Monday 12 October 2020

Cara Mendaftarkan Blog ke Google Webmaster Tools

Posted By: Aan Hariyanto - 02:43
Layanan ini tidak hanya bisa digunakan oleh blogger yang menggunakan CMS blogspot, tapi bisa juga digunakan oleh CMS lain semisal Wordpress.
Sebelumnya, Blogooblok sudah membuat ulasan tentang cara mendaftarkan blog Wordpress ke Google Analytics, selain Google Analytics, Webmaster Tools juga wajib digunakan oleh seorang blogger. Selain untuk melihat data-data penunjang, webmaster tools juga memberi kita kemudahan untuk mempercepat robot Google melakukan index blog atau situs kita.

Pada tulisan terdahulu sebenarnya sudah membuat tulisan tentang cara ini, namun saat itu khusus untuk Blogspot. Pada dasarnya, cara ini tidak jauh berbeda, paling perbedaannya pada cara verifikasi blog saja. Tapi tidak jadi masalah, kita membahasnya kembali dalam postingan ini.

Lalu bagaimana cara mendaftarkan blog Wordpress ke Google Webmaster Tools? Yuk, disimak!
Pertama-tama, kunjungi laman https://www.google.com/webmasters/tools/ atau cari di Google.
Saat berhasil masuk ke lamannya, maka akan muncul tampilan seperti gambar berikut. 


Pada form isian yang bertanda merah diatas, silahkan masukkan nama blog Wordpress yang ingin Anda daftarkan, lalu klik "Tambahkan Properti"
Jika berhasil maka akan muncul gambar seperti dibawah ini. Ini adalah laman untuk melakukan verifikasi kepemilikan. Googla hanya ingin memastikan bahwa Anda adalah pemilik sah blog tersebut. Ada pilihan yang diberikan oleh Google, ada metode yang disarankan dan ada metode alternatif. Jika Anda sebelumnya sudah mendaftar ke Google Analytics dan muncul tulisan seperti gambar berikut "Disarankan: Google Analytic" maka langsung saja mengklik Verifikasi.


Namun jika ingin menggunakan cara manual, maka pilihlah metode alternatif. Dalam tab ini ada empat pilihan yang disediakan. Silahkan dipilih sesuai kemampuan. Namun yang paling banyak digunakan oleh orang-orang adalah metode Tag HTML. Silahkan mengcopy script yang diberikan kedalam blog Anda. Taruh tepat diatas kode </head> pada blog Anda. Jika sudah, klik tombol Verifikasi. 


Jika berhasil, maka tampilannya akan seperti gambar berikut. 


Selanjutnya, silahkan menggunakan Google Webmaster Tools sesuka hati. Biasanya kalau pendaftaran baru, mereka akan mengirimkan pesan khusus yang berisi lima hal yang harus Anda lakukan pertama kali. Dari lima perintah yang diminta tersebut, poin nomor lima adalah yang paling penting dilakukan, yakni mengirimkan peta situs atau sitemap.

Dengan mengirimkan sitemap ke Google Webmaster Tools maka secara tidak langsung mempercepat proses crawl atau perayapan situs oleh robot Google. Caranya dengan mengklik tombol berwarna merah di pojok kanan atas yang bertuliskan "Tambahkan/Uji Peta Situs". Setelah itu masukkan alamat feed blog Anda. Kalau pengguna Wordpress sisa menambahkan kata feed dikotak isiannya, seperti gambar berikut.



Jika semua proses telah dilakukan, silahkan menunggu. Tapi jangan pikir hasilnya akan langsung keluar. Butuh waktu kurang lebih dua minggu hingga akhirnya Google Webmaster Tools membuat daftar parameter-parameter blog Anda. Jadi, sembari menunggu, usahakan untuk terus melakukan update di blog Anda.

About Aan Hariyanto

Organic Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.

Copyright © Sphinx-Computer, Visit Me: Disclaimer | Privacy Policy | Terms and Conditions | Contact Us | About Us

Designed by