Latest Releases

Sunday 11 October 2020

Cara Mendaftar Google Adsense dari Blog Blogspot

Menjadi blogger, selain sebagai hobi pada dasarnya juga bisa menghasilkan keuntungan finansial. Memang tidak instan apalagi tanpa modal. Namun setidaknya anggapan bahwa ngeblog hanya menghabis-habiskan duit membayar kopi di warung kopi berwifi bisa jadi salah besar. Karena blogger punya peluang menciptakan uang dari blog yang diasuhnya. Salah satu caranya dengan menjadi mitra Google Adsense.

Tidak mudah memang. Tapi tidak ada salahnya pula mencoba menguangkan postingan kita di blog setidaknya jika membuahkan hasil, bisa dipakai membayar kopi. Atau membayar paket data jika menggunakan wifi pribadi dari seluler.

Bagi pengguna Blogspot, sudah tersedia layanan khusus di dashboard untuk mendaftar Google Adsense ini. Tapi sebelum menetapkan pilihan menguangkan blog, sebaiknya periksa kelayakan blog kalian dengan membaca tautan di atas itu. 

Pada postingan yang lama disebutkan cara mengecek ketersediaan Adsense di dashboard Blogspot. Saat itu tidak semua blog di Indonesia mendukung, sehingga harus diubah dalam format berbahasa Inggris. Namun kini, layanan layanan mendaftar Adsense sudah tersedia. 

Bagaimana Cara Mendaftar Google Adsense Lewat Dashboard Blogspot?
Sebelum memasuki langkah-langkah mendaftar Google Adsense melalui dashboard Blogspot, perlu diketahui kalau Blogspot dan Google merupakan perusahaan yang sama. Keduanya dibawah naungan Alphabet Inc, induk perusahaan Google. Larry Page sebagai pendiri Google masih jadi CEO-nya. 

Karena berada dalam satu bendera yang sama, sehingga ada kemudahaan khusus yang diberikan kepada blogspot jika mendaftar Google Adsense. Salah satunya bisa mendapat akun meski sifatnya hosted, alias berbagi. Pengecualian ini tidak didapat ketika mendaftar melalui metode lain.

Untuk mendaftarkan blog yang masih memiliki domain utama blogspot, caranya cukup mudah. Tinggal login ke dashoard blogpost dan lihat di bilah sebelah kiri. Pilih menu yang bertuliskan 'Penghasilan'. Maka tampilannya akan seperti gambar berikut.


Pada laman ini ada pula penjelasan singkat, bagaimana cara kerja Google Adsense di blog kita. Sisa pilih tema, sesuaikan iklan, lalu Google Adsense menempatkan iklannya. Jika ada pengunjung yang tertarik maka hasilnya akan masuk ke akun kita. 

Jika sudah berada di laman 'Penghasilan' dan menganggap blog kalian sudah layak untuk erning. Selanjutnya klik tombol 'Daftar ke Adsense'. Akan muncul laman untuk login. Pilih akun Gmail yang hendak kalian daftarkan, tidak lupa memasukkan paswordnya. Namun jika modenya sudah login, akan langsung diarahkan ke pendaftaran Google Adsense. 

Tampilannya seperti berikut:


Pada bagian atas akan tersaji data akun dan nama website yang kita daftarkan. Di bawahnya ada pilihan apakah mau dapat email informasi dari Adsense atau tidak. Mending pilih 'Yes' untuk dapat masukan dan pemberitahuan performa iklan kita. 

Tahap selanjutnya, pilih di negara mana kalian berada. Tentulah Indonesia. Maka peraturan online Google Adsense yang muncul dibawahnya akan berubah berbahasa Indonesia. Silahkan baca kalau punya waktu. Pada intinya itu aturan mengikat agar bisa menjalin kerjasama dengan Adsense. 

Kalau tidak mau ambil waktu lama, tinggal mencentang tulisan 'Yes, I have read and accept the agreement' di bagian bawah. Paling akhir tekan tombol 'Create Account'. Maka kalian akan diarahkan menuju laman Google Adsense. Klik 'Get Started' jika ingin mempersingkat waktu. 

Tahap berikutnya adalah pengaturan alamat pembayaran (Payment Address Detail). Di sini akan terjadi jenis akun apa yang kalian buat. Biasanya akan muncul 'Individual' tapi bisa diubah jadi 'Bisnis' jika memang untuk peruntukan perusahaan.


Detail selanjutnya adalah nama dan alamat. Harap dipahami, bahwa nama ini harus benar-benar sesuai dengan nama di kartu pengenal. Alamat pun meski tidak harus sama yang tertera di KTP, namun sebaiknya gunakan yang bisa dipakai berkirim surat.

Jika sudah lengkap semuanya, klik 'Submit' di bagian paling bawah. Akan muncul halaman seperti berikut jika sudah berhasil mensubmit.



Tampilan di atas hanya akan muncul sesaat sebelum akhirnya ada informasi dari Blogger bahwa Widget Adsense telah ditambahkan ke template blog kita. Selanjutnya klik tombol 'Lanjutkan' untuk kembali ke halaman dashboard blogspot.


Pada menu 'Penghasilan' di dashoard blogspot akan berubah seperti gambar berikut. Ada tampilan untuk setelan iklan. Meski di bagian atasnya terdapat informasi bahwa pengajuan akun Adsense kita sedang dalam antrian. Mereka akan melakukan review kelayakan dan mengabarkan dalam waktu 1x24 jam atau bisa berminggu-minggu.


Guna mempermudah peninjauan, pilih salah satu format 'ad setup for blog', sehingga tidak harus melakukan secara manual. Setelah itu klik 'Simpan Setelan'. 

Setelah mengirimkan formulir, enam jam kemudian surat dari Google akan tiba. Mereka memberikan jawaban apakah pengajuan kita diterima atau tidak jadi mitra Google Adsense. 
Jika diterima, maka tahap selanjutnya melakukan optimalisasi iklan agar penghasilan bisa lebih besar. Kalian bisa membaca Cara Memasang Iklan Google Adsense di Blogspot. Apabila sudah optimal, hal penting yang mesti dilakukan adalah meningkatkan jumlah pengunjung. 

Saya dengan besar hati juga hendak mendengar pengalaman kalian mendaftar Google Adsense. Atau ketika melakukan pendaftaran mengalami masalah seperti apa. Meski terlihat cukup mudah, beberapa orang tetap mengalami kendala pada proses pendaftaran ini. 

Cara Mudah Verifikasi PIN Google Adsense
Walau terbilang lama, namun PIN (Personal Identification Number) atau Nomor Pengenal Pribadi dari Google Adsense datang juga. Akun Adsense bloGoooblok ~ menerima pemberitahuan pengiriman PIN pada 12 Maret 2015. PIN tersebut akhirnya tiba 10 April 2015.
Walau hampir satu bulan lamanya, namun PIN yang dinanti-nanti akhirnya tiba juga. Sebenarnya hampir menyerah untuk menunggu, karena pengalaman pertama di 2009 silam, PIN yang ditunggu tak kunjung datang. Pikirnya juga akan bernasib serupa. Tapi ternyata tidak.


Sebelum jauh membahas tentang cara melakukan verifikasi alamat menggunakan PIN, ada baiknya membahas apa kegunaan PIN Adsense ini.
Bagi Anda publisher Adsense, pasti akan dihadapkan pada verifikasi PIN ini. Adsense punya aturan verifikasi untuk ambang batas penghasilan. Jumlah ambang batas verifikasi ini berbeda-beda tiap negara. Khusus di Indonesia, jika penghasilan Adsense telah mencapai $10 maka harus diverifikasi.

Verifikasi ini dilakukan Google secara manual. Artinya, pihak Google akan mengirimkan PIN verifikasi ke alamat yang didaftarkan. Jika PIN tersebut tidak diterima selama 6 bulan sejak diterbitkan, maka penghasilan dari Google Adsense tidak bisa dicairkan. Seberapa pun besarnya.
Jika PIN telah dikirim oleh Google, maka dashboard Adsense Anda akan muncul pemberitahuan berwarna merah. Pemberitahuan ini baru akan hilang jika Anda telah melakukan verifikasi.

Pihak Google Adsense memberi kita keleluasaan untuk meminta PIN sebanyak tiga kali. Namun, jika PIN tidak juga diterima dan proses verifikasi tidak dilakukan, maka bersiaplah menangis sendu, karena akun Google Adsense Anda akan dibanned atau dinonaktifkan.

Cara Verifikasi Alamat dengan PIN Adsense
Karena surat Google Adsense telah tiba ditangan. Maka langkah selanjutnya adalah menyelesaikan proses verifikasi. Setelah membuka dengan hati-hati (bahagia tiada tara) maka muncullah PIN yang begitu berharga.

Proses verifikasinya ikuti langkah-langkah berikut ini:
Buka surat dari Google Adsense
Kemudian login ke akun Google Adsense Anda
Ada beberapa langkah untuk mengakses bagian verifikasi Adsense. Namun yang paling mudah adalah mengklik bagian notifikasi yang muncul di dashboard Adsense. Anda juga bisa mengakses bagian Account Settings dan cari bagian Verifikasi Alamat


Jika telah muncul, maka tampilannya akan seperti gambar berikut.


Silahkan masukkan PIN Anda pada form Masukkan PIN. Hati-hati jangan sampai salah memasukkan PIN sebanyak tiga kali. Jika sudah yakin dengan PIN yang dimasukkan silahkan klik Kirim PIN. 
Jika berhasil, maka Anda akan dihadapkan pada informasi akun. Itu artinya PIN yang Anda masukkan sukses. Lalu, setelah verifikasi akun telah berhasil, apa yang akan dilakukan. Tentu saja, langkah selanjutnya adalah meningkatkan penghasilan. Dengan begitu, Anda akan lebih cepat mendapatkan dollar dari Google Adsense.

Harus diingat, bahwa Google Adsense bukan cara menghasilan uang dengan cepat di internet. Semua juga harus diusahakan. Salah langkah, bisa-bisa Anda kehilangan segalanya. Jadi rawatlah akun Adsense Anda dengan baik agar bisa terus berpenghasilan.

Read »

Apa Itu Google AdSense?

Selama ini kita tahu Google hanyalah mesin pencari yang paling banyak diminati pengguna internet diseluruh dunia.
Bahkan di Indonesia, belakangan muncul joke bagi mereka yang tak mengerti sesuatu untuk bertanya saja ke mbah google. Harus dipahami bahwa Google bukan sekedar mesin pencari. Didalamnya banyak terdapat aplikasi, termasuk Blogspot dan Gmail.

Dari sekian banyak aplikasi yang dimiliki Google, ada dua hal yang banyak menyita perhatian nitisen khususnya mereka yang ingin mencari peruntungan di bisnis online, yakni Google AdWords dan Googel AdSense.

Karena artikel ini berjudul Apa Itu Google AdSense? maka kita mengesampingkan dulu pembahasan soal Google AdWords. (Oke, sepakat!)

Lalu apa itu Googel AdSense?
Berdasarkan penjelasan Wikipedia, maka dikemukakan bahwa AdSense adalah program kerjasama periklanan melalui media Internet yang diselenggarakan oleh Google.

Melalui program periklanan AdSense, pemilik situs web atau blog yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya diperbolehkan memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan oleh Google di halaman web mereka.
Dengan kata lain, pemilik situs web atau blog akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan (fulus) dari Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs, yang dikenal sebagai sistem pay per click (ppc) atau bayar per klik.

Selain menyediakan iklan-iklan dengan sistem bayar per klik, Google AdSense juga menyediakan AdSense untuk pencarian (AdSense for Search) dan iklan arahan (Referral).

Pada AdSense untuk pencarian, pemilik situs web dapat memasang kotak pencarian Google di halaman web mereka. Pemilik situs akan mendapatkan pemasukan dari Google untuk setiap pencarian yang dilakukan pengunjung melalui kotak pencarian tersebut, yang berlanjut dengan klik pada iklan yang disertakan pada hasil pencarian.

Pada iklan arahan, pemilik situs akan menerima pemasukan setelah klik pada iklan berlanjut dengan tindakan tertentu oleh pengunjung yang telah disepakati antara Google dengan pemasang iklan tersebut.

Agar Mujur Daftar Google Adsense
Untuk mendaftar Adsense, hanya butuh empat langkah. Pertama buat akun, aktifasi akun, menyelesaikan persiapan akun dan terakhir akun akan aktif sepenuhnya. Sepintas memang mudah, namun toh banyak juga yang selalu bertanya soal ini dan itu soal pendaftaran ini.

Pertama: Buat Akun
Membuat akun di Google Adsense syarat utamanya harus punya situs, baik itu blog dari blogspot atau wordpress bahkan yang lain. Kalau tidak punya situs, juga bisa menggunakan Youtube. Dulunya, untuk mendapat akun Adsense bahkan kita bisa melalui partner host mereka. Namun sekarang cukup terbatas.

Namun apakah dengan memiliki blog saja atau akun Youtube, kita sudah bisa membuat akun?. Tentu saja bisa. Tapi belum tentu diterima dengan baik oleh Adsense. Sebelum nekat membuat akun, sebaiknya melakukan persiapan yang memadai. Seperti:

Pastikan Blog/Youtube Anda Layak
Perkembangan teknologi membuat pendaftaran Adsense juga kian ketat. Ada banyak faktor yang dinilai oleh mereka. Kelayakan yang saya maksud di sini memiliki banyak faktor. Salah satunya, blog atau Youtube Anda menyediakan konten orisinal dan relevan.

Adsense sangat menghargai yang demikian. Semakin unik blog Anda akan semakin senang Adsense bekerjasama. Karena situs yang unik akan mendatangkan pembaca yang baru pula. Jangan membiasakan copy paste artikel atau reupload video di Youtube, karena robot mereka tidak bodoh.

Salah satu yang jarang diperhatikan blogger soal interaksi. Bahkan ada yang entengnya menghilangkan kolom komentar dengan alasan bermacam-macam. Padahal, salah satu tolak ukur kelayakan Adsense adalah interaksi dan masukan dari pembaca blog tersebut.

Tata letak dan elemen lain seperti gambar, teks dan video juga sangat mendukung kesuksesan membuat akun Adsense. Jangan meletakkan secara serampangan foto dan video. Atau kadang-kadang malah tumpang tindih antara gambar dan teks yang tidak menghiraukan estetika tampilan.

Hal lain yang juga penting soal navigasi situs. Desain dengan baik dan memudahkan pengunjung mencari apa yang mereka inginkan. Jangan karena terlalu ingin terlihat canggih malah memberi kesulitan pada pengunjung blog.

Tentu yang paling mendasar dari semua itu adalah pengunjung. Google Adsense mau bekerjasama dengan blog yang jumlah pembacanya stabil, bahkan lebih tertarik lagi kalau terus menunjukkan peningkatan dari hari ke hari.

Untuk mendapat pembaca yang terus menerus ada, khususnya dari mesin pencari, tentu saja jumlah artikelnya tidak hanya satu. Kalau ada yang menyebut lima artikel saja sudah bisa buat akun, saya berani angkat topi kalau saat ini dia berhasil. Dulu mungkin iya, tapi sekarang kian sulit.

Sebagai saran saja, jangan hari ini membuat blog atau channel Youtube, besok sudah langsung mendaftar. Kalau Youtube, semisal jumlah penontonnya sudah lebih 10.000 kali dan subscribenya genap 2.000, silahkan saja. Tapi blog, sebaiknya tunggu hingga enam bulan sampai benar-benar punya pembaca.

Jangan lupa pula, saat mendaftar usia Anda sudah genap 18 tahun. Salah satu syarat dan ketentuan yang jelas diatur oleh Adsnse. Setiap negara pada dasarnya memiliki kebijakan yang berbeda. Untuk lebih jelasnya, baca syarat dan ketentuan mereka.

Jika faktor kelayakan blog Anda sudah memadai, silahkan mendaftar Adsense. Tidak akan ada hambatan berarti kalau memenuhi semua syaratnya, dan blog yang didaftarkan tidak bertentangan dengan kebijakan mereka. Seperti situs porno dan hal berbau negatif lainya.

Membuat Akun Adsense
Sebagaimana saya sebutkan di atas, membuat akun Adsense cukup mudah. Anda hanya perlu satu email, memiliki blog dan atau Youtube, setelah itu bisa melakukannya dengan beragam cara. Anda bisa mendaftar langsung dari Blogspot atau dari Youtube.

Bisa pula dengan mengakses laman Google Adsense langsung. Kunjungi https://www.google.co.id/adsense/start. Klik Daftar Sekarang. Masukkan alamat email yang hendak dipakai untuk mendaftar, lalu memasukkan URL tempat menempatkan iklan nantinya.

Selanjutnya Anda diminta untuk perlu atau tidaknya mendapat saran dari mereka. Tidak ada salahnya memilih ya, karena kadang banyak info yang menarik. Kemudian pilih negara dimana Anda bermukim dan membuat akun. Setujui semua persyaratannya dan terakhir klik Buat Akun.
Kedua: Aktifasi Akun

Setelah berhasil membuat akun Adsense, perjalanan belum berakhir. Itu hanya tahap awal. Selanjutnya, ada tiga proses lain yang harus dilakukan. Tahapan ini sekaligus bisa menjawab banyak pertanyaan mengapa iklannya belum juga muncul setelah mendaftar atau membuat akun Adsense.

Menghubungkan Adsense dengan situs Anda
Karena Blogspot bertubuh HTML, maka caranya akan sedikit berbeda jika kita melakukannya untuk Wordpress. Saya akan coba membahasnya satu persatu. Untuk Blogspot terlebih dahulu.

Pertama-tama tentu saja login ke akun Adsense baru yang kita buat. Lalu menuju tab My Ads di bilah sebelah kiri. Adsense saat ini punya fasilitas baru, namanya Auto Ads. Sekalian kita menggunakan format itu untuk penerapannya.

Jika baru pertama mengakses layanan ini, akan muncul tampilan seperti berikut.


Klik saja tulisan Get Started. Anda akan bertemu halaman setting, buat semua pilihan jadi tercentang. Biar ada banyak pilihan untuk jenis iklan yang muncul.

Dapatkan kode iklannya dengan menekan tombol paling bawah. Copy skrip tersebut lalu login ke akun Blogspot Anda. Akses bagian tema lalu klik Edit HTML. Klik di dalam kotak yang penuh skrip lalu tekan CTRL+F (sebenarnya akan mudah mendapatkan tanpa harus melakukan itu). Cari kode <head>. Paste kode yang dicopy tadi tepat dibawah tulisan itu.



Simpan dan kini Adsense telah terhubung dengan situs Anda. Tapi ingat, iklannya belum akan muncul. Tenang, jangan panik.

Sebelum membahas langkah selanjutnya, kita bahas dulu jika hendak menautkan Adsense dengan blog berplatform Wordpress. Jika kalian mahir mengutak atik kode Wordpress, sebenarnya nyaris sama dengan Blogspot. Sisa menempelkan kode dari Google ke bagian <head>.

Tapi jika tak mau ambil resiko, sebaiknya menggunakan plugin saja. Umumnya menggunakan plugin hampir sama. Namun tiga rekomendasi plugin yang baik antaranya Tema Genesis, Advanced Ads dan Plugin Ad Inserter. Silahkan copy dan paste kode iklan Adsense tersebut pada salah satu plugin itu.

Sama dengan menautkan kode iklan pada Blogspot, iklan pada blog tidak akan seketika muncul setelah ditautkan tadi. Mereka akan melakukan tahap analisis. Mereka juga akan mengabarkan jika belum menemukan kode tersebut di blog yang Anda daftarkan.

Kesalahan biasanya terjadi saat menanamkan kode iklan ini. Anda harus memberi imput ke Adsense bahwa sudah melakukan penempatan iklan, dan mereka akan mengeceknya. Jangan salah memasang kode ke blog yang tidak di daftarkan pertama kali. Karena kalau tidak terdeteksi, iklan sama sekali tidak akan muncul.

Selesaikan Detail Pembayaran
Pada saat membuat akun Adsense, mereka sama sekali tidak menanyakan kemana penghasilan itu akan dikirimkan. Tahap ini masih rangkaian untuk mengaktifkan akun. Anda harus memasukkan biodata lengkap mengenai alamat pembayaran.

Untuk mengaksesnya, biasanya akan terlihat langsung di halaman depan. Atau bisa membuka tab Payments (Pembayaran) di sebelah kiri. Ada beberapa hal yang harus seksama diperhatikan dalam tahap ini. Pertama soal jenis akun. Secara umum tidak ada pembeda akun Individual dengan Bisnis. Kecuali siapa penerimanya.

Kedua, saat menulis nama, usahakan menggunakan nama asli sesuai KTP. 
Jika di nama Anda ada tanda titik, usahakan jangan dibubuhkan. Nama Anda juga harus benar-benar ditulis secara lengkap. Misal Asma Nadia Hasan, jangan ditulis Asma N. Hasan atau AsmaNadia.

Alamat juga sebaiknya lengkap. Yang bisa dipakai kirim terima surat dari kantor Pos. Tidak mesti harus sesuai dengan alamat KTP, namun bisa diakses. Mereka akan mengirimkan Nomor Pengenal Pribadi (PIN) jika minimum saldo Anda mencapai $10 atau sepadan dengan rupiah.

Terakhir, nomor telpon. Masukkan nomor yang bisa dihubungi, jangan nomor WA yang sudah tak bisa lagi di telepon atau menerima SMS. Setelah itu Kirim.

Verifikasi Nomor Telepon
Informasi ini berbeda dengan memasukkan nomor telepon di kolom pembayaran. Tahapan ini sebenarnya tidak pernah saya lalui di Adsense, karena nomor saya sudah terverifikasi sebelumnya di akun Google, alias Gmail.

Namun ini penting dan kadang tidak diperhitungkan pendaftar Adsense. Saat login ke akun Adsense, biasanya diberanda akan muncul pilihan verifikasi nomor telepon ini. Silahkan memasukkannya dan pilih, dengan cara apa mau menerima kode verifikasi. Di telepon langsung atau dengan SMS.

Sebaiknya lewat SMS saja. Setelah itu mereka akan mengirim enam digit angka verifikasi yang harus dimasukkan pada kolom yang tersedia. Setelah itu kirim. Proses aktifasi akun Adsense Anda sudah memasuki tahap akhir. Tahap kedua telah dilalui.

Ketiga: Masa Tunggu
Saya menyebut tahap ini masa menunggu, karena sepenuhnya kebijakan apakah kita diterima atau tidak di Google Adsense, dari hasil penilaian mereka. Jika kedua tahap sebelumnya sudah dilakukan dengan baik, maka tidak akan lama hasil akan diterima.

Masa tunggu setiap blog bisa berbeda-beda. Ada yang cepat, tidak lebih dari sehari. Ada pula yang sampai berminggu-minggu. Dulunya bahkan sampai berbulan-bulan tanpa kejelasan. Namun, sekarang Adsense menyadari harus mempersingkat waktu. Kalau tidak cocok, ya ditolak. Gitu aja.

Alasan kuat biasanya iklan tidak muncul selama berminggu-minggu karena ada kesalahan dalam melakukan tahap kedua di atas. Entah salah menempatkan kode iklan atau tidak menempatkan iklan pada blog yang di daftarkan.

Dalam masa penantian itu, baiknya tidak fokus menunggu saja. Lakukan update dan perbaiki trafik. Tahap kelayakan sangat menentukan, apakah mereka cocok bekerjasama dengan Anda atau tidak. Yang aneh kalau blog belum layak namun kekeh menyalahkan Google ketika ditolak.

Mereka akan mengirimkan surat elektronik sebagai keputusan akhirnya. Apakah diterima atau tidak. Ingat, yang melakukan peninjauan dalam tahapan ini bukan hanya robot, namun orang yang khusus ditugaskan untuk menelitik kelayakan. Data hanya sebagai bahan pertimbangan.

Namun jika Anda mendaftar Adsense untuk AdMob dan membuat aplikasi, iklannya akan langsung bisa terlihat. Tanpa perlu menunggu berhari-hari atau berminggu-minggu.

Keempat: Akun Aktif
Setelah akun Adsense Anda aktif, langkah yang harus dilakukan selanjutnya meningkatkan penghasilan. Anda sudah siap berburu dollar di Adsense. Kunci utamanya adalah trafik dan konten. Keduanya saling berkaitan. Kalau di Youtube ya videonya harus ada dan banyak.

Jenis akun Adsense itu ada dua, hosted dan non hosted. Kalau mendaftar lewat blogspot atau Youtube, jenisnya pasti hosted. Alias hanya bisa digunakan terbatas untuk beberapa situs yang juga ada blogspot di belakangnya. Namun jika akun non hosted alias full approve, iklanya bisa ditempatkan dimana saja.

Kelihatannya memang gampang. Dan memang seharusnya begitu. Namun, dalam prosesnya ada hal lain yang bisa dilakukan. Jika masih mengalami kendala dengan mendaftar Google Adsense.
Ingat, segala sesuatu itu tidak ada yang benar-benar berat, juga tidak benar-benar mudah. Saling dukung akan membuka jalan yang lebih lebar.

Read »

Cara Mengaktifkan Ads.txt Untuk Publisher Adsense

Google memberlakukan aturan baru bagi publisher atau penayang iklan di website. Tidak sedikit publisher yang diminta mengaktifkan ads.txt-nya jika tak ingin kehilangan penghasilan.
Langkah Google Adsense ini merupakan cara melindungi pengiklan dan penayang iklan. Bukan apa-apa. Memang tidak sedikit kasus penyalahgunaan yang dilakukan pihak-pihak tak bertanggung jawab. Misal menampilkan iklan dengan menggunakan ID Penayangan orang lain.

Alhasil kasus seperti bomb klik pernah marak. Yang rugi bukan hanya penayang iklan, tapi juga pengiklan karena membayar untuk sesuatu yang bodong. Pengiklan mau mengeluarkan duitnya karena mengejar pasar tertentu, kalau disalahgunakan begitu, pastinya rugi. Google ikut pula disalahkan.

Setelah diinisiasi oleh Interactive Advertising Bureau (IAB), guna meningkatkan transparansi dalam program periklanan, Google akhirnya ikut menerapkan ads.txt ini. Ads bukan kepanjangan dari Adsense, tapi Authorized Digital Sellers atau Penjual Digital Resmi.

Dengan memasang atau mengaktifkan ads.txt kita memastikan kepada pengiklan bahwa website atau blog kita merupakan mitra resmi. Sehingga mereka tidak perlu khawatir untuk memasang iklannya. Atau dalam Google Adsense, mereka bebas membuka lelang ke website kita.

Mengaktifkan ads.txt hukumnya tidak wajib, bagi yang belum menerima pemberitahuan. Namun akan jadi wajib jika di akun Google Adsensenya muncul imbauan. Kebetulan, saya tidak dapat pemberitahuan dan ads.txt BLOGOOBLOK sudah aktif otomatis. Sehingga tidak wajib.

Tapi salah seorang pengunjung BLOGOOBLOK mendapat pemberitahuan. Saya akhirnya tahu, karena Adsense malah menautkan alamat blog ini di dalamnya. Entah bagaimana ceritanya. Pemilik blog yang menyebut dirinya Bang Bro tersebut kemudian meminta bantuan. Jadilah artikel ini saya buat.


Untuk publisher Adsense yang dapat imbauan semacam itu, jangan dianggap enteng. Mereka memang tidak main-main. Jika tidak dilakukan secepatnya, maka iklan di website kita akan hilang. Olehnya itu, sebaiknya segera melakukan pengaktifan ads.txt.

Ada dua metode yang bisa dilakukan untuk mengatifkan ads.txt ini. Bagi pengguna Blogspot caranya lebih mudah, dan pengguna Wordpress, khsusunya yang self domain caranya juga berbeda. Berikut penjelasannya masing-masing:

Cara Mengaktifkan Ads.txt di Blogspot
Jika mendapat pemberitahuan seperti gambar di atas, maka bersegeralah mengaktifkannya. Karena dampaknya memang fatal. Jika terlambat mengaktifkan, perlu 24 jam lagi baru iklan akan tayang setelah diaktifkan kemudian.

Untuk pengguna Blogspot caranya sangat mudah. Tinggal masuk ke bagian 'Setelan' di dashboard lalu memilih 'Preferensi Penelusuran'. Geser halaman ke bagian paling bontot hingga menemukan tulisan Monetisasi. Jika belum aktif, maka tulisannya '[Dinonaktifkan]'. Sisa mengklik 'Edit' untuk configurasi.

Sebelum menyetel, hal paling pertama yang mesti dilakukan adalah membuat file ads.txt. Formatnya seperti berikut:

google.com, pub-0000000000000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Kode tersebut merupakan informasi tiga data yang penting. Field pertama, Google.com adalah nama domian untuk sistem periklanan. Karena penyedia jasa Adsense dibuat oleh Google maka hal ini diletakkan paling awal.

Field kedua ID akun penayangan. Karena bicaranya Adsense, maka ID Penayangan Adsense yang dimasukkan. Nomornya harus sama persis dengan yang tertera di dashboard Adsense milik kalian. Kalau punya saluran lain seperti DoubleClick for Publishers atau Ad Exchange, silahkan masukan masing-masing.

Field ketiga format kerjasamanya. Atau hubungan dengan ID akun tersebut. Ada dua jenis yang bisa digunakan, 'DIRECT' dan 'RESELLER'. Direct khusus untuk penayang iklan yang bekerjasama dengan sistem periklanan langsung. Seperti Google Adsense.

Memasukkan Direct berarti menjalin kerjasama langsung tanpa kontrol penuh untuk iklan yang ditayangkan. Sedangkan memasukkan Reseller sebaliknya. Kita bisa mengontrol iklan dan memberikan akses ke pihak ketiga yang hendak memasang iklan. Layanan DFP dan Ad Exchange lebih tepat untuk ini.

Sedangkan field terakhir merupakan ID otoritas sertifikasi. Jika ketiga field di atas sifatnya wajib, untuk ID otoritas ini optional, alias bisa tidak digunakan. Namun sebaiknya tetap diterapkan. Karena kombinasi huruf angka di bagian akhir itu merupakan Trustworthy Accountability Group (TAG) milik Google.

Setelah mengganti ID Penayangan pada kode di atas dengan milik kalian, selanjutnya paste di laman 'Monetisasi' seperti gambar berikut. Kemudian klik 'Simpan Perubahan' untuk menyelesaikan. Tunggu 24 jam kemudian agar ads.txt tersebut aktif.



Cara Mengaktifkan Ads.txt di cPanel
Bagi pengguna Blogspot akan cukup mudah mengaktifkan kode tersebut, namun pengguna website dengan self hosted harus mengaktifkannya melalui cPanel. Terlepas apakah kalian menggunakan Wordpress sebagai CMS atau platform lain semisal Drupal atau Jombla.

Langkah pertama yang harus dilakukan, menulis kode Ads di atas di notepad dan menyimpannya dengan format txt (ads.txt). Setelah itu buka cPanel website yang dikelola dan masuk ke bagian 'File Manager' atau 'Pengelola File'.


Pergi ke 'public_html'. Masukkan ads.txt ke laman ini dengan cara menguploadnya secara langsung. Klik 'Upload' di menu bagian atas. Lakukan uploading dengan mencari file yang sebelumnya telah di simpan. Setelah terupload, lakukan refrest.


Sekarang cek website kalian dengan mengakses namadomain.com/ads.txt. Jika sudah muncul kode yang sama kode di atas ketika mengakses domain Anda, maka pengaktifan ads.txt sudah berhasil. Kode tersebut bisa ditambahkan lebih banyak kalau website Anda memang punya lebih banyak saluran periklanan.

Kode ads.txt setiap website bisa berbeda, seperti yang ada di Kompas.com. Ketika mengakses ads.txt-nya maka akan muncul list seperti berikut:



Saya belum tahu apa alasan utama Google Adsense memunculkan imbauan pengaktifan ads.txt di beberapa akun. Namun, kemungkinan mereka yang mengalami karena tidak mengaktifkan Site authorization. Sebaiknya, aktifkan otorisasi situs karena secara otomatis kita menginformasikan ke Adsense bahwa situs dalam daftar tersebut adalah milik kita.

Read »

5 Cara Youtuber Menghasilkan Uang

Sudah bukan hal aneh lagi mendengar seseorang jadi passionpreneur di negeri ini. Seseorang yang akhirnya dapat penghasilan besar dari karyanya, inovasinya, bisnisnya atas dasar passion atau sesuatu yang sangat dicintainya.
Salah satunya mereka yang berkecimpung dan meniti karir sebagai Youtuber. Sebutan buat orang-orang yang dengan kerelaan hati berkarya dan memajang hasilnya di Youtube. Situs berbagi video milik Google yang setiap tahun selalu mengalami peningkatan pengguna.

Sejak dibeli oleh Google 2006 silam, Youtube kala itu baru setahun. Banyak yang terkejut ketika uang Rp23,76 triliun dikeluarkan Google untuk sesuatu yang belum jelas sumber penghasilannya. Tapi, lihat sekarang, bahkan orang berlomba-lomba cari uang lewat Youtube.

Karena tingginya minat orang untuk ikut dalam pusaran perputaran uang di Youtube, timbul banyak pertanyaan (setidaknya buat yang belum tahu), dari mana youtuber itu sebenarnya dapat penghasilan. Padahal mereka hanya membuat video, mengupload lalu ditonton orang. Uangnya dimana?

Kelihatan klise memang jika masih saja ada yang bertanya begitu. Tapi mau tak mau harus diakui, tidak semua orang memahaminya. Saya bahkan masih sering dapat pertanyaan demikian. Bahkan lebih ekstrimnya ada yang bertanya, apakah harus membayar ke Youtube untuk mendaftar. Hmm..

1. Bergabung dengan YouTube Partner Program
Untuk bergabung dengan Youtube Partner caranya mudah, cukup dengan akun Gmail, buat akun Youtube lalu daftar Google Adsense. Iya. Google Adsense merupakan sumber iklan yang nantinya muncul di video.
Jenis iklan yang muncul bisa beragam bentuknya. Ada yang In-Stream Ads yang muncul di awal video ketika video diputar, Display Ads yang nongkrong di pojokan atas, atau Overlay Ads, di bagian bawah video. Atau di bawah judul ketika diputar di mobile.

Sebagai partner, Youtube akan berbagi penghasilan dengan pemilik video. Si youtuber akan dapat jatah 55 persen dan sisanya 45 persen masuk ke kantong Youtube. Itu dihitung penghasilan bersih, dari total orang yang melihat atau melakukan klik kepada iklan yang dipajang di video kita.

Jadi, semakin banyak orang yang menonton video yang dibuat akan semakin besar pula kemungkinan penghasilannya. Youtube selalu berpesan, buat orang-orang yang baru memulai jadi youtuber agar tidak fokus mengejar uang dulu. Mending bentuk pasar alias ciptakan penonton dulu. Urusan uang serahkan sama Youtube saja.

Meski kelihatannya mudah dapat uang dari Youtube. Buat video, upload, lalu uang datang. Namun ketika menjalannya sedikit lebih rumit dari yang dibayangkan. Ada jutaan kreator video yang jadi pesaing, jadi harus pakai strategi juga untuk bisa bertahan.

Lagipula, berkat 'kejeniusan' Logan Paul, youtuber paling berserajah dijagad internet, Youtube akhirnya memberlakukan aturan ketat. Memang tidak seluruhnya salah Paul yang menampilkan mayat orang yang bunuh diri dalam videonya. Adapula peran para predator anak dan konten terorisme yang membuat Youtube terdesak, hingga akhirnya keluarkan kebijakan jitu.

Yakni, untuk jadi partner Youtube, setiap youtuber setidaknya memiliki channel dengan 4.000 jam tayang dalam setahun terakhir. Lalu diharuskan mengumpulkan 1.000 subscribe atau pelanggan tetap channel. Barulah bisa bergabung untuk mencari uang di Youtube.

Jadi kebijakan itu bukan untuk satu akun, tapi berlaku untuk setiap channel dalam satu akun. Misal, kalian punya satu akun Youtube tapi di dalamnya ada 10 channel. Ya, kebijakan itu berlaku untuk 10 channel itu. Jadi mesti membangunnya dengan sungguh-sungguh. Namanya juga berkarir, harus dengan keseriusan dong pastinya. Mungkin begitu maunya Youtube.

2. Bekerjasama dengan beragam merek
Ketika telah resmi jadi partner Youtube, beragam kesempatan bisa pula diraih. Dapat penghasilan dari iklan buatan Adsense sebenarnya sudah lebih dari cukup. Sayangnya memang tidak merata pendapatan setiap negara. Olehnya itu banyak youtuber yang menjalin kerjasama dengan merek tertentu.
Meski pada dasarnya Youtube juga punya fasilitas bekerja sama dengan merek tertentu. Jika youtuber memiliki merek yang ditampilkan dalam video, mereka bisa mengaktifkan layanan 'konten bermerek'. Keuntungannya akan lebih besar jika dibandingkan hanya iklan yang bisa diclose.

Ada banyak cara menempatkan merek dalam sebuah video. Misalnya meletakkanya tidak langsung di belakang video, ini disebut penempatan pasif. Buka pula dibuat lebih menonjol atau aktif. Banyak pula yang membuat secara terintegrasi alur cerita, jadi iklannya punya kisahnya sendiri.

Tidak sedikit pula youteber membuat video beriklan dengan suguhan sponsor khusus. Misal buat video yang tidak ada kaitannya dengan merek, namun diakhir video disebutkan bahwa konten tersebut terinspirasi merek tertentu. Banyak kan yang membuat begitu.

Kerjasama dengan merek dagang tertentu ini baiknya dilakukan langsung saja. Antara pembuat konten dengan pemilik merek. Bayaranya bisa ditentukan sendiri. Karena layanan 'konten bermerek' dari Youtube sendiri belum mencakup semua negara. Mungkin Indonesia sudah. Entahlah.

Ini salah satu contoh konten bermerek yang dilakukan oleh Raditya Dika. Silahkan disimak.

3. Menjual barang dagangan
Keuntungan channel Youtube yang sudah basis penonton banyak, bisa melakukan apa saja. Dalam batas yang wajar tentu saja. Salah satunya menjual barang-barang. Baik itu barang jualan sendiri atau milik orang lain yang telah bekerjasama di balik video. Misal resellerlah.
Buat yang punya saluran bisnis affiliate juga bisa menghasilan uang dengan metode ini. Misal nih ya, kamu sudah punya jutaan penonton, setiap tingkah lakumu akan ditiru, atau kata-kata mu jadi semacam magis buat orang, sarankan saja membeli barang tertentu dari link yang kamu berikan. Taruh di bagian deskripsi.

Atau kalau memang kamu punya modal sendiri, sembari mengembangkan penonton, buat topi, striker atau pakaian lainnya. Dalam video mu jelaskan dimana saja mereka bisa menemukan barang-barang tersebut. Bisa juga beli online. Jadi video itu hanya medium untuk berjualan, sembari memang juga dapat penghasilan dari Adsense.
Video dari Picky Picks ini bisa jadi salah satu contoh penerapan metode jualan barang.

4. Menghimpun dana dengan crowdfunding
Metode ini belum terlalu umum. Mungkin hanya dilakukan oleh segelintir youtuber yang sedang terlibat dalam satu kampanye kemanusiaan misalnya. Atau bisa pula sebuah projek yang punya dampak besar ke masyarakat meski hanya dilakukan oleh individu.
Sebenarnya nyaris sama dengan nomor tiga di atas. Bedanya ini berupa sumbangan dari orang-orang dermawan tanpa dapat benda sebagai imbalan. Misal yang dilakukan oleh Riri Riza ketika menggarap film Atambua 39° Celsius. Riri menjalankan sistem crowdfunding untuk membiayai film tersebut.

Memang cara yang dilakukan Riri dengan membuka saluran di KitaBisa, situs khusus crowdfunding. Tapi sebenarnya bisa juga dibuat di Youtube. Seperti yang dilakukan Water.org yang menggunakan Matt Damon sebagai magnet untuk menyadarkan orang akan pentingnya mengaja air.

Video humanis akan sangat berpengaruh besar pada metode yang keempat ini. Semakin orang tersentuh dengan kampanye yang kita buat akan semakin besar kemauan mereka untuk memberi donasi. Sadar tidak sadar masih banyak orang berhati baik di dunia yang dermawan tanpa mengharapkan imbalan.

5. Buat acara sendiri
Sekali lagi, jika sudah punya basis penonton yang kuat. Kemudian menjelma jadi selebyoutube, maka apapun bisa dilakukan. Kalau punya kemampuan menyanyi misalnya, kalian bisa membuat acara sendiri jika pada akhirnya sudah booming.
Rich Brian (Rich Chigga) misalnya. Karena kemampuannya ngerepnya, ia bisa terkenal dimana-mana akibat video yang ditimbulkannya. Tawaran manggung pun datang. Tak jarang pula ia membuat acara sendiri yang tentu mereka yang hadir harus membayar tiket untuk masuk.
Atau bisa juga buat acara cuap-cuap alias talkshow. Berbagi kisah sukses ngeyoutube kepada yang lain. Karena setiap orang punya cerita dan alurnya sendiri. Saat sukses atau terkenal akan ada banyak orang yang penasaran dengan kisah hidup sang youtuber.

Contoh semacam ini sudah sangat banyak. Bahkan ada yang memang serius menggarapnya. Buat acara offair dengan melibatkan sponsor, jadi uangnya double-double, dari sponsor dan dari tiket masuk misalnya. Apalagi kalau dibarengi jual merchandise di tempat itu. Apa tidak banyak itu duit.

Jadi, sumber uang seorang youtuber itu sangat beragam. Tidak melulu dari iklan Adsense (ini biasanya jadi andalan para reuploder). Karena Youtube itu pada dasarnya hanya medium untuk mengembangkan sesuatu yang lain. Intinya berkarya saja dulu, uang akan mudah ketika sudah punya basis kuat.
Sekarang, giliran kalian yang bercerita. Bagi kisahnya di kolom komentar, biar makin banyak yang tercerahkan.

Read »

Cara Merubah Profil Facebook Menjadi Halaman Fan Page

Kita semua tahu bahwa profil Facebook memberi batasan kepada setiap penggunanya untuk berteman hanya kepada 5.000 orang setiap satu akun. Jika jumlah pertemanan lebih dari angka itu, maka akan ditolak oleh Facebook. Namun bagi Anda yang cukup populer di media sosial Facebook, tak perlu risau. Karena Anda bisa saja merubah Profil Facebook Anda menjadi hamalam fan page. Itu artinya, orang-orang yang berteman dengan Anda di Facebook selama ini akan menjadi follower, layaknya Twitter.

Dengan merubah Profil Facebook menjadi fan page, maka jumlah pertemanan Anda tidak punya batasan lagi. Bahkan semakin banyak akan semakin baik dan menarik. Namun harus dicatat, perubahan profil menjadi fan page ini akan merubah segalanya.

Anda akan kehilangan seluruh data-data pribadi, berupa foto, update status hingga live chat. Anda hanya bisa berinteraksi dengan pengguna dengan cara komentar di setiap status. Jadi jika hendak merubah profil Facebook Anda menjadi fan page perhatikan dengan seksama resiko di atas.

Konsekwensi lain dari perubahan profil menjadi fan page adalah, nama tampilan yang akan menjadi permanen. Jadi apapun nama tampilan yang Anda pilih, maka takkan bisa dirubah di kemudian hari. Olehnya, sebelum merubah tetapkan pilihan pada nama profil yang dianggap baik.

Lalu Bagaimana Cara Merubah Profil Facebook Menjadi Halaman Fan Page?
Jika Anda telah yakin mau merubah profil facebook menjadi fan page, lebih baik mengikuti langkah-langkah berikut ini:

Pertama-tama login dulu ke akun facebook Anda. 
Lalu klik link ini https://www.facebook.com/pages/create.php?migrate atau pelajari lebih jauh soal migrasi ini di sini.


Kemudian pilih jenis fan page yang hendak di buat. Isi datanya lalu klik Memulai.


Facebook akan menanyakan Anda untuk terakhir kalinya, apakah yakin akan merubah atau tidak. Jika yakin, masukkan pasword facebook Anda lalu klik Konfirmasi.


Selanjutnya adalah halaman pengaturan. Ada sekitar empat langkah yang harus Anda lalui. Pertama tentang pengaturan umum, silahkan mengisi sesuai dengan data pribadi Anda. Lalu klik Simpan Info


Isikan foto profil. Jika tak ingin mengganti klik saja Selanjutnya.


Tambahkan ke Favorit, lewati saja karena halaman profil Anda nantinya juga akan hilang.


Terakhir adalah formulir untuk melakukan promosi. Jika berniat, silahkan lanjutkan dengan melakukan transaksi. Jika tak mau, klik saja Lewati.


Maka, Profil Facebook Anda telah berubah menjadi 100% halaman fan page. Seluruh teman di Facebook akan berubah menjadi follower atau likers.


Walau terlihat mudah, namun kadang para pengguna facebook tidak punya alasan kuat untuk merubah akun pribadinya menjadi fan page. Soal alasan, setiap orang memang berbeda-beda. Namun bagi seorang blogger, fan page sangatlah penting sebagai salah satu cara meningkatkan trafik.

Secara umum, pihak Facebook menyarankan setiap pengguna akun pribadi agar merubahnya menjadi fan page. Karena menggunakan akun pribadi untuk mewakili sesuatu selain Anda sangat melanggar Ketentuan Facebook, semisal bisnis Anda.
Jika facebook menemukan kesalahan diatas, bukan tidak mungkin Anda akan kehilangan akses secara permanen ke akun jika Anda tidak mengonversinya menjadi sebuah Halaman. Jadi berhati-hatilah.

Read »

Cara Menghasilkan $100 per Hari dari Youtube

Mengetahui pola bisnis, secara tidak langsung akan membantu kita memenangkan persaingan. Begitu juga saat menggeluti Youtube. Polanya harus bisa dipahami.
Dari daftar tersebut, kita bisa melihat rata-rata penghasilan perhari mereka diatas $100 per hari bahkan bisa lebih. Lalu apa yang membuat mereka bisa meraih itu semua?. Jawaban singkatnya, karena mereka membuat video dan mengunggahnya di Youtube.

Jawaban lengkapnya, tentu saja ada banyak faktor. Karena banyak diantara Youtuber lain yang juga mengunggah videonya di Youtube tapi tidak bisa berpenghasilan sebesar itu.

Cara Youtube Membayar Mitranya
Sebelum mengetahui faktor seorang Youtuber bisa berpenghasilan $100 per hari, hal utama yang perlu dipahami, bagaimana sistem yang dijalankan Youtube dalam membangun bisnisnya.

Sistem bisnis Youtube pada dasarnya terdiri dari 4 elemen. Pertama platform Youtube itu sendiri, kedua creator (pembuat video disebut juga mitra Youtube), ketiga viewers (penonton) dan yang terakhir advertisers (pengiklan).



Keempat elemat ini saling terkait dan membangun pola lingkaran yang tidak terputus. Bahkan, semakin banyak viewers Youtube akan membuat pola bisnis ini semakin besar. Pihak Youtube Indonesia di 2015 lalu menyatakan terjadi peningkatan 130 persen jumlah penonton dibandingkan tahun 2014. Jumlah ini tentunya akan terus meningkat.

Faktor pertumbuhan jumlah penonton inilah yang membuat banyak creator atau pembuat video (biasa disebut Youtuber) makin bergelimpangan dollar.

Jika masih bingun dari mana uang itu berasal, penjabaran lengkapnya seperti ini. Misalnya saya membuat satu video, lalu mengunggahnya ke Youtube. Video itu ditonton oleh ribuan orang. Pengiklan lalu memasang produknya di video saya.

Iklan yang muncul itulah sumber uangnya. Penghasilan akan jauh lebih besar lagi jika penonton tersebut melakukan klik, apalagi sampai bertransaksi. Hasil penayangan iklan itu akan dibagi dengan Youtube sebagai penyedia layanan.

Hanya sayang, sejuah ini belum ada perjanjian jelas berapa persen bagi hasil tersebut. Satu yang pasti, semakin banyak video dan jumlah penontonnya, maka semakin besar pula bagi hasil yang kita dapatkan. Rumus sederhananya seperti berikut:



Number of impressions adalah jumlah tayangan iklan di video kita dibagi 1.000 tayangan lalu dikali RPM. RPM sendiri adalah pendapatan per 1.000 tayangan iklan. Hasilnya inilah yang menjadi pendapatkan kita sebagai mitra Youtube.

Sedikit rumit jika dipikirkan. Namun kata kunci utamanya adalah membuat video dan berusaha agar video tersebut semakin banyak dilihat orang. Dengan begitu, harga iklan yang terpasang divideo kita juga akan makin mahal. Karena Youtube menggunakan sistem lelang untuk setiap pengiklan.

Bagi hasil pendapatan itu akan ditempatkan Youtube di akun Google Adsense kita. Dari akun Adsense inilah, penghasilan itu akan dikirim. Bisa melalui cek, transfer bank atau lewat Western Union.

Cara Menghasilkan $100 per Hari
Menggeluti Youtube sebenarnya hampir sama dengan blog. Kita juga akan dihadapkan pada SEO (Search Engine Optimization). Usia channel dan jumlah video juga merupakan faktor utama. Berikut beberapa hal yang mendorong tingginya penghasilan dari Youtube:

1. Jumlah Video
Berkaca pada daftar 15 Youtuber berpenghasilan terbesar di Indonesia itu, bisa kita lihat, nyaris tidak ada yang memiliki jumlah video dibawah 100. Bahkan ada yang mendekati 500 video dalam akunnya. Mereka semua adalah Youtuber yang konsisten.
Dari fakta itu, bisa disimpulkan bahwa untuk berpenghasilan $100 per hari, jumlah video dalam direktori kita harus banyak. Tapi banyak saja belum menjadi jaminan penghasilan akan besar. Namun menjadi satu indikator pendukung.

2. Viewers
Kunci utama penghasilan dari Youtube adalah viewers. Semakin banyak viewers, maka jumlah iklan yang muncul juga akan semakin sering. Artinya kemungkinan mendapatkan revenue semakin besar. Jadi tugas utama kita sebagai pemilik video, bagaimana membuat jumlah penonton ini semakin banyak.

Ada banyak cara dilakukan oleh Youtuber. Salah satunya menciptakan video yang unik dan baru. Namun tidak sedikit pula yang membuat kontroversi. Tapi kalau boleh saya sarankan, lebih baik memilik jalan aman ketimbang jalan perang. Hasilnya juga akan lebih bermakna.
Banyak cara membuat video kita jadi populer secara aman. Salah satunya dengan mempelajari SEO Youtube dengan pemilihan kata kunci dan tag yang tepat.

Promosi video di sosial media juga sangat ampuh meningkatkan viewers. Meski hal ini mengurangi nilai RPM, namun untuk membangun popularitas akan sangat baik. Rata-rata Youtubers, awalnya membangun brand image di sosial media, lalu secara alami penonton yang akan mencarinya di Youtube.

3. Subscribe
Pelanggan atau subscribe channel kita punya peran besar dalam meningkatkan penghasilan. Channel dengan subscribe dibawah 100.000 tentu akan berbeda penghasilannya dibanding dengan yang diatas 100.000. Perbedaan ini bisa dilihat dari perlakuan Youtube itu sendiri.
Mitra Youtube yang sudah memiliki subscribe diatas 100.000 akan dianugrahi penghargaan bernama Silver Play Button Award. Di Indonesia jumlah channel yang meraih Silver Play Button Award baru 106 orang.

Sedangkan channel dengan jumlah subscribe diatas 1 juta dinobati Gold Play Button Award. Baru 1 channel yang bisa meraih gelar ini, yakni Raditya Dika, dengan total subscribe diatas 2 juta orang.

Jumlah pelanggan tetap akan memberi keuntungan tersendiri bagi pemilik akun. Dimana, setiap ia mengupload video, penonton tetapnya sudah ada. Mereka akan diberitahukan melalui email, bahwa channel bersangkutan telah mengupload video baru.
Cara alami meningkatkan subscribe dengan membuat video yang menarik dan diupload secara berkala. Jangan mengupload semuanya secara bersamaan. Cara lainnya dengan melakukan video walking (mirip blog walking) ke channel lain. Berkenalan dan saling subscribe.

4. Like & Dislike
Mungkin banyak yang tidak memperdulikan hal ini. Namun, peranannya sangat besar untuk menentukan berapa harga iklan yang akan ditempatkan di video kita. Semakin banyak like yang diberikan orang, maka semakin tinggi harga iklannya, sebaliknya jika lebih banyak dislike maka harga iklannya rendah.

Tidak heran kalau hampir sebagian besar Youtubers meminta like dan share diakhir videonya. Itu akan mempengaruhi penilaian pengiklan dan membuat nilai lelangnya semakin tinggi.
Video dengan dislike yang lebih banyak merupakan penilaian buruk. Iklan tentu saja tetap muncul divideo itu, namun nilai kliknya tidak sebesar yang diharapkan. Olehnya itu, sebelum mengupload video, tanyakan dulu dalam diri, apakah video tersebut memberi manfaat atau tidak, disukai atau tidak.

5. Komentar
Kolom komentar pada Youtube juga punya posisi penting. Video dengan komentar yang banyak dengan video tanpa komentar, hasilnya pasti berbeda. Terlepas dari positif atau negatif komentar yang diutarakan orang, hal itu tetap membuat penghasilannya tinggi.

Hal ini berdasar pada hukum Google Adsense yang menyatakan, bahwa komentar dalam satu postingan (video) akan menambah penilaian positif. Apalagi, kolom komentar di Youtube terintegrasi dengan akun Google+. Sehingga setiap satu komentar akan menambah poin secara SEO.

Video dengan banyak komentar juga akan dinobatkan sebagai video populer. Kemungkinan masuk daftar trending topik juga besar, apalagi muncul di halaman pertama hasil pencarian Youtube. Pemilik akun yang berinteraksi langsung juga akan memberi nilai plus.
Lima hal diatas jika dilakukan secara konsisten dan fokus akan membawa Anda mendapatkan penghasilan $100 per hari, bahkan lebih. Namun harus diingat, tidak mudah dan tidak cepat. Semua capaian yang besar harus dilalui dengan usaha dan waktu yang tidak sedikit.

Raditya Dika misalnya. Ia mungkin disanjung hari ini sebagai Youtubers paling sukses di Indonesia. Namun tidak ada yang membayangkan, kapan Raditya memulai karirnya sebagai Youtubers. Ia memulai sejak tahun 2007 dan bertahan hingga sekarang.

Itu artinya, jangan membayangkan dapat $100 per hari, kalau memulainya baru kemarin. Buatlah terlebih dahulu karya dan bagikan ke Youtube. Percaya saja, bahwa setiap karya akan dihargai, sisa waktu yang akan menentukan.

Pengguna internet di dunia lebih senang menghabiskan waktunya menonton video ketimbang browsing artikel. Ini pertanda ada pelung besar, sisa bagaimana kita memanfaatkannya. Terus terang saja, saya juga hingga hari ini sedang berusaha.

Read »

Copyright © Sphinx-Computer, Visit Me: Disclaimer | Privacy Policy | Terms and Conditions | Contact Us | About Us

Designed by