Beberapa orang saat ini tengah memindahkan kebiasaannya dalam mengakses informasi. Google masih menjadi pilihan utama, namun Youtube kinipun berubah menjadi mesin pencari yang banyak digerimari.
Selain pencarian di Youtube lebih spesifik dan berupa gambar bergerak atau video, akses internet yang semakin mudah juga merubah gaya netizen dalam memakai teknologi. Tidak heran kalau pengakese Youtube di Indonesia lebih besar ketimbang Wikipedia.
Dalam rangkin Alexa, Youtube juga menempati kursi yang strategis sebagai situs populer di Indonesia. Bahkan sudah mengalahkan Yahoo, mesin pencari saingan Google. Youtube berada di posisi keempat dibawah Facebook dan Google di posisi satu dan dua (Google.com dan .co.id).
Kepopuleran Youtube juga mengiringi banyak Youtuber lahir di Indonesia. Mereka memproduksi konten video menarik lalu membuatnya banyak ditonton orang. Penghasilan besarpun menunggu di depan mata. Sudah banyak yang merasakan ini, salah satunya adalah Raditya Dika.
Karena posisinya yang sudah sejajar dengan Google, Youtubepun sudah bisa dianalisa dengan baik. Bagi yang betul-betul menjadikan Youtube sebagai ladang menghasilkan uang, maka perlu juga mengetahui kata apa yang paling banyak di cari di Youtube.
Kalau tutorial cara mengetahui kata yang paling banyak dicari di Google pasti sudah banyak dibuat oleh blogger lain, namun khusus Youtube mungkin baru beberapa. Sebenarnya, cara yang ditempuh hampir sama dengan cara mengetahui kata populer di Google.
Pertama-tama buka laman Google.co.id/trends
Setelah terbuka, akan muncul laman seperti berikut ini. Pada bagian Explore, ada empat pilihan yang disediakan. Ada Contry (pilih Indonesia), ada Time (pilih sasaran waktu yang ingin diteliti), ada Category (bisa pilih semuanya atau lebih spesifik ke satu tema) dan terakhir ada Group. Pada Group inilah kita memilih Youtube Search. Pada bagian ini lima hal yang bisa digunakan.
Hasilnya akan muncul dibawah lengkap dengan data-data pencarian. Ada data ritme pencarian serta kata-kata dan tema apa saja yang banyak dicari. Seperti contoh dibawah ini, untuk kategori Pets & Animals di Indonesia sepanjang 2015. Kata yang paling banyak dicari di Youtube adalah "Begal". Lucu juga, karena begal dianggap binatang.
Baiklah, silahkan bereksperimen sendiri-sendiri. Pada bagian ada banyak skali yang bisa dilakukan dan dijadikan data untuk membuat konten yang menarik. Dengan mengetahui kata populer di Youtube, kita juga bisa menyusun strategi pengembangan.