Latest Releases

Sunday 11 October 2020

Cara Mengaktifkan Ads.txt Untuk Publisher Adsense

Google memberlakukan aturan baru bagi publisher atau penayang iklan di website. Tidak sedikit publisher yang diminta mengaktifkan ads.txt-nya jika tak ingin kehilangan penghasilan.
Langkah Google Adsense ini merupakan cara melindungi pengiklan dan penayang iklan. Bukan apa-apa. Memang tidak sedikit kasus penyalahgunaan yang dilakukan pihak-pihak tak bertanggung jawab. Misal menampilkan iklan dengan menggunakan ID Penayangan orang lain.

Alhasil kasus seperti bomb klik pernah marak. Yang rugi bukan hanya penayang iklan, tapi juga pengiklan karena membayar untuk sesuatu yang bodong. Pengiklan mau mengeluarkan duitnya karena mengejar pasar tertentu, kalau disalahgunakan begitu, pastinya rugi. Google ikut pula disalahkan.

Setelah diinisiasi oleh Interactive Advertising Bureau (IAB), guna meningkatkan transparansi dalam program periklanan, Google akhirnya ikut menerapkan ads.txt ini. Ads bukan kepanjangan dari Adsense, tapi Authorized Digital Sellers atau Penjual Digital Resmi.

Dengan memasang atau mengaktifkan ads.txt kita memastikan kepada pengiklan bahwa website atau blog kita merupakan mitra resmi. Sehingga mereka tidak perlu khawatir untuk memasang iklannya. Atau dalam Google Adsense, mereka bebas membuka lelang ke website kita.

Mengaktifkan ads.txt hukumnya tidak wajib, bagi yang belum menerima pemberitahuan. Namun akan jadi wajib jika di akun Google Adsensenya muncul imbauan. Kebetulan, saya tidak dapat pemberitahuan dan ads.txt BLOGOOBLOK sudah aktif otomatis. Sehingga tidak wajib.

Tapi salah seorang pengunjung BLOGOOBLOK mendapat pemberitahuan. Saya akhirnya tahu, karena Adsense malah menautkan alamat blog ini di dalamnya. Entah bagaimana ceritanya. Pemilik blog yang menyebut dirinya Bang Bro tersebut kemudian meminta bantuan. Jadilah artikel ini saya buat.


Untuk publisher Adsense yang dapat imbauan semacam itu, jangan dianggap enteng. Mereka memang tidak main-main. Jika tidak dilakukan secepatnya, maka iklan di website kita akan hilang. Olehnya itu, sebaiknya segera melakukan pengaktifan ads.txt.

Ada dua metode yang bisa dilakukan untuk mengatifkan ads.txt ini. Bagi pengguna Blogspot caranya lebih mudah, dan pengguna Wordpress, khsusunya yang self domain caranya juga berbeda. Berikut penjelasannya masing-masing:

Cara Mengaktifkan Ads.txt di Blogspot
Jika mendapat pemberitahuan seperti gambar di atas, maka bersegeralah mengaktifkannya. Karena dampaknya memang fatal. Jika terlambat mengaktifkan, perlu 24 jam lagi baru iklan akan tayang setelah diaktifkan kemudian.

Untuk pengguna Blogspot caranya sangat mudah. Tinggal masuk ke bagian 'Setelan' di dashboard lalu memilih 'Preferensi Penelusuran'. Geser halaman ke bagian paling bontot hingga menemukan tulisan Monetisasi. Jika belum aktif, maka tulisannya '[Dinonaktifkan]'. Sisa mengklik 'Edit' untuk configurasi.

Sebelum menyetel, hal paling pertama yang mesti dilakukan adalah membuat file ads.txt. Formatnya seperti berikut:

google.com, pub-0000000000000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Kode tersebut merupakan informasi tiga data yang penting. Field pertama, Google.com adalah nama domian untuk sistem periklanan. Karena penyedia jasa Adsense dibuat oleh Google maka hal ini diletakkan paling awal.

Field kedua ID akun penayangan. Karena bicaranya Adsense, maka ID Penayangan Adsense yang dimasukkan. Nomornya harus sama persis dengan yang tertera di dashboard Adsense milik kalian. Kalau punya saluran lain seperti DoubleClick for Publishers atau Ad Exchange, silahkan masukan masing-masing.

Field ketiga format kerjasamanya. Atau hubungan dengan ID akun tersebut. Ada dua jenis yang bisa digunakan, 'DIRECT' dan 'RESELLER'. Direct khusus untuk penayang iklan yang bekerjasama dengan sistem periklanan langsung. Seperti Google Adsense.

Memasukkan Direct berarti menjalin kerjasama langsung tanpa kontrol penuh untuk iklan yang ditayangkan. Sedangkan memasukkan Reseller sebaliknya. Kita bisa mengontrol iklan dan memberikan akses ke pihak ketiga yang hendak memasang iklan. Layanan DFP dan Ad Exchange lebih tepat untuk ini.

Sedangkan field terakhir merupakan ID otoritas sertifikasi. Jika ketiga field di atas sifatnya wajib, untuk ID otoritas ini optional, alias bisa tidak digunakan. Namun sebaiknya tetap diterapkan. Karena kombinasi huruf angka di bagian akhir itu merupakan Trustworthy Accountability Group (TAG) milik Google.

Setelah mengganti ID Penayangan pada kode di atas dengan milik kalian, selanjutnya paste di laman 'Monetisasi' seperti gambar berikut. Kemudian klik 'Simpan Perubahan' untuk menyelesaikan. Tunggu 24 jam kemudian agar ads.txt tersebut aktif.



Cara Mengaktifkan Ads.txt di cPanel
Bagi pengguna Blogspot akan cukup mudah mengaktifkan kode tersebut, namun pengguna website dengan self hosted harus mengaktifkannya melalui cPanel. Terlepas apakah kalian menggunakan Wordpress sebagai CMS atau platform lain semisal Drupal atau Jombla.

Langkah pertama yang harus dilakukan, menulis kode Ads di atas di notepad dan menyimpannya dengan format txt (ads.txt). Setelah itu buka cPanel website yang dikelola dan masuk ke bagian 'File Manager' atau 'Pengelola File'.


Pergi ke 'public_html'. Masukkan ads.txt ke laman ini dengan cara menguploadnya secara langsung. Klik 'Upload' di menu bagian atas. Lakukan uploading dengan mencari file yang sebelumnya telah di simpan. Setelah terupload, lakukan refrest.


Sekarang cek website kalian dengan mengakses namadomain.com/ads.txt. Jika sudah muncul kode yang sama kode di atas ketika mengakses domain Anda, maka pengaktifan ads.txt sudah berhasil. Kode tersebut bisa ditambahkan lebih banyak kalau website Anda memang punya lebih banyak saluran periklanan.

Kode ads.txt setiap website bisa berbeda, seperti yang ada di Kompas.com. Ketika mengakses ads.txt-nya maka akan muncul list seperti berikut:



Saya belum tahu apa alasan utama Google Adsense memunculkan imbauan pengaktifan ads.txt di beberapa akun. Namun, kemungkinan mereka yang mengalami karena tidak mengaktifkan Site authorization. Sebaiknya, aktifkan otorisasi situs karena secara otomatis kita menginformasikan ke Adsense bahwa situs dalam daftar tersebut adalah milik kita.

Read »

5 Cara Youtuber Menghasilkan Uang

Sudah bukan hal aneh lagi mendengar seseorang jadi passionpreneur di negeri ini. Seseorang yang akhirnya dapat penghasilan besar dari karyanya, inovasinya, bisnisnya atas dasar passion atau sesuatu yang sangat dicintainya.
Salah satunya mereka yang berkecimpung dan meniti karir sebagai Youtuber. Sebutan buat orang-orang yang dengan kerelaan hati berkarya dan memajang hasilnya di Youtube. Situs berbagi video milik Google yang setiap tahun selalu mengalami peningkatan pengguna.

Sejak dibeli oleh Google 2006 silam, Youtube kala itu baru setahun. Banyak yang terkejut ketika uang Rp23,76 triliun dikeluarkan Google untuk sesuatu yang belum jelas sumber penghasilannya. Tapi, lihat sekarang, bahkan orang berlomba-lomba cari uang lewat Youtube.

Karena tingginya minat orang untuk ikut dalam pusaran perputaran uang di Youtube, timbul banyak pertanyaan (setidaknya buat yang belum tahu), dari mana youtuber itu sebenarnya dapat penghasilan. Padahal mereka hanya membuat video, mengupload lalu ditonton orang. Uangnya dimana?

Kelihatan klise memang jika masih saja ada yang bertanya begitu. Tapi mau tak mau harus diakui, tidak semua orang memahaminya. Saya bahkan masih sering dapat pertanyaan demikian. Bahkan lebih ekstrimnya ada yang bertanya, apakah harus membayar ke Youtube untuk mendaftar. Hmm..

1. Bergabung dengan YouTube Partner Program
Untuk bergabung dengan Youtube Partner caranya mudah, cukup dengan akun Gmail, buat akun Youtube lalu daftar Google Adsense. Iya. Google Adsense merupakan sumber iklan yang nantinya muncul di video.
Jenis iklan yang muncul bisa beragam bentuknya. Ada yang In-Stream Ads yang muncul di awal video ketika video diputar, Display Ads yang nongkrong di pojokan atas, atau Overlay Ads, di bagian bawah video. Atau di bawah judul ketika diputar di mobile.

Sebagai partner, Youtube akan berbagi penghasilan dengan pemilik video. Si youtuber akan dapat jatah 55 persen dan sisanya 45 persen masuk ke kantong Youtube. Itu dihitung penghasilan bersih, dari total orang yang melihat atau melakukan klik kepada iklan yang dipajang di video kita.

Jadi, semakin banyak orang yang menonton video yang dibuat akan semakin besar pula kemungkinan penghasilannya. Youtube selalu berpesan, buat orang-orang yang baru memulai jadi youtuber agar tidak fokus mengejar uang dulu. Mending bentuk pasar alias ciptakan penonton dulu. Urusan uang serahkan sama Youtube saja.

Meski kelihatannya mudah dapat uang dari Youtube. Buat video, upload, lalu uang datang. Namun ketika menjalannya sedikit lebih rumit dari yang dibayangkan. Ada jutaan kreator video yang jadi pesaing, jadi harus pakai strategi juga untuk bisa bertahan.

Lagipula, berkat 'kejeniusan' Logan Paul, youtuber paling berserajah dijagad internet, Youtube akhirnya memberlakukan aturan ketat. Memang tidak seluruhnya salah Paul yang menampilkan mayat orang yang bunuh diri dalam videonya. Adapula peran para predator anak dan konten terorisme yang membuat Youtube terdesak, hingga akhirnya keluarkan kebijakan jitu.

Yakni, untuk jadi partner Youtube, setiap youtuber setidaknya memiliki channel dengan 4.000 jam tayang dalam setahun terakhir. Lalu diharuskan mengumpulkan 1.000 subscribe atau pelanggan tetap channel. Barulah bisa bergabung untuk mencari uang di Youtube.

Jadi kebijakan itu bukan untuk satu akun, tapi berlaku untuk setiap channel dalam satu akun. Misal, kalian punya satu akun Youtube tapi di dalamnya ada 10 channel. Ya, kebijakan itu berlaku untuk 10 channel itu. Jadi mesti membangunnya dengan sungguh-sungguh. Namanya juga berkarir, harus dengan keseriusan dong pastinya. Mungkin begitu maunya Youtube.

2. Bekerjasama dengan beragam merek
Ketika telah resmi jadi partner Youtube, beragam kesempatan bisa pula diraih. Dapat penghasilan dari iklan buatan Adsense sebenarnya sudah lebih dari cukup. Sayangnya memang tidak merata pendapatan setiap negara. Olehnya itu banyak youtuber yang menjalin kerjasama dengan merek tertentu.
Meski pada dasarnya Youtube juga punya fasilitas bekerja sama dengan merek tertentu. Jika youtuber memiliki merek yang ditampilkan dalam video, mereka bisa mengaktifkan layanan 'konten bermerek'. Keuntungannya akan lebih besar jika dibandingkan hanya iklan yang bisa diclose.

Ada banyak cara menempatkan merek dalam sebuah video. Misalnya meletakkanya tidak langsung di belakang video, ini disebut penempatan pasif. Buka pula dibuat lebih menonjol atau aktif. Banyak pula yang membuat secara terintegrasi alur cerita, jadi iklannya punya kisahnya sendiri.

Tidak sedikit pula youteber membuat video beriklan dengan suguhan sponsor khusus. Misal buat video yang tidak ada kaitannya dengan merek, namun diakhir video disebutkan bahwa konten tersebut terinspirasi merek tertentu. Banyak kan yang membuat begitu.

Kerjasama dengan merek dagang tertentu ini baiknya dilakukan langsung saja. Antara pembuat konten dengan pemilik merek. Bayaranya bisa ditentukan sendiri. Karena layanan 'konten bermerek' dari Youtube sendiri belum mencakup semua negara. Mungkin Indonesia sudah. Entahlah.

Ini salah satu contoh konten bermerek yang dilakukan oleh Raditya Dika. Silahkan disimak.

3. Menjual barang dagangan
Keuntungan channel Youtube yang sudah basis penonton banyak, bisa melakukan apa saja. Dalam batas yang wajar tentu saja. Salah satunya menjual barang-barang. Baik itu barang jualan sendiri atau milik orang lain yang telah bekerjasama di balik video. Misal resellerlah.
Buat yang punya saluran bisnis affiliate juga bisa menghasilan uang dengan metode ini. Misal nih ya, kamu sudah punya jutaan penonton, setiap tingkah lakumu akan ditiru, atau kata-kata mu jadi semacam magis buat orang, sarankan saja membeli barang tertentu dari link yang kamu berikan. Taruh di bagian deskripsi.

Atau kalau memang kamu punya modal sendiri, sembari mengembangkan penonton, buat topi, striker atau pakaian lainnya. Dalam video mu jelaskan dimana saja mereka bisa menemukan barang-barang tersebut. Bisa juga beli online. Jadi video itu hanya medium untuk berjualan, sembari memang juga dapat penghasilan dari Adsense.
Video dari Picky Picks ini bisa jadi salah satu contoh penerapan metode jualan barang.

4. Menghimpun dana dengan crowdfunding
Metode ini belum terlalu umum. Mungkin hanya dilakukan oleh segelintir youtuber yang sedang terlibat dalam satu kampanye kemanusiaan misalnya. Atau bisa pula sebuah projek yang punya dampak besar ke masyarakat meski hanya dilakukan oleh individu.
Sebenarnya nyaris sama dengan nomor tiga di atas. Bedanya ini berupa sumbangan dari orang-orang dermawan tanpa dapat benda sebagai imbalan. Misal yang dilakukan oleh Riri Riza ketika menggarap film Atambua 39° Celsius. Riri menjalankan sistem crowdfunding untuk membiayai film tersebut.

Memang cara yang dilakukan Riri dengan membuka saluran di KitaBisa, situs khusus crowdfunding. Tapi sebenarnya bisa juga dibuat di Youtube. Seperti yang dilakukan Water.org yang menggunakan Matt Damon sebagai magnet untuk menyadarkan orang akan pentingnya mengaja air.

Video humanis akan sangat berpengaruh besar pada metode yang keempat ini. Semakin orang tersentuh dengan kampanye yang kita buat akan semakin besar kemauan mereka untuk memberi donasi. Sadar tidak sadar masih banyak orang berhati baik di dunia yang dermawan tanpa mengharapkan imbalan.

5. Buat acara sendiri
Sekali lagi, jika sudah punya basis penonton yang kuat. Kemudian menjelma jadi selebyoutube, maka apapun bisa dilakukan. Kalau punya kemampuan menyanyi misalnya, kalian bisa membuat acara sendiri jika pada akhirnya sudah booming.
Rich Brian (Rich Chigga) misalnya. Karena kemampuannya ngerepnya, ia bisa terkenal dimana-mana akibat video yang ditimbulkannya. Tawaran manggung pun datang. Tak jarang pula ia membuat acara sendiri yang tentu mereka yang hadir harus membayar tiket untuk masuk.
Atau bisa juga buat acara cuap-cuap alias talkshow. Berbagi kisah sukses ngeyoutube kepada yang lain. Karena setiap orang punya cerita dan alurnya sendiri. Saat sukses atau terkenal akan ada banyak orang yang penasaran dengan kisah hidup sang youtuber.

Contoh semacam ini sudah sangat banyak. Bahkan ada yang memang serius menggarapnya. Buat acara offair dengan melibatkan sponsor, jadi uangnya double-double, dari sponsor dan dari tiket masuk misalnya. Apalagi kalau dibarengi jual merchandise di tempat itu. Apa tidak banyak itu duit.

Jadi, sumber uang seorang youtuber itu sangat beragam. Tidak melulu dari iklan Adsense (ini biasanya jadi andalan para reuploder). Karena Youtube itu pada dasarnya hanya medium untuk mengembangkan sesuatu yang lain. Intinya berkarya saja dulu, uang akan mudah ketika sudah punya basis kuat.
Sekarang, giliran kalian yang bercerita. Bagi kisahnya di kolom komentar, biar makin banyak yang tercerahkan.

Read »

Cara Merubah Profil Facebook Menjadi Halaman Fan Page

Kita semua tahu bahwa profil Facebook memberi batasan kepada setiap penggunanya untuk berteman hanya kepada 5.000 orang setiap satu akun. Jika jumlah pertemanan lebih dari angka itu, maka akan ditolak oleh Facebook. Namun bagi Anda yang cukup populer di media sosial Facebook, tak perlu risau. Karena Anda bisa saja merubah Profil Facebook Anda menjadi hamalam fan page. Itu artinya, orang-orang yang berteman dengan Anda di Facebook selama ini akan menjadi follower, layaknya Twitter.

Dengan merubah Profil Facebook menjadi fan page, maka jumlah pertemanan Anda tidak punya batasan lagi. Bahkan semakin banyak akan semakin baik dan menarik. Namun harus dicatat, perubahan profil menjadi fan page ini akan merubah segalanya.

Anda akan kehilangan seluruh data-data pribadi, berupa foto, update status hingga live chat. Anda hanya bisa berinteraksi dengan pengguna dengan cara komentar di setiap status. Jadi jika hendak merubah profil Facebook Anda menjadi fan page perhatikan dengan seksama resiko di atas.

Konsekwensi lain dari perubahan profil menjadi fan page adalah, nama tampilan yang akan menjadi permanen. Jadi apapun nama tampilan yang Anda pilih, maka takkan bisa dirubah di kemudian hari. Olehnya, sebelum merubah tetapkan pilihan pada nama profil yang dianggap baik.

Lalu Bagaimana Cara Merubah Profil Facebook Menjadi Halaman Fan Page?
Jika Anda telah yakin mau merubah profil facebook menjadi fan page, lebih baik mengikuti langkah-langkah berikut ini:

Pertama-tama login dulu ke akun facebook Anda. 
Lalu klik link ini https://www.facebook.com/pages/create.php?migrate atau pelajari lebih jauh soal migrasi ini di sini.


Kemudian pilih jenis fan page yang hendak di buat. Isi datanya lalu klik Memulai.


Facebook akan menanyakan Anda untuk terakhir kalinya, apakah yakin akan merubah atau tidak. Jika yakin, masukkan pasword facebook Anda lalu klik Konfirmasi.


Selanjutnya adalah halaman pengaturan. Ada sekitar empat langkah yang harus Anda lalui. Pertama tentang pengaturan umum, silahkan mengisi sesuai dengan data pribadi Anda. Lalu klik Simpan Info


Isikan foto profil. Jika tak ingin mengganti klik saja Selanjutnya.


Tambahkan ke Favorit, lewati saja karena halaman profil Anda nantinya juga akan hilang.


Terakhir adalah formulir untuk melakukan promosi. Jika berniat, silahkan lanjutkan dengan melakukan transaksi. Jika tak mau, klik saja Lewati.


Maka, Profil Facebook Anda telah berubah menjadi 100% halaman fan page. Seluruh teman di Facebook akan berubah menjadi follower atau likers.


Walau terlihat mudah, namun kadang para pengguna facebook tidak punya alasan kuat untuk merubah akun pribadinya menjadi fan page. Soal alasan, setiap orang memang berbeda-beda. Namun bagi seorang blogger, fan page sangatlah penting sebagai salah satu cara meningkatkan trafik.

Secara umum, pihak Facebook menyarankan setiap pengguna akun pribadi agar merubahnya menjadi fan page. Karena menggunakan akun pribadi untuk mewakili sesuatu selain Anda sangat melanggar Ketentuan Facebook, semisal bisnis Anda.
Jika facebook menemukan kesalahan diatas, bukan tidak mungkin Anda akan kehilangan akses secara permanen ke akun jika Anda tidak mengonversinya menjadi sebuah Halaman. Jadi berhati-hatilah.

Read »

Cara Menghasilkan $100 per Hari dari Youtube

Mengetahui pola bisnis, secara tidak langsung akan membantu kita memenangkan persaingan. Begitu juga saat menggeluti Youtube. Polanya harus bisa dipahami.
Dari daftar tersebut, kita bisa melihat rata-rata penghasilan perhari mereka diatas $100 per hari bahkan bisa lebih. Lalu apa yang membuat mereka bisa meraih itu semua?. Jawaban singkatnya, karena mereka membuat video dan mengunggahnya di Youtube.

Jawaban lengkapnya, tentu saja ada banyak faktor. Karena banyak diantara Youtuber lain yang juga mengunggah videonya di Youtube tapi tidak bisa berpenghasilan sebesar itu.

Cara Youtube Membayar Mitranya
Sebelum mengetahui faktor seorang Youtuber bisa berpenghasilan $100 per hari, hal utama yang perlu dipahami, bagaimana sistem yang dijalankan Youtube dalam membangun bisnisnya.

Sistem bisnis Youtube pada dasarnya terdiri dari 4 elemen. Pertama platform Youtube itu sendiri, kedua creator (pembuat video disebut juga mitra Youtube), ketiga viewers (penonton) dan yang terakhir advertisers (pengiklan).



Keempat elemat ini saling terkait dan membangun pola lingkaran yang tidak terputus. Bahkan, semakin banyak viewers Youtube akan membuat pola bisnis ini semakin besar. Pihak Youtube Indonesia di 2015 lalu menyatakan terjadi peningkatan 130 persen jumlah penonton dibandingkan tahun 2014. Jumlah ini tentunya akan terus meningkat.

Faktor pertumbuhan jumlah penonton inilah yang membuat banyak creator atau pembuat video (biasa disebut Youtuber) makin bergelimpangan dollar.

Jika masih bingun dari mana uang itu berasal, penjabaran lengkapnya seperti ini. Misalnya saya membuat satu video, lalu mengunggahnya ke Youtube. Video itu ditonton oleh ribuan orang. Pengiklan lalu memasang produknya di video saya.

Iklan yang muncul itulah sumber uangnya. Penghasilan akan jauh lebih besar lagi jika penonton tersebut melakukan klik, apalagi sampai bertransaksi. Hasil penayangan iklan itu akan dibagi dengan Youtube sebagai penyedia layanan.

Hanya sayang, sejuah ini belum ada perjanjian jelas berapa persen bagi hasil tersebut. Satu yang pasti, semakin banyak video dan jumlah penontonnya, maka semakin besar pula bagi hasil yang kita dapatkan. Rumus sederhananya seperti berikut:



Number of impressions adalah jumlah tayangan iklan di video kita dibagi 1.000 tayangan lalu dikali RPM. RPM sendiri adalah pendapatan per 1.000 tayangan iklan. Hasilnya inilah yang menjadi pendapatkan kita sebagai mitra Youtube.

Sedikit rumit jika dipikirkan. Namun kata kunci utamanya adalah membuat video dan berusaha agar video tersebut semakin banyak dilihat orang. Dengan begitu, harga iklan yang terpasang divideo kita juga akan makin mahal. Karena Youtube menggunakan sistem lelang untuk setiap pengiklan.

Bagi hasil pendapatan itu akan ditempatkan Youtube di akun Google Adsense kita. Dari akun Adsense inilah, penghasilan itu akan dikirim. Bisa melalui cek, transfer bank atau lewat Western Union.

Cara Menghasilkan $100 per Hari
Menggeluti Youtube sebenarnya hampir sama dengan blog. Kita juga akan dihadapkan pada SEO (Search Engine Optimization). Usia channel dan jumlah video juga merupakan faktor utama. Berikut beberapa hal yang mendorong tingginya penghasilan dari Youtube:

1. Jumlah Video
Berkaca pada daftar 15 Youtuber berpenghasilan terbesar di Indonesia itu, bisa kita lihat, nyaris tidak ada yang memiliki jumlah video dibawah 100. Bahkan ada yang mendekati 500 video dalam akunnya. Mereka semua adalah Youtuber yang konsisten.
Dari fakta itu, bisa disimpulkan bahwa untuk berpenghasilan $100 per hari, jumlah video dalam direktori kita harus banyak. Tapi banyak saja belum menjadi jaminan penghasilan akan besar. Namun menjadi satu indikator pendukung.

2. Viewers
Kunci utama penghasilan dari Youtube adalah viewers. Semakin banyak viewers, maka jumlah iklan yang muncul juga akan semakin sering. Artinya kemungkinan mendapatkan revenue semakin besar. Jadi tugas utama kita sebagai pemilik video, bagaimana membuat jumlah penonton ini semakin banyak.

Ada banyak cara dilakukan oleh Youtuber. Salah satunya menciptakan video yang unik dan baru. Namun tidak sedikit pula yang membuat kontroversi. Tapi kalau boleh saya sarankan, lebih baik memilik jalan aman ketimbang jalan perang. Hasilnya juga akan lebih bermakna.
Banyak cara membuat video kita jadi populer secara aman. Salah satunya dengan mempelajari SEO Youtube dengan pemilihan kata kunci dan tag yang tepat.

Promosi video di sosial media juga sangat ampuh meningkatkan viewers. Meski hal ini mengurangi nilai RPM, namun untuk membangun popularitas akan sangat baik. Rata-rata Youtubers, awalnya membangun brand image di sosial media, lalu secara alami penonton yang akan mencarinya di Youtube.

3. Subscribe
Pelanggan atau subscribe channel kita punya peran besar dalam meningkatkan penghasilan. Channel dengan subscribe dibawah 100.000 tentu akan berbeda penghasilannya dibanding dengan yang diatas 100.000. Perbedaan ini bisa dilihat dari perlakuan Youtube itu sendiri.
Mitra Youtube yang sudah memiliki subscribe diatas 100.000 akan dianugrahi penghargaan bernama Silver Play Button Award. Di Indonesia jumlah channel yang meraih Silver Play Button Award baru 106 orang.

Sedangkan channel dengan jumlah subscribe diatas 1 juta dinobati Gold Play Button Award. Baru 1 channel yang bisa meraih gelar ini, yakni Raditya Dika, dengan total subscribe diatas 2 juta orang.

Jumlah pelanggan tetap akan memberi keuntungan tersendiri bagi pemilik akun. Dimana, setiap ia mengupload video, penonton tetapnya sudah ada. Mereka akan diberitahukan melalui email, bahwa channel bersangkutan telah mengupload video baru.
Cara alami meningkatkan subscribe dengan membuat video yang menarik dan diupload secara berkala. Jangan mengupload semuanya secara bersamaan. Cara lainnya dengan melakukan video walking (mirip blog walking) ke channel lain. Berkenalan dan saling subscribe.

4. Like & Dislike
Mungkin banyak yang tidak memperdulikan hal ini. Namun, peranannya sangat besar untuk menentukan berapa harga iklan yang akan ditempatkan di video kita. Semakin banyak like yang diberikan orang, maka semakin tinggi harga iklannya, sebaliknya jika lebih banyak dislike maka harga iklannya rendah.

Tidak heran kalau hampir sebagian besar Youtubers meminta like dan share diakhir videonya. Itu akan mempengaruhi penilaian pengiklan dan membuat nilai lelangnya semakin tinggi.
Video dengan dislike yang lebih banyak merupakan penilaian buruk. Iklan tentu saja tetap muncul divideo itu, namun nilai kliknya tidak sebesar yang diharapkan. Olehnya itu, sebelum mengupload video, tanyakan dulu dalam diri, apakah video tersebut memberi manfaat atau tidak, disukai atau tidak.

5. Komentar
Kolom komentar pada Youtube juga punya posisi penting. Video dengan komentar yang banyak dengan video tanpa komentar, hasilnya pasti berbeda. Terlepas dari positif atau negatif komentar yang diutarakan orang, hal itu tetap membuat penghasilannya tinggi.

Hal ini berdasar pada hukum Google Adsense yang menyatakan, bahwa komentar dalam satu postingan (video) akan menambah penilaian positif. Apalagi, kolom komentar di Youtube terintegrasi dengan akun Google+. Sehingga setiap satu komentar akan menambah poin secara SEO.

Video dengan banyak komentar juga akan dinobatkan sebagai video populer. Kemungkinan masuk daftar trending topik juga besar, apalagi muncul di halaman pertama hasil pencarian Youtube. Pemilik akun yang berinteraksi langsung juga akan memberi nilai plus.
Lima hal diatas jika dilakukan secara konsisten dan fokus akan membawa Anda mendapatkan penghasilan $100 per hari, bahkan lebih. Namun harus diingat, tidak mudah dan tidak cepat. Semua capaian yang besar harus dilalui dengan usaha dan waktu yang tidak sedikit.

Raditya Dika misalnya. Ia mungkin disanjung hari ini sebagai Youtubers paling sukses di Indonesia. Namun tidak ada yang membayangkan, kapan Raditya memulai karirnya sebagai Youtubers. Ia memulai sejak tahun 2007 dan bertahan hingga sekarang.

Itu artinya, jangan membayangkan dapat $100 per hari, kalau memulainya baru kemarin. Buatlah terlebih dahulu karya dan bagikan ke Youtube. Percaya saja, bahwa setiap karya akan dihargai, sisa waktu yang akan menentukan.

Pengguna internet di dunia lebih senang menghabiskan waktunya menonton video ketimbang browsing artikel. Ini pertanda ada pelung besar, sisa bagaimana kita memanfaatkannya. Terus terang saja, saya juga hingga hari ini sedang berusaha.

Read »

Jenis Video Yang Paling Banyak Ditonton di YouTube

Banyak yang bertanya, jenis video apasih yang paling banyak dicari di Youtube? Pertanyaan ini memang wajar, apalagi bagi mereka yang menjadikan Youtube sebagai ladang mencari uang. Salah satu kunci utamanya, adalah mengetahui selera pasar. Akan sia-sia usaha kita membuat video bagus dan menarik kalau sama sekali tak ada yang menonton. Maka sebelum menjadikan Youtube sebagai mesin uang, Anda harus tahu dulu, jenis video apa saja yang paling diminati oleh pengunjung di Youtube.

1. Video How To 
Video jenis ini yang paling banyak ditonton di Youtube. "How To" atau "Cara Untuk" banyak dicari karena menjelaskan akan satu hal dengan lebih mudah. Video jenis ini sering juga disebut sebagai video tutorial. Baik tutorial untuk blog, website, service motor dan lain-lain.

Jadi jika Anda punya kemampuan membuat video tutorial, tak ada salahnya mengunggahnya di Youtube. Video jenis how to ini menunjukkan bahwa, orang-orang lebih senang mempelajari sesuatu melalui media visual ketimbang tulisan atau sekedar gambar.

2. Video Konyol
Video kedua yang paling banyak ditonton adalah video konyol atau lucu. Itulah yang membuat Radiyta Dika menjadi sangat populer di Youtube dengan subscribe mencapai 1.417.814. Video-video yang Raditya unggah semuanya berisi hal-hal konyol dalam kehidupan sehari-hari.

Karena kekonyolan inilah, orang-orang yang menontonnya merasa terhibur. Telah banyak orang-orang di seluruh dunia yang menjadi populer karena bertingkah laku konyol di Youtube. Jika Anda juga siap ditertawai, tak ada salahnya mendokumentasikan diri dan menguploadnya di Youtube.

3. Video Talent
Jika Anda punya keahlian, tak ada salahnya merekam. Keahlian yang direkam bisa apa saja, mulai yang biasa-biasa hingga hal yang tak terpikirkan oleh manusia. Video jenis ini memungkinkan Anda untuk pamer keahlian atau pamer skill kepada dunia.

Misal Anda punya keahlian bermain gitar dengan kaki, atau main drum pake kepala atau hal ekstrim lainnya. Yakin, video Anda akan dicari oleh orang-orang. Hanya saja, jika hendak menjadikan ini mesin uang, Anda harus membaca kebijakan Youtube secara seksama.

4. Video Tingkah Laku Hewan
Tak bisa dipungkiri, banyak orang yang mencintai hewan. Hewan apa saja. Apalagi jika hewan itu bertingkah lucu atau menggemaskan. Ini akan menjadi tontonan yang ditunggu-tunggu banyak pihak. Jadi kalau Anda punya hewan peliharaan, mulailah membuatnya terkenal.

Misal Anda punya Anjing, berilah misalnya pita atau baju, lalu rekam. Atau kucing Anda bermata cantik dan lucu, ambil momen-momen menariknya lalu unggah di Youtube. Bisa saja, heman Anda akan menjadi terkenal di dunia.

5. Video Review
Jika Anda pencinta teknologi atau otomotif atau produk apa saja. Tak ada salahnya membuat video review tentang produk tersebut. Misal, iPhone 6. Anda bisa merekamnya dan menceritakan kelebihan dan kekurangan iPhone 6 atau membandingkannya dengan produk lain.

Jenis video ini memang tidak mudah membuatnya. Karena harus memilikinya dulu baru membuat dan seperti diketahui, harga benda-benda itu bisa sangat mahal. Tapi hal ini bisa dimanipulasi dengan membuat review hal-hal sederhana. Jenis ini juga banyak yang mencari.

Itulah lima jenis umum, video yang paling banyak ditonton di Youtube. Jadi jika Anda hendak memonetize kanal Youtube Anda, tak ada salahnya memperhatikan jenis video diatas. Satu hal yang harus diperhatikan, hindari membuat video dengan konten pornografi dan usahakan seluruh video yang Anda unggah adalah asli 100%.

Read »

10 Jenis Video Youtube Yang Banyak Menghasilkan Uang

Di jaman serba teknologi saat ini, muncul berbagai jenis pekerjaan yang 10 atau 20 tahun lalu belum terpikirkan oleh orang-orang. Salah satu pekerjaan yang banyak digeluti saat ini adalah menjadi Youtubers. Youtuber adalah seseorang atau sekelompok orang yang memproduksi video untuk diupload di situs Youtube. Tak bisa dipungkiri, kehadiran Youtube sebagai tempat berbagi file video terbesar di dunia membawa berkah bagi banyak orang.

Bukan hanya kepada pihak Youtube dengan penghasilan iklan yang besar, tapi juga kepada mereka yang memproduksi konten video. Bayaran iklan di Youtube hingga saat ini masih lebih besar dibandingkan bayaran iklan lewat konten website.

Tidak heran, hampir setiap hari ada Youtuber baru lahir dan siap terkenal di dunia maya. Namun tahukah Anda jenis video apa saja yang paling menghasilkan uang di Youtube? Berikut, Blogooblok berikan 10 jenis video paling bernilai uang:

1. Video Musik 
Vide musik atau lagu menempati urutan paling atas. Tidak terhitung jumlahnya berapa pengguna Youtube yang mencari musik setiap hari. Karena perkembangan lagu yang semakin cepat, maka lahirlah pula sejumlah kanal Youtube resmi khusus untuk lagu atau musik.
VEVO misalnya. Kanal musik resmi ini dibentuk oleh sejumlah perusahaan rekaman untuk menangkis pelanggaran hak cipta lewat video Youtube. Dari musik pula sejumlah orang akhirnya terkenal sejagat raya, seperti contohnya Psy dengan lagu Gangnam Stylenya.

2. Video Movie 
Yang satu ini jumlahnya juga sangat banyak. Kehadiran Youtubelah yang kemudian mengurangi jumlah penonton DVD yang sempat booming beberapa tahun silam. Orang-orang lebih senang menonton film lewat Youtube.
Selain menonton film secara utuh, banyak diantara video-video populer di Youtube juga merupakan trailer film yang siap diputar di bioskop. Hampir semua jenis film di dunia, trailernya bisa ditemukan di Youtube.

3. Video Lucu-lucuan
Sudah tak terkira jumlahnya, berapa video lucu yang bertebaran di Youtube. Ada yang terekam secara tidak sengaja ada pula yang memang diproduksi dengan biaya yang tidak sedikit. Video lucu memiliki jumlah penonton yang sangat banyak.
Di Indonesia salah satu komedian yang terkenal di Youtube adalah Raditya Dika. Video yang ia upload di Youtube memang diproduksi khusus. Karena kesuksesan itulah banyak orang kemudian mengikuti jejaknya dengan membuat pula video lucu dengan segmen berbeda.

4. Video Olahraga
Salah satu yang menarik perhatian Youtube dalam jumlah besar adalah olahraga. Pencinta olahraga di seluruh dunia sangat banyak. Namun, tidak semua bisa menyaksikan satu perhelatan olahraga diwaktu bersamaan. Maka dari itu beberapa orang mencarinya di Youtube.
Maka tidak heran kalau jenis video ini banyak diburu dan bernilai materi sangat tinggi. Selain karena segmennya jelas, peristiwa-persitiwa olahraga juga menarik untuk diikuti dan ini menjadi perhatian serius para pengiklan.

5. Video Tentang Game
Salah satu Youtuber berpenghasilan terbesar di dunia adalah PewDiePie. Semua video yang dibuatnya adalah tentang game. Selain ia memainkannya secara live, ia juga sekaligus mereview game tersebut. Maka tidak heran banyak orang memburu videonya.
Jumlah pemain game di dunia sangat banyak. Apalagi dengan kemajuan teknologi dan smartphone yang semakin canggih, jenis game yang bisa dimainkan sangat beragam. Itulah mengapa, banyak orang memburu jenis video ini di Youtube.

6. Video Peristiwa atau Berita
Meski lebih banyak orang mencari hiburan di Youtube, tapi banyak juga yang mencari berita atau sekedar mengetahui peristiwa apa yang sedang dan pernah terjadi di dunia. Olehnya itu, jenis video yang keenam adalah video peristiwa atau berita.
Video jenis ini paling banyak ragamnya dan hampir semua orang mencarinya, apalagi kalau isu yang diangkat sedang hangat dibicarakan. Video tentang Presiden Joko Widodo saat ke Amerika misalnya, video ini sempat heboh dan diburu oleh netizen di Indonesia.

7. Video Tutorial
Video tutorial juga sangat banyak diminati dan bernilai materi tinggi. Video tutorial yang dimaksud mencakup apa saja. Baik itu skala kecil hingga skala besar. Misalnya tutorial membuat kue atau membuat website atau bahkan video tutorial membuat video. Semua bisa.
Konten yang satu ini memang tidak mesti dilakukan oleh satu corporate, bisa dilakukan sendiri-sendiri. Tapi, video yang satu ini punya daya saing yang tinggi karena banyak orang yang sudah melakukannya. Kalau mau untung, pilih tema yang masih jarang divideokan.

8. Video dengan Konten 17 Tahun Keatas
Jenis video ini punya pangsa pasar tersendiri. Jika mau jujur, bisa jadi video ini yang akan paling banyak diakses oleh orang Indonesia di Youtube. Untung saja, konten video 17 tahun keatas di Youtube tidak leluasa di Youtube Indonesia.
Meski begitu, ada banyak juga konten dewasa yang bebas dan diakses oleh orang Indonesia. Penontonnya juga tidak sedikit. Namun Blogooblok sarankan, lebih baik tidak memilih topik ini jika ingin berkiprah di Youtube.

9. Video Unik, Aneh dan Menarik
Segala sesuatu yang unik pasti akan menarik perhatian orang-orang. Jangankan video, gambar atau tulisan yang unik pun akan dibicarakan. Hal aneh, unik pasti akan menarik untuk dilihat apalagi kalau dalam bentuk video.
Ada banyak sekali hal unik yang bisa direkam. Karena kadang apa yang kita anggap biasa saja, bagi orang lain itu unik dan aneh. Jadi untuk memaknai hal ini harus berpikir lebih terbuka.

10. Video Traveling
Yang satu ini belakang memang menjadi populer, bukan hanya di Indonesia tapi di seluruh dunia. Kemudahan orang berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain membuat banyak orang mencari informasi tentang satu tempat sebelum mendatanginya.
Itulah mengapa video tentang traveling baik itu untuk wisata alam atau budaya akan selalu menarik ditonton. Salah satu chanel Youtube yang populer di Indonesia tentang traveling adalah Jalan-jalan Man!.

Ingat, semenarik apapun video yang dibuat tapi tidak dipromosikan sama saja tidak menghasilkaan uang. Karena dengan makin banyaknya penonton video bersangkutan, maka jumlah uangnya juga makin banyak.

Read »

Copyright © Sphinx-Computer, Visit Me: Disclaimer | Privacy Policy | Terms and Conditions | Contact Us | About Us

Designed by