Monday 12 October 2020

Apa itu SEO ? Pengertian, Cara Kerja, dan 9 Cara Optimasi SEO Mudah

Posted By: Aan Hariyanto - 02:59
Apa itu SEO, menjadi pertanyaan yang paling sering diajukan oleh para pemula yang baru saja belajar membangun blog atau website. Hal ini karena melakukan optimasi SEO dipercaya akan mempermudah blog atau website untuk mendapatkan ranking tinggi pada hasil mesin pencari, seperti Google. Benarkah hal tersebut? 

Apa itu SEO?
Secara sederhana, SEO dapat dijabarkan sebagai taktik atau tindakan untuk mengoptimalkan sebuah blog atau website. Optimasi yang dilakukan memungkinkan mesin pencarian atau search engine untuk menilai apakah blog atau website tersebut layak ditampilkan pada posisi teratas dari hasil pencarian atau justru tidak layak.

Dengan memperoleh ranking tinggi dari mesin pencari, maka potensi trafik organik Kamu pun akan meningkat. Bukan hanya bisa membuat trafik website menjadi tinggi, tapi trafik tersebut juga bisa lebih tepat dan sesuai dengan tujuan website yang Kamu bangun.

Namun, perlu diingat bahwa SEO bukan pekerjaan yang bisa diselesaikan hanya satu kali waktu saja. Lebih dari itu, SEO justru menjadi proses yang tidak memiliki akhir. Artinya, Kamu harus terus menerus melakukan optimasi pada blog atau website.

Untuk mendapatkan trafik yang tinggi dan tepat sasaran, maka Kamu wajib memahami dan mempelajari cara kerja dari search engine dalam memberikan peringkat terhadap blog atau website, Dimana penilaian ini didasarkan para persyaratan kualifikasi tertentu.

Kamu juga perlu mengikuti berbagai aturan yang ditetapkan oleh search engine atau mesin pencari, dalam hal ini adalah Google. Oleh karena itu, sangat penting untuk mempelajari bagaimana cara optimasi SEO, apa saja indikator utama SEO, serta algoritma Google.

Cara Kerja SEO
Tujuan SEO adalah untuk mengoptimasi website, sehingga para pengguna internet bisa menemukan apa yang mereka butuhkan dengan menggunakan keyword atau kata kunci tertentu. Setidaknya, ada tiga manfaat yang ditawarkan dalam proses optimasi, yaitu memberi informasi yang relevan, mendatangkan lebih banyak trafik organik, serta menjadikan search engine sebagai sumber yang andal.

Hasil pencarian mungkin tidak akan muncul saat itu juga. Hal ini karena proses Search engin optimasi tidak sesederhana dan semudah yang dibayangkan. Search engine memiliki tiga tugas utama dalam melakukan pencarian sesuai permintaan, antara lain:

Crawling
Crawling bertugas untuk mengumpulkan informasi dari semua website. Halaman satu ke halaman lainnya, serta link satu ke link yang lainnya. Proses ini adalah tahap awal dari proses kerja Search engin optimasi.

Indexing
Jika sudah mengumpulkan informasi, kemudian web crawler akan menyimpan informasi tersebut pada entry list: index.

Ranking
Mesin pencari akan menampilkan konten sesuai hasil pencarian yang paling sesuai dengan peringkat secara berurutan.

Agar kualitas hasil pencarian bisa terjamin, mesin pencari menggunakan sekumpulan rule dan aturan yang biasa disebut dengan algoritma. Algoritma mesin pencari ini akan memastikan orang-orang yang menggunakan internet bisa mendapatkan informasi yang relevan dari berbagai sumber yang terpercaya.

Tools SEO Advanced
Berikut tools yang sering dipakai untuk Optimasi SEO

Ahrefs
Tools ini adalah tools berbayar yang sangat powerfull untuk kalian pakai untuk riset keyword, mengetahui backlink, melihat posisi artikel yang kalian tulis di pencarian google, mengetahui keyword kompetitor, mengetahui backlink kompetitor.
Dengan tools ahrefs ini kalian sudah cukup untuk memantau dan memonitor progress SEO website kalian. Perlu kalian ketahui jika tools ini tidaklah murah, dan harus berbayar setiap bulan.

Google keyword planner
Tools ini adalah tools gratis yang sudah disediakan oleh google. Dengan tools ini kalian bisa mengetahui keyword dan jumlah volume pencarian.

SEO Quake
Tools ini adalah plugin di google chrome, kalian bisa menginstalnya disini, dengan SEOquake ini kalian bisa melihat traffic kompetitor dengan gratis dan sangat mudah.

SimilarWeb
Dengan tools ini kalian bisa melihat Global rank alexa website kompetitor, mengetahui jumlah pengunjung kompetitor, mengetahui bounce rate kompetitor, monthly visit, page per visit dan average session duration kompetitor.

Keyword everywhere
Dengan tools keyword everywhere ini kalian akan mengetahui jumlah detail volume pencarian kata kunci perbulan. Tools ini sangat bermanfaat untuk kalian yang sedang melakukan riset kata kunci baru, karena tools ini memberikan juga kata kunci turunan atau LSI keyword.

Cara Menggunakan SEO
Setelah memahami bagaimana cara kerja SEO, Kamu juga perlu tau bagaimana cara optimasi SEO yang tepat. Perlu diingatkan sekali lagi, bahwa proses optimasi SEO tidak bisa dilakukan sekali jalan, melainkan menjadi proses yang tiada henti. Hal ini mengingat bahwa search engine senantiasa melakukan pembaharuan pada algoritmanya guna memberikan hasil pencarian terbaik setiap saat.

SEO terdiri atas dua kategori, yaitu offsite SEO dan onsite SEO. Apa perbedaan di antara keduanya? Berikut penjelasannya:

1. Onsite SEO
Sesuai dengan namanya, onsite SEO artinya mengoptimasi website atau blog dari dalam. Jadi, optimasi kategori ini berkaitan dengan pengaturan dan penyesuaian elemen yang ada pada website. Cara ini akan memudahkan search engine untuk dapat crawl informasi dengan lebih mudah.

Alt Text gambar
Tidak menggunakan keyword stuffing ataupun usaha yang dilakukan untuk memanipulasi urutan peringkat pada mesin pencari Google
URL dengan format yang baik
Penggunaan heading yang tepat, yaitu H1,H2, dan seterusnya

Lalu, apa saja yang wajib dilakukan untuk mengoptimalkan onsite SEO? Berikut adalah beberapa hal yang perlu dilakukan agar onsite SEO terotimasi dengan baik.

2. Pencarian Keyword atau Kata Kunci
Pemilihan kata kunci menjadi hal yang sangat perlu diperhatikan. Keyword yang dipilih harus tepat, sehingga bisa mendatangkan trafik organik pada konten yang Kamu posting. Keyword sendiri merupakan ide spesifik atau topik yang diketik oleh para pengguna di mesin pencari atau search engine. Jadi, dapat dikatakan bahwa pencarian keyword sangatlah penting.

Pencarian keyword akan membantu kita untuk memahami apa saja kata kunci yang sering digunakan oleh para pengguna internet saat mengakses website di search engine. Pastikan untuk menyisipkan target keyword pada judul artikel, heading, dan isi konten tersebut.

3. Optimasi website
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengoptimasi website, di antaranya adalah menggunakan struktur website yang baik, membuat konten yang relevan, serta memberikan kemudahan navigasi.

Ketiganya sangatlah penting untuk menaikkan trafik website. Sebuah website memang harus memiliki struktur yang baik, karena akan mengonfirmasi mesin pencari mengenai halaman website yang paling penting.

Selain itu, memberikan konten yang relevan pada website juga sangat menguntungkan, karena akan mendatangkan banyak trafik yang berkualitas. Sementara itu, adanya kemudahan navigasi dalam mengakses website, tentu akan membuat pengunjung website lebih betah berlama-lama berada di situs tersebut.

4. User experience
Setiap pengunjung yang datang ke situs websitemu, tentu harus dilayani dengan baik. Pelayanan yang baik dari pemilik website kepada para pengunjung, tentu akan membuat mereka lebih betah untuk menelusuri website Anda. Bukan hanya mampir sebentar, lalu menutupnya kembali.

Jika mengelola website bisnis, maka jadikan halaman website tersebut layaknya toko online yang profesional. Para pengunjung yang membuka website toko online, tentu ingin tau lebih jauh tentang produk-produk yang Kamu tawarkan. Oleh karena itu, berikan informasi rinci mengenai produk tersebut.

Semua informasi harus disampaikan kepala calon pelanggan. Baik itu manfaat produk, harga, komposisi, pilihan warna atau rasa, tanggal kadaluwarsa, dan informasi terkait produk lainnya. Selain itu, Kamu juga perlu menambahkan gambar-gambar yang relevan untuk lebih menarik hati calon pelanggan.

Untuk memudahkan pengunjung, sebaiknya buatlah kategori produk untuk memudahkan pengunjung dalam melakukan pencarian. Misalnya, toko online yang Kamu bangun adalah menjual produk-produk kecantikan. Maka, Kamu bisa membuat kategori produk-produk kecantikan, seperti kategori skincare, lipstik, parfum, riasan mata, dll. Dengan adanya kategori produk, maka pengunjung akan lebih mudah mencari produk sesuai kebutuhannya, tanpa perlu berlama-lama mencari satu per satu produk.

Jangan lupa juga untuk mengatur tata letak atau layout website. Jangan membuat pengunjung pusing dengan tata letak yang tidak beraturan. Sebagai contoh, letakkan fitur keranjang belanja di pojok kanan atas halaman website. Sehingga, pengunjung akan lebih mudah melihat dan mengakses fitur tersebut. Dengan tata letak yang teratur, maka pengunjung pun akan semakin merasa nyaman.

5. Kecepatan loading
Kecepatan loading website menjadi hal yang sangat penting untuk meningkatkan trafik website. Tentu saja, siapa pun pasti akan kesal jika mengunjungi website yang loadingnya lama. Saat halaman website tidak kunjung terbuka, maka pengguna internet biasanya lebih memilih untuk menutupnya. Akibatnya, trafik website pun akan menurun.

Sebaliknya, website yang loadingnya cepat akan lebih disukai oleh pengunjung, karena mereka tidak perlu terlalu lama untuk menunggu halaman website terbuka. Hal ini pun akan membuat website mendapatkan ranking tinggi dari Google. Oleh karena itu, loading website harus memiliki kecepatan yang baik, agar tidak kehilangan banyak pengunjung dan tidak mendapatkan nilai jelek dari Google.

6. Off site SEO
Dibandingkan dengan onsite SEO, offsite SEO justru tidak begitu teknis. Tapi, bukan berarti bahwa offsite SEO ini tidak begitu penting. Offsite SEO berguna untuk mempromosikan website. Dengan teknik ini, maka orang-orang di luar sana akan mengetahui bahwa website yang Kamu miliki layak sekali untuk dikunjungi. Nah, beberapa cara untuk melakukan offsite SEO adalah sebagai berikut:

7. Content marketing
Saat ini, content marketing menjadi cara yang paling ampuh untuk menaikkan ranking website pada hasil pencarian Google. Jika Kamu menggunakan strategi content marketing yang terstruktur dengan baik, maka ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan. Keuntungan tersebut antara lain akan mendatangkan para pengunjung baru, memperbaiki reputasi toko online atau bisnis, mempengaruhi pengunjung untuk membeli produk yang ditawarkan, serta hemat biaya promosi,

8. Promosi
Untuk mendapatkan banyak follower atau subscriber, maka website harus diisi dengan konten-konten yang super bagus dan menarik. Namun, meski sudah diisi dengan aneka konten yang menarik, website tetap saja sepi pengunjung. Maka, cara yang harus dilakukan untuk meningkatkan follower adalah dengan melakukan promosi.

Dengan mengadakan promosi, maka akan semakin banyak orang yang tertarik untuk mengunjungi website tersebut. Hal ini karena umumnya orang-orang sangat tertarik dengan hal-hal yang berbau promosi. Selain bisa menarik lebih banyak pengunjung, promosi yang Kamu lakukan juga bisa membuat website lebih unggul daripada milik kompetitor.

9. Public Relation
Untuk membuat bisnis yang Kamu bangun semakin maju dan dikenal oleh banyak orang, maka melakukan public relation menjadi sangat penting. Meski aja sejumlah biaya yang harus dikeluarkan, namun akan sebanding dengan manfaat dan keuntungan yang akan Kamu dapatkan. Beberapa keuntungan menerapkan public relation, di antaranya adalah bisa membangun brand awareness, mengatur otoritas, memberikan informasi tambahan, serta meningkatkan community relationship.

Demikian itulah penjelasan mengenai apa itu SEO dan bagaimana cara optimasi SEO dengan baik. Setelah mempelajari seluk beluk tentang SEO, kini saatnya Kamu untuk menerapkannya. Sekali lagi, ingat bahwa SEO adalah proses yang harus berlangsung secara terus-menerus dan tiada akhir.

Jadi, jangan hanya puas dengan satu kali percobaan saja. Lakukan teknik SEO lainnya agar websitemu mendapatkan ranking yang semakin tinggi dari Google. Tidak ada hasil yang instan dalam melakukan proses SEO. Tapi, Kamu perlu memulainya dari sekarang.

Setelah membuat website, jangan lupa untuk mengisinya dengan konten yang berkualitas. Selain itu, Kamu juga sangat perlu menggunakan cloud hosting yang tepat dan cepat. Sehingga, cloud hosting tersebut bisa selalu diandalkan jika nantinya ada masalah yang harus Kamu hadapi.

Apa Itu SEO? Pengertian SEO dan Cara Menggunakannya
Untuk memahami apa itu SEO, kami akan menjabarkannya dalam kalimat yang sederhana. SEO adalah tindakan atau praktik untuk mengoptimalkan website. Optimasi ini memungkinkan search engine atau mesin telusur dalam menilai apakah suatu website layak ditampilkan di posisi teratas hasil pencarian atau tidak.

Di artikel ini, kami akan membahas pengertian SEO, cara kerja SEO, dan hubungan SEO dan kecepatan website.

Satu hal yang harus Anda pahami, SEO bukanlah pekerjaan yang selesai dilakukan dalam satu kali waktu saja. SEO adalah proses tiada akhir, yang artinya Anda harus terus-menerus mengoptimasi website. Untuk melakukannya, Anda wajib memahami cara kerja mesin pencari dalam memberi peringkat terhadap website yang didasarkan pada kualifikasi atau persyaratan tertentu.

Tipe Trafik SEO
Website dengan konten yang bagus tapi minim pengunjung sama sekali tidak ada artinya. Anda harus bisa menarik perhatian pengunjung dan mempertahankan mereka agar betah berlama-lama di website.

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk mendatangkan dan mengelola trafik.
Pertama-tama, ketahui asal trafik. Ada tiga tipe traffic SEO:

Quality Traffic
Untuk website bisnis, semakin banyak pengunjung situs yang berganti status menjadi pembeli, semakin baik pula kualitas trafik yang dimiliki.

Tingkat konversi dapat dijadikan acuan dalam menentukan kualitas trafik website. Meskipun tingkat konversi tergantung pada tipe dan tujuan bisnis, nilai 5% sudah bisa memenuhi kualitas konversi.

Pengunjung yang mengakses website dan mencari tahu produk apa saja yang ditawarkan juga turut menciptakan trafik yang baik. Misalnya, kalau produk yang dijual adalah smartphone iPhone dan Android, trafik yang datang bukanlah trafik untuk membeli laptop dan komputer.

Quantity of Traffic
Kuantitas trafik tak kalah penting dari kualitas trafik.
Umumnya jumlah trafik dihitung berdasarkan banyaknya pengunjung yang masuk dan mengakses situs. Akan tetapi, masih ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan dan dipantau, yakni: pengunjung situs, page view, dan durasi kunjungan.

Semua hal yang disebutkan sebelumnya tidak perlu dihitung dengan metode manual. Anda bisa menggunakan tool, seperti Google Analytics atau StatCounter, untuk menganalisis trafik website.

Organic Traffic (Tidak Berbayar)
Tipe trafik yang disukai oleh hampir sebagian besar pemilik website adalah organic traffic atau trafik organik. Selain gratis, trafik organik juga mampu mendatangkan lebih banyak pengunjung situs dan meningkatkan konversi.

Sebagai contoh, sebagian pengguna internet mengetikkan keyword atau kata kunci tertentu di kolom pencarian browser. Setelah itu, mereka mengklik link yang ditampilkan di hasil pencarian. Kunjungan melalui link tersebutlah yang disebut sebagai trafik organik.

Meskipun terlihat mudah, persaingan untuk mendapatkan trafik organik sangatlah ketat. Oleh karena itu, Anda harus menerapkan praktik SEO yang baik untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Bagaimana Cara Kerja SEO?
SEO mengoptimasi website sehingga orang-orang bisa menemukannya dengan menggunakan kata kunci tertentu.

Berikut sejumlah manfaat yang ditawarkan metode optimasi ini:
Memberikan informasi yang relevan.
Menjadikan mesin telusur sebagai sumber yang andal.
Mendatangkan lebih banyak trafik organik.

Meskipun hasil pencarian bisa muncul saat itu juga, proses yang terjadi di dalam mesin telusur tidak sesederhana yang dibayangkan. Bahkan mesin telusur bekerja sebelum Anda mengetikkan apa pun di kolom pencarian dan menekan tombol Enter.

Di bawah ini, kami akan menjabarkan cara kerja search engine atau mesin pencari.

Ada tiga tugas utama yang dilakukan mesin telusur untuk setiap permintaan atau pencarian yang dikirimkan:
Crawling. Proses ini terjadi di tahap awal. Crawling akan mengumpulkan informasi dari seluruh website – dari satu halaman ke halaman lain, dari satu link ke link lainnya.
Indexing. Setelah mengumpulkan informasi, web crawler akan menyimpannya di entry list: index.
Ranking. Hasil peringkat akan ditampilkan secara berurutan, berdasarkan pada pencarian yang paling sesuai.

Untuk menjamin kualitas pencarian, mesin telusur menggunakan seperangkat aturan atau rule yang disebut dengan algoritma.

Algoritma mesin telusur memastikan pengguna internet mendapatkan informasi relevan dari resource atau sumber tepercaya.

Sebagai mesin telusur yang populer dan banyak digunakan, Google memiliki tim berdedikasi yang fokus sepenuhnya pada algoritma. Tim ini bertanggung jawab atas peningkatan kualitas user experience (pengalaman dan kepuasan pengguna internet) ketika menggunakan Google.

Kadang-kadang Google menyebut algoritmanya dengan nama khusus. Sebagai contoh, Panda adalah algoritma yang berkaitan dengan kegiatan penyaringan, pemberian pinalti, dan penghargaan konten, sedangkan Penguin merupakan algoritma untuk mencegah spamdexing. Terakhir, ada Hummingbird yang akan meningkatkan kualitas kedua algoritma tadi.

Jadi, sudah jelas sekarang kalau konten website menjadi poin yang sangat penting bagi Google.
Apakah Anda sudah pernah mendengar tentang page authority?

Page authority adalah sistem scoring yang dikembangkan oleh Moz, mulai dari 1 sampai 100, untuk memprediksi peringkat website di mesin telusur. Sistem ini akan membantu Anda dalam memahami kualifikasi apa saja yang digunakan mesin telusur untuk menetapkan hasil pencarian terbaik.

Anda bisa menggunakan link explorer untuk mengecek page authority. Masukkan URL yang hendak dicek untuk memperoleh hasil analisis. Informasi yang didapat dari analisis link tersebut akan sangat berguna bagi Anda untuk meningkatkan kualitas website.

Penerapan SEO
Selain cara kerja SEO, Anda juga harus paham cara menerapkannya.
Sekali lagi kami ingatkan bahwa optimasi SEO merupakan proses tiada henti. Mesin telusur selalu memperbarui algoritmanya untuk memberikan hasil pencarian yang terbaik.

Gunakan pendekatan terbaru sehingga optimasi SEO bisa bekerja semaksimal mungkin. Jika tidak, hanya akan berakibat buruk pada peringkat website di hasil pencarian mesin telusur.

Ada dua kategori SEO: onsite SEO dan offsite SEO.
Onsite SEO
Seperti namanya, onsite SEO merupakan cara untuk mengoptimasi website dari ‘dalam’.
Optimasi ini berurusan dengan penyesuaian atau pengaturan elemen yang ada di website. Nantinya mesin telusur bisa crawl informasi dengan mudah. Sebagai contoh:
URL yang terformat dengan baik
Tidak ada keyword stuffing atau usaha untuk memanipulasi peringkat web di mesin telusur Google
Alt Text gambar
Heading yang tepat (H1, H2, dll)

Nah, hal-hal apa saja yang perlu dilakukan ketika mengoptimalkan onsite SEO?

Pencarian Kata Kunci (Keyword Research/Keyword Gathering)
Pilih kata kunci yang tepat untuk mendatangkan trafik organik dari konten yang Anda posting.
Kata kunci adalah topik atau kata spesifik yang diketikkan oleh pengguna internet di mesin telusur.

Jadi, bisa dibilang kalau pencarian kata kunci itu sangat penting. Tindakan ini akan membantu Anda dalam memahami kata kunci apa saja yang digunakan oleh orang-orang untuk mengakses website. Pastikan kata kunci target ada di judul, heading, dan isi atau body konten.
Tinjauan Teknis

Untuk mempermudah cara kerja web crawler, lakukan beberapa hal di bawah ini:
  • Kelola sitemap
  • Segera ganti atau update broken link (link rusak) yang ditemukan di website
  • Hindari kesalahan pengalihan/redirect
  • Perbaiki URL error
  • Optimasi
Pastikan website Anda memiliki:
  • Struktur yang baik
  • Kemudahan navigasi
  • Konten yang relevan
Ketiga hal di atas sangatlah penting. Struktur yang baik akan menginformasikan mesin telusur mengenai halaman website yang paling penting. Sementara itu, kemudahan navigasi akan membuat pengunjung situs lebih betah dan mau berlama-lama di web Anda. Terakhir, konten yang relevan akan mendatangkan lebih banyak trafik berkualitas.
User Experience

‘Layanilah’ pengunjung situs dengan baik ketika mereka berkunjung ke website Anda.
Jika mereka ingin mencari tahu lebih tentang produk yang ada di website, tawarkanlah produk yang relevan atau sesuai dengan kebutuhannya.

Anda dapat membuat kategori untuk memudahkan pencarian produk.
Tambahkan pula informasi terperinci di setiap produk yang dipajang pada website, termasuk gambar-gambar yang relevan.

Apabila Anda berprofesi sebagai seorang blogger, kategori terkait konten akan memberikan kemudahan navigasi bagi para pengunjung situs.

Jangan lupa untuk mengatur layout atau tata letak. Tampilan website yang menarik akan mendatangkan pengunjung baru dan membuat mereka bertahan lebih lama.

Di atas semuanya, ada satu hal yang paling penting, yakni performa website. Pastikan website Anda memiliki kecepatan loading yang baik.

Apa pun kontennya, berikanlah kemudahan bagi para user dalam menemukan dan menjelajahi website Anda.

Offsite SEO
Offsite SEO tidak begitu teknis jika dibandingkan dengan Onsite SEO. Namun, bukan berarti offsite SEO tidak penting.
Umumnya offsite SEO digunakan untuk mempromosikan website Anda. Dengan begini, orang-orang akan tahu kalau website Anda layak untuk dikunjungi.

Berikut beberapa cara untuk melakukan offsite SEO:
Content Marketing (Konten Pemasaran)

Konten sangat penting bagi suatu website, dan karena itulah, content marketing semakin sering digunakan belakangan ini.

Content marketing menjadi salah satu cara yang paling efektif untuk menaikkan peringkat website di hasil pencarian mesin telusur. Jika memiliki strategi content marketing yang baik dan terstruktur, Anda dapat:
  • Mendatangkan pengunjung situs baru
  • Memengaruhi orang-orang untuk membeli produk
  • Memperbaiki reputasi bisnis
  • Menghemat biaya
  • Promosi
Jika website sudah mendapatkan banyak subscriber atau follower, langkah selanjutnya adalah memfokuskan diri untuk membuat konten-konten yang bagus. Namun, kalau website ternyata masih sepi pengunjung, Anda perlu melakukan promosi.

Dengan melakukan promosi, website Anda dapat mendatangkan lebih banyak pengunjung. Di samping itu, promosi juga akan membuat website Anda lebih unggul dibandingkan dengan kompetitor. Semakin kreatif dan menarik promosi yang dilakukan, semakin mudah pula brand Anda diingat. Untuk niche yang lebih kompetitif, strategi ini akan memberikan hasil yang signifikan.
Public Relation

Public relation akan membuat bisnis Anda semakin dikenal.
Meskipun Anda akan mengeluarkan sejumlah biaya, Public Relation tetap penting untuk:
  • Membangun brand awareness
  • Memberikan informasi tambahan
  • Mengatur otoritas
  • Meningkatkan community relationship
  • Hubungan SEO dan Kecepatan Website
Sudah sejak lama Google mengumumkan kalau kecepatan loading menjadi faktor penentu peringkat suatu website di mesin telusur yang diakses melalui perangkat desktop. Pada tahun 2018, perusahaan ini memperluas penerapannya ke perangkat mobile. Tak heran banyak praktisi SEO dan pengguna internet lainnya yang membicarakan info teranyar ini di separuh tahun 2018.
Bagaimana Kecepatan Website Memengaruhi SEO, SERP, dan User Experience?

Google ‘memaksa’ website agar waktu loading-nya semakin singkat sehingga user experience menjadi lebih baik. Apabila kecepatannya menurun, sistem pencarian Google akan memberikan penalti. Halaman website akan makin lama muncul di hasil pencarian dan trafik yang diperoleh juga makin sedikit.

Tidak percaya? Coba cek sendiri. Ketik kata kunci apa pun di kolom pencarian browser. Website yang muncul di posisi teratas memiliki kecepatan loading yang lebih baik dibandingkan website yang berada di peringkat kesepuluh atau website yang ditampilkan di halaman kedua dan bahkan ketiga mesin telusur. Anda bisa menggunakan tool seperti GTmetrix untuk mengecek berapa lama waktu yang dibutuhkan website untuk loading.

Gambaran kecepatan loading website tidak sesederhana konsep di atas. Performa web erat kaitannya dengan user behaviour (perilaku pengunjung situs) dan SERP (Search Engine Result Page – Halaman Pencarian Mesin Telusur).

Kecepatan website tidak hanya berbicara soal angka yang digunakan algoritma pencarian Google untuk mengalkulasi peringkat halaman. Ada banyak hal yang memengaruhi SEO dari segi waktu loading.

Fungsi dan Tujuan Google
Sebenarnya, apa yang diinginkan Google? Dan metode atau cara seperti apa yang dianggap paling baik untuk memenuhinya?
Tidak butuh waktu lama untuk memahami cara kerja Google, Pengguna hanya perlu mengetikkan satu atau kombinasi kata kunci di kolom pencarian Google. Nantinya mesin telusur ini akan menampilkan hasil pencarian yang paling relevan untuk kata kunci yang dicari.

Satu-satunya tujuan penelusuran dan modifikasi pada algoritma pencarian adalah memberikan hasil yang tidak hanya terkait dengan kata kunci, tapi juga menjawab pertanyaan audiens.

Mendalami SEO
Bagi yang tidak atau belum familiar dengan SEO, pasti akan terasa kesulitan untuk memahaminya. Untungnya, ada banyak resource yang bisa dimanfaatkan:

Ahrefs
Blog Ahrefs memiliki banyak sekali kumpulan artikel SEO yang tak hanya ditujukan bagi user pemula tapi juga yang sudah profesional. Selain itu, kontennya juga selalu diperbarui dengan metode SEO terbaru.

MOZ
Didirikan pada tahun 2004, MOZ merupakan SEO software maker. Blog MOZ dilengkapi dengan berbagai artikel mengenai online marketing dan cara menerapkan SEO.

Search Engine Journal
Website ini menawarkan segudang artikel dan panduan SEO. Tak hanya soal SEO, Search Engine Journal juga menerbitkan artikel tentang penulisan konten. Ada juga area news yang membahas informasi atau update terbaru mengenai SEO.

Selagi mendalami SEO, ada baiknya Anda melakukan sejumlah tes atau pengecekan.
Meskipun sebagian besar tips dan trik berguna, tetap saja ketika diterapkan memberikan hasil yang berbeda. Alasannya tak lain dan tak bukan adalah algoritma mesin telusur yang selalu berubah.

Terlebih lagi, metode optimasi SEO yang berhasil di website orang lain belum tentu memberikan hasil yang sama untuk web Anda.
Teruslah mendalami apa itu SEO, cara kerja SEO, dan cara menerapkannya. Jangan takut untuk mencoba atau bahkan mengeksplor setiap metode optimasi SEO yang ada.

Kesimpulan
Kini Anda sudah mempelajari banyak hal tentang apa itu SEO di artikel ini.
SEO adalah tool yang sangat penting untuk menaikkan visibilitas website Anda. Apabila saat ini Anda sedang bergelut di dunia bisnis, SEO akan mendatangkan lebih banyak trafik dan itu berarti akan ada banyak pelanggan atau pembeli.

Untuk bisa membuat trafik yang tinggi, Anda harus menjalankan metode onsite SEO dan juga offsite SEO.

Sebelum menerapkan SEO, Anda wajib mengetahui satu hal yang paling penting tentang website, yaitu trafik. Berikut ringkasan tipe trafik:
  • Quantity of traffic. Jumlah pengunjung yang datang ke website.
  • Quality of traffic. Target pengunjung yang relevan dengan website.
  • Organic traffic (tidak berbayar). Trafik yang diperoleh website dari mesin telusur.
Sekarang Anda sudah tahu mengapa SEO sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan website. Ingatlah bahwa SEO merupakan proses tiada akhir dan berlangsung terus-menerus. Untuk mengetahui pengertian Search Engine Optimization (SEO) dan cara menerapkannya, Anda bisa membaca berbagai artikel dan tutorial online.

About Aan Hariyanto

Organic Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.

Copyright © Sphinx-Computer, Visit Me: Disclaimer | Privacy Policy | Terms and Conditions | Contact Us | About Us

Designed by