-user-select:text;
-khtml-user-select:text;
-ms-user-select:text;
-moz-user-select:text;
}

5. Lalu klik Simpan tema

Catatan:
Kode di atas berfungsi untuk mengaktifkan atau memperblehkan pengunjung blog atau siapa saja untuk dapat melakukan seleksi teks atau blok teks di blog pada bagian tertentu, kode css di atas menunjukan bahwa setiap teks yang berada pada bagian .post blockquote, .post pre, dan .post code dapat di copy paste orang lain. Anda dapat menyesuaikannya sendiri dengan kode class yang ada pada template blog Anda.
Read »

Mencegah Copy Paste Postingan Artikel Pada Blog

Pernahkah sobat blogger menuliskan posting yang kemudian di copy-paste di blog orang lain. Jika pernah, bagaimana perasaan sobat? Mungkin jika sesuai aturan copy paste seperti tidak serta merta dicopy-paste 100% dan mencantumkan sumber tulisan dari blog kita, tentu tidak akan menjadi masalah. Namun jika copy paste itu dilakukan 100% tanpa mencantumkan link sumbernya tentu bisa menjadi masalah. Hal itu pun bisa dilaporkan sebagai pelanggaran hak cipta. Jika dilaporkan ke pihak google, tentu blog yang melakukan copy paste tak sesuai aturan itu akan diblokir bahkan dihapus permanen.

Jika sobat merasa postingan yang ditulis sangat berarti dan susah payah dalam menulisnya. Yang membuat postingan yang ada di blog itu tidak ingin dicopy paste orang. Maka kita bisa membuat settingan di blog kita agar tidak memberi kesempatan bagi orang lain untuk meng-copy paste isi konten blog sobat.

Untuk mencegah kebiasaan tindakan copy paste ini, berikut ini dua Cara Mudah Cegah Copy-Paste Konten Blog:

Cara Mudah Cegah Copy-Paste Konten Blog yang pertama adalah dengan mengedit html.

1. Silahkan masuk ke dashboard blogger anda,
2. Masuk ke Template Editor.
3. Silahkan klik pada "Edit Html"
4. Copy paste-kan kode html berikut ini tepat dibawah kode <head>

<script type='text/javascript'> if (typeof document.onselectstart!="undefined") { document.onselectstart=new Function ("return false"); } else{ document.onmousedown=new Function ("return false"); document.onmouseup=new Function ("return true"); } </script>

5. Klik "Simpan/Save".

Cara Mudah Cegah Copy-Paste Konten Blog yang kedua, adalah dengan memasang gadget "Edit html/ Javascript".

1. Silahkan masuk ke dashboard blogger anda,
2. Masuk ke Tata Letak.
3. Silahkan tambah gadget "Edit Html/JavaScript"
4. Copy paste-kan kode html berikut ini:

<script language="JavaScript">
var message="Silahkan hubungi kami untuk izin copy-paste";
///////////////////////////////////
function clickIE() {if (document.all) {(message);return false;}}
function clickNS(e) {if
(document.layers||(document.getElementById&&!document.all)) {
if (e.which==2||e.which==3) {(message);return false;}}}
if (document.layers)
{document.captureEvents(Event.MOUSEDOWN);document.onmousedown=clickNS;}
else{document.onmouseup=clickNS;document.oncontextmenu=clickIE;}
document.oncontextmenu=new Function("return false")
</script>


Read »

Cara Mematikan Fungsi Klik Kanan Pada Blog

Dengan menggunakan script anti klik kanan ini kemungkinan kecil konten atau artikel Anda akan lebih aman dari para pencuri artikel. Bila anda yang ingin mematikan fungsi klik kanan pada blog silahkan ikuti langkah-langkahnya dibawah ini:

1. Masuk ke Blogger.com
2. Lalu masuk ke bagian Tema > klik Edit HTML
3. Kemudian cari kode </body> letaknya paling bawah
4. Copy kode javascript dibawah ini, lalu Paste diatas kode </body>

<script type='text/javascript'>
var message="Maaf tidak bisa klik kanan";
///////////////////////////////////
function clickIE4(){if (event.button==2){alert(message);return false;}} function clickNS4(e){if (document.layers||document.getElementById&amp;&amp;!document.all){if (e.which==2||e.which==3){alert(message);return false;}}} if (document.layers){document.captureEvents(Event.MOUSEDOWN);document.onmousedown=clickNS4;} else if (document.all&amp;&amp;!document.getElementById){document.onmousedown=clickIE4;} document.oncontextmenu=new Function("alert(message);return false")</script>

5. Klik Simpan tema

Catatan:
Kode javascript di atas akan berfungsi apa bila seorang pengunjung melakukan klik kanan pada blog Anda, kemudian akan muncul pop-up peringatan "Maaf tidak bisa klik kanan", tulisan peringatan tersebut bisa Anda ganti sesuai dengan keinginan Anda.

Read »

Copyright © Sphinx-Computer, Visit Me: Disclaimer | Privacy Policy | Terms and Conditions | Contact Us | About Us

Designed by